Danau

Berwisata di Objek Wisata Menawan Waduk Gondang Lamongan

Waduk Gondang

Waduk Gondang - Foto: Gmap/Agunk Prayogo

Lamongan yang terletak di tepi laut tidak hanya memiliki objek wisata berupa pantai. Ada objek wisata lain yang juga masih berupa perairan namun bukan pantai, yaitu Waduk Gondang. Waduk Gondang memiliki pesona keindahan tersendiri bagi penikmatnya.

Waduk Gondang mulai beroperasi tahun 1986 ini, kini ramai dipadati wisatawan. Banyak hal menarik yang ditawarkan oleh Waduk Gondang ini. Mulai dari keindahan alamnya, hingga wahana permainan di objek wisata yang tidak bisa ditawar keseruannya.

Menikmati Pesona Menawan Waduk Gondang

Waduk Gondang

Waduk Gondang Lamongan – Foto: Gmap/Cak So

Begitu memasuki kawasan wisata Waduk Gondang, pengunjung akan langsung disambut dengan kesejukan Waduk Gondang. Pepohonan tumbuh di beberapa titik, membuat waduk sangat asri dan rimbun. Angin sepoi yang bertiup membuat dedaunan melambai seolah menjadi kipas alam yang menyejukkan kawasan.

Waduk Gondang yang memiliki luas 6,60 hektar itu memiliki danau yang begitu jernih. Jernihnya air membuat siapapun tergoda untuk menceburkan diri ke dalamnya. Namun tentunya hal ini dilarang, karena kedalaman danau mencapai 29 meter. Sehingga berbahaya jika berenang di danau Waduk Gondang.

Berkeliling Waduk Gondang dengan Perahu Kayu

Meskipun tidak dianjurkan berenang di Waduk Gondang, alternatif lain yang dapat dilakukan pengunjung untuk menikmati perairan waduk adalah dengan berkeliling naik perahu kayu. Perahu kayu ini bergerak dengan mesin sehingga tida perlu mendayung. Dalam satu perahu dapat diisi tiga hingga empat penumpang, karena perahu ini tidak terlalu besar.

Waduk Gondang

Waduk Gondang – Foto: Gmap/Agunk Prayogo

Selain perahu kayu, pengunjung juga dapat naik perahu kayuh berbentuk hewan – hewan. Tentu sangat seru apabila mengayuh perahu bersama pasangan. Kesan romantis langsung terasa ketika berkeliling di danau.

Tidak hanya pasangan, perahu kayuh juga menjadi favorit wisatawan keluarga. Tampak orang tua dan anak yang tengah seru mengayuh perahu bersama. Pemandangan yang menyenangkan ini menjadi pelengkap indahnya Waduk Gondang.

Taman Bermain dan Spot Foto di Waduk Gondang

Di dekat Waduk Gondang, masih berada di kawasan wisata Waduk Gondang, terdapat Wisata Edukasi Gondang Outbond atau biasa disebut dengan WEGO. Di WEGO, terdapat berbagai wahana permainan serta outbond. Tidak hanya itu, berbagai spot foto juga disediakan supaya pengunjung lebih seru bermain di WEGO.

Pengunjung dapat menguji adrenalin di area outbond. Di sini terdapat flying fox, panjat tebing, serta kereta gantung. Ada juga area camping ground yang berada di tengah hutan jati.

Baca Juga ya :

Waduk Gondang Lamongan

Waduk Gondang Lamongan – Foto: Gmap/Astri Vika Saraswati

Untuk spot fotonya, terdapat kolam renang dengan tema Eropa, ada juga spot foto berupa pesawat Boeing 737 yang merupakan pesawat bekas dari maskapai penerbangan. Tak kalah populer dengan spot foto pesawat, ada juga Jembatan Cinta yang menjadi favorit para muda – mudi. Di sini, terdapat pulau yang berbentuk hati yang mana menyediakan fasilitas berupa rumah pohon.

Harga Tiket Masuk Waduk Gondang

Untuk masuk menikmati kesejukan Waduk Gondang, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 2.500 saja. Sementara jika ingin masuk di area WEGO Waduk Gondang, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Untuk biaya parkir sendiri sebesar Rp 3.000 untuk motor, RP 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Gondang

Waduk Gondang berlokasi di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi ini, dari Surabaya menuju Kota Lamongan dan terus mengikuti Jalan Raya Babat Lamongan, berjalan terus hingga kurang lebih 10 kilometer. Setelah bertemu pertigaan besar, ambil jalur kanan menuju Kampus Unsida. Sebelum sampai di Kampus Unsida terdapat pertigaan kecil, lalu belok kiri menuju Waduk Gondang.

Leave a Reply