Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Balige

Bermain Kano di Pantai Lumban Bulbul. Foto: www.tripelaketoba.com

Bermain Kano di Pantai Lumban Bulbul. Foto: www.tripelaketoba.com

Kecamatan Balige merupakan ibukota dari Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara. Walaupun hanya setingkat kecamatan, tapi ternyata Balige memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Berada di tepian Danau Toba, membuat kecamatan ini kaya akan pemandangan alam sekaligus wisata budaya khas Suku Batak Toba.

Untuk bisa mencapai Balige, wisatawan dari Jakarta bisa menempuh perjalanan udara langsung ke Bandara Sisingamangaraja XII, atau disebut juga Bandara Silangit. Kemudian, pengunjung akan mengendarai kendaraan roda empat menuju Balige dengan waktu tempuh paling lama dua jam. Sedangkan jika ingin menempuh jalur darat dari Kota Medan, durasi perjalanan bisa mencapai enam jam.

1. Pasir Putih di Pantai Lumban Bulbul

Bermain Kano di Pantai Lumban Bulbul. Foto: www.tripelaketoba.com

Bermain Kano di Pantai Lumban Bulbul. Foto: www.tripelaketoba.com

Salah satu wisata andalan Balige adalah Pantai Lumban Bulbul. Pantai ini merupakan salah satu tepian dari Danau Toba. Pasirnya putih dan ombaknya tidak besar, membuat lokasi ini sangat cocok untuk bersantai. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermain air pun tidak perlu khawatir karena fasilitas permainan seperti pelampung, banana boat dan perahu dan untuk berkeliling telah tersedia. Wahana permainan ini disewakan mulai dari harga Rp5.000 hingga Rp30.000.

Di sekitar pantai juga banyak ditemui homestay yang dikelola penduduk sekitar, dengan harga sewa mulai Rp200.000 per malam. Warung yang menjual makanan lokal juga terlihat berjejer di tepi danau. Pengunjung juga bisa menyewa tikar untuk bersantai dari penduduk sekitar dengan harga Rp15.000

2. Pantai Lumban Silintong yang Kekinian

Pantai Lumban Silintong. Foto: blog.airyrooms.com

Pantai Lumban Silintong. Foto: blog.airyrooms.com

Masih di tepian Danau Toba, Pantai Lumbang Silitong menawarkan pesona wisata yang tak kalah menarik. Pantai ini banyak dikunjungi anak muda karena keberadaan kafe-kafe terapungnya. Wisata kuliner dan foto bersama pun menjadi hal yang wajib dilakukan ketika wisatawan datang berkunjung ke pantai ini.

Keunikaan Pantai Lumbon Silintong lainnya adalah keberadaan bocah pemburu koin. Jika wisatawan melempar koin ke danau, mereka akan dengan sigap berenang untuk mengambil koin-koin tersebut.

Baca juga : Mengenal Kota Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

3. Museum TB Silalahi Center

Budaya Batak di Museum TB Silalahi Center. Foto: pesona.travel

Budaya Batak di Museum TB Silalahi Center. Foto: pesona.travel

Museum TB Silalahi merupakan museum pribadi yang mengupas perjalanan seorang Bapak TB Silalahi. Perjalanan kehidupan beliau dimulai semenjak beliau masih kecil ketika masih menjadi penggembala kerbau, hingga menjadi seorang jenderal. Harapannya, kisah ini dapat memotivasi anak muda untuk meraih cita-cita. Tak hanya itu, museum ini juga dibuat untuk melestarikan adat budaya Suku Batak.

Berbagai produk kebudayaan Batak dapat kita pelajari di sini. Mulai dari ulos, aksara Batak, silsilah keluarga Batak, boneka Sigale-gale, hingga baju tradisional Batak. Deskripsi masing-masing benda pun telah tersedia dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Museum ini terletak di Jalan Pagar Batu No 88 Desa Silalahi.

4. Menikmati Danau Toba dari Bukit Pahoda

Menikmati Danau Toba dari Bukit Pahoda. Foto: www.jendeladunia16.com

Menikmati Danau Toba dari Bukit Pahoda. Foto: www.jendeladunia16.com

Untuk bisa menikmati keindahan Danau Toba tak hanya dari tepian danaunya saja. Wisatawan juga bisa menikmatinya dari atas bukit, salah satunya dari Bukit Pahoda.  Untuk mencapai puncak bukit ini perlu sedikit usaha untuk mendakinya, kendati jalurnya cukup landai.

Dari sini pengunjung bisa melihat luasnya Danau Toba yang mencapai 1130 kilometer persegi. Sesampainya di puncak bukit, tak lengkap rasanya jika pengunjung tidak mengambil foto pemandangan Danau Toba yang indah. Jangan lewatkan pula kesempatan menikmati matahari terbenam dari bukit ini.

5. Mengambil Foto di Puncak Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga Balige. Foto: medan.tribunnews.com

Bukit Tarabunga Balige. Foto: medan.tribunnews.com

Bukit lainnya untuk menikmati kecantikan Danau Toba adalah Bukit Tarabunga. Bukit ini telah tenar di kalangan para fotografer professional karena pemandangannya yang indah. Spot ini pun sering dijadikan pengambilan foto prewedding, terutama untuk mengambil foto saat matahari terbenam. Banyak pula keluarga yang menghabiskan akhir pekan mereka untuk berpiknik di bukit ini. Lokasi Bukit Tarabunga mudah dijangkau dan hanya berjarak dua kilometer dari Kantor Kecamatan Tampahan.

Baca juga : 6 Kuliner dan Makanan Khas Kabanjahe Kabupaten Karo

6. Gereja Kayu Tertua 

Gereja Huria Kristen Batak Protestan, Gereja Kayu Tertua di Balige. Foto: travel.detik.com

Gereja Huria Kristen Batak Protestan, Gereja Kayu Tertua di Balige. Foto: travel.detik.com

Selain berwisata alam, pengunjung juga bisa melakukan wisata rohani ke Balige. Salah satu obyek wisata yang menarik adalah Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Balige. Gereja ini merupkana gereja tertua yang seluruh bangunannya terbuat dari kayu. Gereja ini pertama kali berdiri pada tahun 1861.

Untuk bisa mencapai gereja ini, pengunjung bisa menaiki bentor (bendi bermotor) dari Pasar Balige dengan biaya hanya Rp3000. Gereja ini mulai dibuka untuk umum pukul lima pagi.

Leave a Reply