6 Kuliner dan Makanan Khas Kabanjahe Kabupaten Karo - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kabanjahe Kabupaten Karo

Pecal Gang Singkat Kabanjahe

Makanan Khas Kabanjahe - Foto: Makanmana

Makanan Khas Kabanjahe – Karo merupakan bagian dari suku Batak yang banyak mendiami wilayah Sumatra Utara seperti Medan dan Kabanjahe. Suku ini memiliki keberagaman kuliner yang unik dan nikmat yang kerap kali menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke daerah Sumatra Utara. Mau tau apa saja makanan khas Kabanjahe Kabupaten Karo? Simak penjelasannya berikut ini.

6 Kuliner dan Makanan Khas Kabanjahe Kabupaten Karo

1. Mejuah-Juah Coffee

Kopi Khas Sumatra

Kopi Khas Sumatra – Foto: LintasKopi

Mejuah-Juah Coffee berada di Desa Bekerah, Siosar. Lokasi yang berada di sekitar 1600-an mdpl nyatanya memberi predikat Mejuah-Juah Coffee sebagai coffee shop tertinggi. Siosar sendiri memiliki ketinggian maksimal 2000 mdpl.

Digadang-gadang sebagai coffee shop paling tinggi di Sumatra Utara, Mejuah-Juah Coffee sangat patut dikunjungi. Selain keunikan berupa julukan coffee shop tertinggi, teknik penyajian coffee di sini menggunakan teknik brewing coffee.

Tak disangka, manual brewing bisa ditemukan di daerah yang cukup jauh dari pusat kota seperti ini. Kopi yang digunakan juga bukan kopi sembarangan. Selain kopi tersebut berasal dari kebun mereka sendiri, kopi juga mengandung banyak arti, filosofi serta nilai masyarakat yang bikin bulu kuduk merinding.

Harga Kopi Sanger dan Vietnam Drip Rp. 18.000,00; Sedangkan untuk jenis V60 diberi harga Rp. 15.000,00.

2. Kiniulin Bistro Khas Kabanjahe

Bersamaan dengan Kebun Madu Efi, Kiniulin Bistro bisa menjadi salah satu trigger berkembangnya pariwisata di Kabanjahe. Kiniulin Bistro dioperasikan oleh 3 orang. Bistro menggunakan bahan masak yang ‘katanya’ berasal dari tanah Karo.

Kiniulin Bistro

Kiniulin Bistro – foto makanmana.net

Dan selanjutnya diolah ala makanan modern berdasarkan kemampuan dan pengalaman selama Chef utama bekerja di luar negeri. kentang goreng Kiniulin tidak ada bedanya dengan kentang goreng di daerah lain. Tapi anggapan tersebut salah besar.

Kentang goreng khas Kabanjahe dibuat dengan bahan dasar kentang Karo asli. Kentang goreng disajikan bersama homemade mayo sauce. Dari segi rasa, kentang goreng ini memiliki rasa asin dan unik.

Kiniulin Bistro bisa ditemukan di Jalan Sudirman depan Plaza Kabanjahe, buka pada hari Selasa-Minggu jam 11.30-21.30. Harga seporsi kentang goreng ± Rp. 25.000,00 sampai Rp. 50.000,00.

3. Pecal Gang Singkat Kabanjahe

Pecal Gang Singkat Kabanjahe

Pecal Gang Singkat,,Makanan Khas Kabanjahe, – Foto: Makanmana

Pecal gang singkat Kabanjahe memang luar biasa. Makanan Khas Kabanjahe ini memiliki rasa yang renyah, unik dan khas. Yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu sayuran pada pecal selalu segar dan variatif. Rasa sambalnya juga berbeda dari pecal pada umumnya.

Kacang tanah sebagai bahan utama sambal memang dipilih yang paling bagus. Kombinasi antara pedas, asin, asam dan manisnya sangat sinergis dan mencapai puncak kenikmatannya dalam mulut yang pelan mengunyah.

Leave a Reply