Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara

Gulo Puan, makanan khas Rupit Musi Rawas Utara

Gulo Puan, makanan khas Rupit Musi Rawas Utara - foto indonesia.go.id

Makanan Khas Rupit – Indonesia merupakan negara yang setiap daerah selalu memiliki banyak makanan khas dengan cita rasa tersendiri. Salah satunya adalah makanan khas Rupit. Rupit merupakan daerah yang berasa di Kabupaten Musi Rawas Utara. Dari dulu tempat ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata kuliner. Mereka yang datang ke Musi Rawas Utara bahkan ada yang berasal dari kabupaten atau daerah lainnya.

Kelezatan dan keunikan makanan khas Rupit inilah yang membuat semua orang ingin berbondong-bondong mencicipinya. Kuliner  khas Rupit bukan hanya soal rasa melainkan juga tampilan makanannya yang khas. Jadi, bagi  kamu yang saat ini memiliki rencana berkunjung ke Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, jangan lupa mencicipi makanan khasnya.

Makanan Khas Rapi yang Harus Anda Coba

Di bawah ini kami sudah memiliki informasi tentang beberapa makanan khas Rupit yang harus kamu cicipi. Dijamin kamu akan ketagihan dan mungkin ingin mencicipinya lagi.

1. Pindang Ikan

Makan khas Rupit yang pertama harus kamu coba adalah Pindang Ikan. Perpaduan rasa gurih, pedas, dengan aroma terasi yang khas membuatnya pas ketika ada di lidah. Bahan utamanya berupa ikan yang masih segar yang langsung diperoleh dari sungai musi.

pindang kuning

Pindang Ikan, makanan khas Rupit

Untuk pengolahannya tidak jauh berbeda dengan makanan yang berbahan ikan pada umumnya.  Namun yang menjadikan Pindang Ikan memiliki nilai keunikan tersendiri dibandingkan pindang ikan lainnya adalah dari bumbunya. Bumbu-bumbu makanan kha Rupit terasa rempahrempahnya.

Saat ini, ikan yang dipilih bukan pindang patin saja. Ada juga sajian Pindang Ikan yang menggunakan ikan bandeng, ikan gabus, ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan mas, dan ikan bawal. Jadi, jika kamu tidak suka mengkonsumsi ikan patin, kamu bisa menggantinya dengan ikan yang lainnya.

2. Roti Kemang dan Bubur Durian

Roti Kemang dan Bubur Durian, makanan khas Rupit

Roti Kemang dan Bubur Durian, makanan khas Rupit – Sumber: travel.detik.com

Mengapa kami langsung menyertakan dua makanan menjadi satu? Karena dua makanan ini selalu disajikan bersama. Kamu tidak akan menemukan roti kemang tanpa bubur durian, begitu pula sebaliknya. Terlebih ketika sudah memasuki  musim durian, kamun akan lebih mudah menemukan bubur durian. Bubur durian merupakan makanan yang tidak menggunakan bubur ketan.

Makanan ini menggunakan bubur nasi yang bentuknya dibuat bulat dan pipih. Setelah itu, diletakkan di piring dan disiram kuah durian. Sementara untuk roti kemang di dalamnya berisi gula merah. Makanan yang cocok jadi hidangan makan pagi yang akan membuatmu semakin bersemangat menjalankan aktivitas.

Baca Juga ya :

3. Tempoyak

Tempoyak

Tempoyak – Source: lifestyle.okezone.com

Makanan khas Rupit yang ketiga adalah Tempoyak. Jika di Jogja kamu pernah makan gudeg, maka di Sumatera Utara ada makanan yang bernama Tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang berasal dari durian yang sudah mengalami proses fermentasi.

Makanan ini kerap dijadikan sebagai teman pendamping nasi. Rasanya asam dengan aroma yang menyengat. Selain itu, Tempoyak juga  bisa kamu jadikan sebagai campuran untuk sambal.

4. Gulo Puan

Gulo Puan, makanan khas Rupit Musi Rawas Utara

Gulo Puan, makanan khas Rupit Musi Rawas Utara – foto indonesia.go.id

Gulo Puan memiliki arti gula susu. Namun susu yang digunakan bukanlah susu pada umumnya, melainkan  dari susu kerbau. Kemudian dicampur dengan gula pasir. Selanjutnya, campuran susu dan gula pasir dipanaskan selama kurang lebih 5 jam. Biasanya, Gulo Puan akan disajikan bersama roti karena fungsinya yang mirip selai.

Dulu, makanan ini hanya dikonsumsi oleh bangsawan saja. Namun sekarang, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Rasa yang khas dan mungkin lebih enak dibandingkan menggunakan selai yang ada.

5. Tekwan, Makanan khas Rupit

makanan khas Rupit

Sumber: caramembuat.id

Tekwan adalah makanan yang cukup terkenal. Kamu bisa mendapatkannya dimana-mana karena merupakan salah satu makanan khas Rupit yang mudah ditemukan. Tekwan berasal dari campuran ikan dan sagu. Kemudian diolah hingga berbentuk kecil dan bulat. Selanjutnya ditambahkan hidangan pelengkap seperti daun bawang, bihun, bengkoang, serta seledri.

Baca Juga ya :

6. Burgo, Makanan khas Rupit yang lezat

Burgo, Makanan Khas Kota Rupit

Burgo, Makanan Khas Kota Rupit – foto cookpad.com

Makanan khas Rupit yang terakhir bernama Burgo. Sebenarnya kamu bisa menemukannya di beberapa daerah di Sumatera Selatan. Mungkin kamu masih tidka terlalu familiar dengan Burgo. Kuliner khas yang satu ini terbuat dari tepung beras kemudian disajikan dengan disiram dengan kuah yang kentah dan gurih.

Jika kamu perhatikan, makanan ini memiliki kemiripan dengan kwetiaw. Perbedaannya adalah Burgo berasal dari olahan tepung sagu dan tepung beras. Kemudian diiris tipis-tipis dan digulung. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan ikan suwir dan sambal serta perasan jeruk nipis.

 

Leave a Reply