Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau, Taman

5 Tempat Wisata di Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara

Tempat Wisata di Rupit

Tempat Wisata di Rupit

Tempat Wisata di Rupit – Kecamatan Rupit atau yang juga merupakan pusat pemerintahan di Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan suatu kecamatan yang hanya memiliki  1 kelurahan yaitu Kelurahan Muara Rupit. Dalam 1 Kelurahan itu terdiri dari 16 desa.

Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan daerah yang berada di Provinsi Sumatera Selatan dan berjarak sekitar 230km dari kota Palembang. Boleh dibilang Kabupaten Musi Rawas Utara ini daerahnya begitu kecil karena merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas. Jumlah penduduknya yang hanya sekitar 195.000 jiwa menjadikan tempat ini tidak begitu padat.

Namun meski begitu, di daerah Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara ini juga memiliki potensi wisata yang melimpah. Didominasi oleh wisata alam, Rupit menjadi kota yang cocok dikunjungi oleh para petualang ataupun pemburu keindahan alam.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata di Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara yang menarik untuk dikunjungi :

1. Air Terjun Curup Sembilan

Air Terjun Curup Sembilan Rupit

Air Terjun Curup Sembilan Rupit – Sumber : Destinasiwisata.com

Tempat Wisata di Rupit Yang pertama adalah wisata air terjun, yaitu Air Terjun Curup Sembilan. Dinamakan Curup sembilan karena di air terjun ini terdiri dari 9 tingkatan.

Meski begitu akses untuk menuju air terjun ini terbilang sulit karena letaknya yang berada di tengah hutan. Untuk mencapai Air Terjun Curup Sembilan diharuskan trekking menyusuri hutan terlebih dahulu dengan waktu kurang lebih 6 jam dan diwajibkan didampingi oleh pemandu jalan dari masyarakat sekitar karena  tidak adanya penunjuk jalan dan belum ada jalur khusus yang dibuat untuk menuju air terjun ini.

Namun perjalanan panjang menyusuri hutan akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan di Air Terjun Curup Sembilan. Karena letaknya yang berada di hutan belantara membuat kealamian di Air Terjun ini begitu terjaga. Airnya pun begitu jernih dan segar. Membasuh wajah setelah trekking panjang akan menjadi sesuatu yang sangat menyegarkan.

2. DAM Bukit Ulu

DAM Bukit Ulu, Tempat Wisata di Rupit yang indah

DAM Bukit Ulu, Tempat Wisata di Rupit yang indah – Sumber : Wisato.id

Sebuah bendungan besar di derah Musi Rawas Utara yang dibangun pada tahun 1980 dan digunakan sebagai sarana irigasi maupun mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat sekitar.

Setelah tidak digunakan lagi sejak tahun 1998, DAM Bukit Ulu ini perlahan-lahan mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dari daerah sekitar Rupi Musi Rawas Utara karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Seiring perjalanan waktu dan juga peran dari sosial media serta cerita dari mulut ke mulut, kawasan ini menjadi semakin ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun dari luar daerah yang penasaran dengan keindahan yang ditawarkan di DAM Bukit Ulu ini.

Mengabadikan momen dan berfoto ria menjadi kegiatan favorit yang bisa dilakukan di kawasan wisata DAM Bukit Ulu ini.

3. Danau Rayo, Tempat Wisata di Rupit yang hits

Danau Rayo, Tempat Wisata di Rupit yang hits

Danau Rayo, Tempat Wisata di Rupit yang hits – Sumber : Linggauklik.com

Berlokasi di Desa Karanganyar, Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Danau Rayo merupakan obyek wisata andalah bagi Kecamatan Rupit karena mempunyai potensi keindahan alam yang begitu mempesona. Terbentuk secara alami, Danau Rayo akan menghipnotis setiap pengunjung yang datang lewat biru airnya yang begitu menyegarkan.

Baca Juga ya :

Danau yang awalnya adalah kawasan hutan ini, kini sudah disulap menjadi sarana rekreasi yang cocok menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan orang orang tercinta plus menjadi salah satu Tempat Wisata di Rupit yang tak kalah ngehits. Aksesnya pun cukup mudah, karena jalan menuju Danau Rayo sudah beraspal.

   Banyak spot-spot menarik yang terdapat di Danau Rayo ini, seperti lembah cinta, lingkaran bambu dan sebagainya yang bisa digunakan untuk background foto yang menarik.

4. Taman Bunga Agropolitan

Taman Bunga Agropolitan

Taman Bunga Agropolitan – Sumber : Tribunnews.com

Salah satu tempat wisata yang sedang hits bagi masyarakat daerah Musi Rawas Utara dan sekitarnya adalah Taman Bunga Agropolitan. Baru dibuka di akhir tahun 2019 Taman Bunga Agropolitan menjadi idola baru di sektor pariwisata daerah Rupit Musi Rawas Utara dan sekitarnya.

Hal yang menarik di Tempat Wisata di Rupit ini adalah hamparan bunga warna-warni yang siap memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Tempatnya yang luas serta suasananya yang begitu asri dan teduh menjadi tempat ini sangat cocok sebagi pelarian dari kepenatan harian.

Di komplek Taman Bunga Agropolitan tersedia juga gazebo atau pondok-pondok kecil yang bisa digunakan untuk bersantai dan beristirahat.

5. Wisata Arung Jeram

Arung jeram di Musi Rawas Utara - Sumber : Kordanew.com

Arung jeram di Musi Rawas Utara – Sumber : Kordanew.com

Satu lagi, Tempat Wisata di Rupit yang cukup memacu adrenalin. Bagi pecinta petualangan dan juga olahraga ektrem, Musi Rawas Utara menjadi tempat yang sangat direkomendasikan karena memiliki potensi wisata arung jeram yang dapat memacu adrenalin. Bukan tanpa alasan, daerahnya yang didominasi oleh sungai besar membuat Musi Rawas menjadi derah unggulan untuk mengembangkan wisata arung jeram.

Salah satu daerah yang bisa digunakan untuk berarung jeram adalah Desa Jangkat. Menyusuri sungai dengan rintangan batuan besar dan juga sesekali arus yang begitu deras akan menjadi pengalaman berarung jeram yang tidak akan terlupakan.

Itulah tadi 5 tempat wisata di daerah Rupit Musi Rawas Utara dan juga kawasan di sekitarnya. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi wisata di Provinsi Sumatera Barat khususnya Kabupaten Musi Rawas Utara.

Leave a Reply