Daftar Wisata, Desa Wisata

6 Tempat Wisata di Aimas Kabupaten Sorong

6 Tempat wisata di Aimas Kabupaten Sorong

Sumber: turisindo.com

Sorong adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Papua Barat. Sorong sangat terkenal akan keindahan bawah air, karena di Sorong terdapat beberapa pantai yang menyuguhkan keindahan bawah air yang sangat mempesona. Nama Sorong diambil dari kata Soren yang berarti laut dalam yang bergelombang.

Suku Biak Numfor menyebut kota Sorong sebagai Daratan Maladum, tetapi para pedagang asing menyebut Soron dengan sebutan Sorong sehingga terkenallah dengan nama kota Sorong.

Kota Sorong juga mempunyai nilai sejarah yaitu pada zaman penjajahan Belanda, Kota Sorong memiliki perusahaan minyak yang bernama Heritage Nederlans Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai rekomendasi 6 tempat wisata di Sorong.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Papua yang ada di Sorong di antaranya yaitu sebagai berikut:

Pantai Tanjung Kasuari

pantai

Sumber: nativeindonesia.com

Pantai Kasuari adalah tempat wisata utama yang sering dikunjungi para wisatawan jika berlibur ke Sorong. Suasana di Pantai Kasuari ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Pantai Kasuari masih sepi di kunjungi orang-orang terkecuali di hari libur meski pun begitu Pantai Kasuari tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali.

Hamparan pasir putih Pantai Kasuari masih sangat bersih dan di sekeliling pantai terdapat pepohonan yang tinggi sehingga bisa dijadikan untuk berteduh jika panas di siang hari. Pantai Kasuari berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Sorong.

Akses kendaraan yang bisa digunakan untuk bisa sampai ke Pantai Kasuari adalah menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp 30.000 dan jika beramai maka gunakan angkutan umum sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Jika kamu berasal dari luar Kota Sorong ,kamu bisa menggunakan jalur darat atau pun udara untuk ke Sorong.

Jika menggunakan jalur laut maka gunakanlah kapal pelni karena merupakan satu-satunya kapal dari pulau Jawa yang berangkat ke Kota Sorong sedangkan jika menggunakan jalur udara sudah tersedia beberapa maskapai dengan tujuan Dominiq Edward Osok, Kota Sorong.

Taman Wisata Alam Sorong

 6 Tempat Wisata di Aimas Kabupaten Sorong-taman

Sumber: jejakpiknik.com

Taman Wisata Alam Sorong terletak sekitar 14 km dari pusat kota Sorong tepatnya di Jalan Sorong Klamono. Taman Wisata Alam Sorong ini berupa hutan lindung dan terdapat banyak jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di taman wisata alam ini.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Taman Wisata Alam Sorong, mulai dari berkembah dan outbound, tetapi harus membawa perlengkapan sendiri karena belum disediakan oleh pengelola.

Taman Wisata Alam Sorong ini memiliki pos jaga polisi hutan sehingga aman jika terjadi suatu yang tidak diinginkan. Pemandangan alam yang indah dengan cuaca sejuk sangat terasa di Taman Wisata Alam Sorong ini lengkap dengan suasana yang tenang dan nyaman.

Di sekitar Taman Wisata Alam Sorong terdapat air terjun dengan debit air yang cukup deras dan airnya sangat jernih. Siapkan makanan yang cukup karena belum tersedia warung. Akses menuju Taman Wisata Alam Sorong ini dapat menggunakan angkutan umum, ojek atau pun bis.

Dari pusat kota Sorong untuk sampai menuju Taman Wisata Alam Sorong sekitar 20 menit. Jika menggunakan angkutan umum atau pun bus tarifnya sekitar Rp 5.000/orang dan ojek Rp 20.000.

Selain angkutan umum, bus, dan ojek bisa juga menyewa kendaraan pribadi dengan tarif Rp 400.000–Rp 500.000/ hari harga tersebut sudah lengkap dengan sopir.

Pulau Buaya

 6 Tempat Wisata di Aimas Kabupaten Sorong-pulau

Sumber: papanpelangi.blog

Pulau Buaya terletak tidak jauh dari Kota Sorong, tetapi memiliki pulau yang terpisah dari kota Sorong. Pulau ini diberi nama Pulau Buaya karena memiliki bentuk menyerupai buaya.Pulau Buaya mempunyai wisata bahari yang sangat mempesona, air laut masih berwarna jernih karena jarang orang mengunjungi pulau.

Pulau Buaya memiliki pasir yang putih dengan dikelilingin pohon-pohon kelapa. Pulau Buaya sudah ada penduduknya, tetapi hanya para nelayan. Untuk menuju Pulau Buaya yaitu  dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Sorong.

Akses menuju pulau buaya harus menyewa kapal dengan tarif sekitar Rp 200.000-Rp 250.000 selama sekitar 45 menit dari pelabuhan Sorong. Beberapa fasilitas yang telah tersedia di Pulau Buaya yaitu perahu untuk pulang pergi, banana boat, doughnut boat, parasailing, paintball, dan cottage.

Pulau Um

Leave a Reply