Air Terjun, Alam, jalur pendakian

Indahnya Panorama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

air terjun kakek bodo pasuruan

Fasilitas Air Terjun by Kompasiana.com

Indahnya panorama air terjun kakek bodo pasuruan. Ngaku anak gunung dan sudah mendaki hampir seluruh gunung di Provinsi Jawa Timur? Pastinya tau dong dengan salah satu obyek wisata yang selalu dilewati para pendaki Gunung Arjuna dan Gunung Welirang via jalur Tretes ini.

Yap Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan merupakan destinasi wisata alam yang ada di kawasan wisata tretes dan berada pada ketinggian 850 mdpl. Kendati jalan yang harus dilalui untuk sampai ke obyek wisata terbilang cukup terjal dan sedikit ekstream, namun semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan serta hawa sejuk yang ditawarkan.

Sejarah Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Pesona Air Terjun dari Dekat

Pesona Air Terjun dari Dekat by explorewisata.com

Sebelum membahas lebih jauh, pasti Anda penasaran mengapa air terjun ini dinamakan kakek bodo? Penamaan ini didasari oleh legenda yang berkembang di tengah masyarakat sekitar,  konon dahulu kala ada seorang kakek yang meninggalkan semua harta kekayaannya dan lebih memilih hidup di hutan untuk menjadi seorang pelayan. Mengetahui perihal tersebut kemudian sang majikan mengatainya bahwa “kakek bodoh”. Nah dari legenda tersebutlah para warga memberi nama air terjun ini kakek bodo karena merupakan tempat petilasan sang kakek.

Ketinggian Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

air terjun kakek bodo pasuruan

air terjun kakek bodo pasuruan by hargawisataterbaru.blospot.com

Oke kembali lagi ke topik, Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan airnya bersumber dari sungai kaligeti yang berada disekitar air terjun. Walaupun memang tak setinggi air terjun lain yang ada di Indonesia, namun pesona dan keindahannya tak bisa dianggap sepele loh kawan. Mengapa begitu? Karena lokasinya yang berada ditengah hutan, sehingga para pengunjung bisa melihat beraneka macam flora dan fauna yang beragam jenisnya serta jarang mereka temui di kawasan perkotaan.

Oh iya dibawah air terjun ini juga terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang bervariatif, sehingga sangat cocok digunakan untuk berenang dan aktivitas air lainnya. Namun perlu diingat bahwa para pengunjung tetap harus waspada dan hati-hati, jadi jika Anda belum mahir berenang sebaiknya mengenakan pelampung ya kawan

Lokasi dan Rute Perjalanan

lokasi dan rute air terjun

lokasi dan rute air terjun by merbabu.com

Air terjun ini berjarak kurang lebih 60 Km dari pusat kota Surabaya, dan terletak di Jalan Taman Wisata No.541, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun kakek bodo pasuruan anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengandalkan aplikasi Google Maps. Namun jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan transportasi umum dengan urutan sebagai berikut:

Pertama Anda bisa menaiki bus jurusan Malang-Surabaya dan meminta turun di pasar buah Pandaan, kemudian Anda harus menaiki angkot Izusu L300 dengan tujuan Tretes dan turun di depan Hotel Tanjung atau biasa disebut sebagai Pos pendakian gunung welirang, dengan membayar ongkos sebesar Rp. 5.000 per orangnya, dan selanjutnya anda harus berjalan kaki sejauh 1 Km untuk sampai di lokasi air terjun.

Harga Tiket 

Untuk bisa menikmati keindahan alam dan ke eksotisan Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan ini kalian diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk pengunjung yang berusia diatas 12 tahun, sedangkan pengunjung dibawah usia 12 tahun (anak-anak) tidak dipatok tarif alias gratis. Bagaimana? Murah sekali bukan. Dan biaya lain yang harus dikeluarkan hanyalah biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp.5000.

Fasilitas

Fasilitas Air Terjun

Fasilitas Air Terjun by Kompasiana.com

Kemudian fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan ini terbilang sangat lengkap seperti Musholla, Kolam renang, Taman bermain Anak, Kios, Shelter, Toilet, dan Beragam penjual makanan disepanjang jalan setapak menuju lokasi air terjun. Wah sungguh paket liburan murah dengan fasilitas yang sangat lengkap ya kawan.

Nah fasilitas-fasilitas tersebut menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Pasuruan serius dan niat dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Pasuruan khusunya Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan ini.

Lalu bagaimana nih reaksi kalian semua setelah melihat beraneka macam keindahan yang ada di obyek wisata Air Terjun Kakek bodo ini ? Tertarik untuk berkunjung ? Segera siapkan perlengkapan Anda dan kami tunggu kedatangannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

1 Comment

  1. wah tiket masuk air terjun terjangkau sekali

Leave a Reply