Asal Usul dan Sejarah Tari Boran - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran 1

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan juga budayanya. Salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki kekayaan alam dan juga budaya adalah Kabupaten Lamongan.

Kabupaten Lamongan adalah salah satu  kabupaten yang kaya akan budaya,dan  salah satu budaya yang ada di Kabupaten Lamongan adalah tarian. Tarian dari kabupaten Lamongan yang masih sampai saat ini masih dilestararikan oleh masyarakatnya adalah Tari Boran atau disebut juga dengan Tari Sego Boran.

Kali ini kami akan membahas sejarah, makna, dan juga gerakan gerakan dari Tari Boran atau Tari Sego Boran, tarian khas Lamongan yang sampai saat ini dilestarikan dan terkadang dibawakan saat acara acara tertentu.

1.     Sejarah  Tari Boran

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran 2

Tari Boran   Foto: infobudaya.net

Nasi Boranan merupakan kata yang diambil dari tempat nasi bakul.  Tempatnya terbuat dari anyaman bambu yang digunakan sebagai tempat nasi yang disajikan dengan lauk seperti urap, sambel kelapa, dan juga peyek yang renyah.

Nasi Boran ada yang berisi ikan gabus, ayam atau ikan sili yang cukup langka, kemudian sambal, daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe, udang, ceker ayam, bandeng dan juga urap-urap sayur.

Tari Nasi Boran Berawal dari Nama Makanan

Tari Boran yang berasal dari Kabupaten Lamongan ini menggambarkan kehidupan para penjual nasi boran yang menjajakan dagangannya sambil melakukan interaksi dengan para pembeli.

Tari Boran kini menjadi salah satu ikon kesenian tradisional di Kabupaten Lamongan,  dan tarian ini memiliki sebuah nilai filosofis serta merupakan salah satu contoh kesenian dari budaya nusantara.

Terinspirasi dari Kegiatan Para Penjual Makanan

Inspirasi  Tari Boran berasal dari perjuangan penjual nasi Boran,  yang dimana pada zaman dahulu para penjual nasi boran menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan Wakul atau wadah nasi yang terbuat dari bambu, dan ditaruh diatas kepala mereka.

Di bawah panasnya terik matahari mereka berjalan kaki dan berjuang untuk mencari rejeki. Dari perjuangan mereka, Tari Boran diciptakan oleh para seniman di Lamongan.

2.     Makna Tarian dan Unsur Estetis dari Tari Boran

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran 3

Makna Tarian Boran Foto: mazmuzie.blogspot.com

Makna dari Tari Boran ini adalah menggambarkan perjuangan para penjual nasi Boran  untuk mengais rezeki. Selain memiliki makna mengenai perjuangan penjual nasi Boran, tari Boran memiliki unsur estetis, yaitu gerakan yang cepat, serta warna kostum yang warna warni.

3.     Gerakan Tari Boran

Asal Usul dan Sejarah Tari Boran 4

Leave a Reply