Curug Bojong Pangandaran - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Tips Travelling

Curug Bojong Pangandaran

Curug Bojong Pangandaran 1

Source: bobocantik.com

Jika mendengar nama Pangandaran, apa yang pertama kali terlintas di kepalamu? Ya, tentu saja debur ombak yang memecah karang, hembusan angin yang menerpa rambut, dan hidangan seafood. Pangandaran memang identik dengan laut dan pantainya. Tapi jangan lupa bahwa daerah paling selatan Jawa Barat yang pantainya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini juga memiliki wilayah hutan. Dengan kata lain, Pangandaran memiliki pesona wisata lain selain pantai. Satu yang menjadi mutiara tersembunyi alias hidden gem dari Pangandaran adalah Curug Bojong. Bagi yang belum tahu, curug berasal dari Bahasa Sunda yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah air terjun. Nah, Curug Bojong ini adalah salah satu air terjun yang menjadi pesona lain dari Pangandaran.

Curug Bojong Pangandaran 2

Source: indonesiasatu.co.id

Curug Bojong yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Curug Sawangan ini adalah jenis air terjun yang memicu adrenalinmu. Pasalnya, aliran air di sini cukup deras dan tak jarang ditemui bebatuan besar di sekitarnya. Curug Bojong ini pun pada dasarnya adalah air yang mengalir di sebuah batu yang sangat besar. Karena medan yang cukup menantang, curug yang memiliki tiga tingkatan ini adalah salah satu alternatif yang tepat bagi kamu yang menyukai olahraga air seperti river tubing atau body rafting. Pada air terjun tingkatan pertama atau yang terbawah inilah yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Curug Bojong adalah jenis block waterfall, yaitu jenis air terjun dimana air jatuh dari sebuah sungai yang lebar, sehingga air terjun tidak berbentuk memanjang, melainkan melebar. Block waterfall juga biasanya mengalir pada sebuah permukaan vertikal, dalam hal ini adalah batu besar yang menjadi tempat mengalirnya aliran air Curug Bojong. Uniknya, Curug Bojong adalah air terjun non permanen yang pada musim kemarau aliran airnya akan kering total.

Lokasi Curug Bojong

Bicara tentang air terjun tentunya kita bisa membayangkan lokasinya berada di tengah hutan dan mengalir ke sebuah sungai. Begitu pula dengan curug yang satu ini. Curug Bojong terletak di Kampung Cihandiung, Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran. Lokasinya masih termasuk ke dalam kawasan Perhutani, sehingga area sekitar curug tak lain dan tak bukan adalah hutan sekunder atau hutan produksi.

Akses Menuju Curug Bojong

Curug Bojong Pangandaran 3

Source: trepelin.com

Leave a Reply