Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Terkenal

makanan khas Indralaya

Kuliner dan Makanan Khas Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, sumber: lancangkuning.com

Makanan Khas Indralaya -Indralaya adalah salah satu kota yang terletak di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kota ini memiliki luas kurang lebih 77,65 km² dan merupakan kota satelit Palembang dengan jarak yang mencapai lebih dari 31 km. Bagi masyarakat yang tinggai di sekitar Indralaya, pasti mereka sudah mengenal beberapa makanan khas Indralaya yang terkenal.

Salah satunya adalah indang yang merupakan pempek. Kita tahu bahwa makanan pempek sendiri sudah menjadi makanan khas Palembang dan menjadi ikon dari kota tersebut. Saking terkenalnya makanan yang satu ini, sampai-sampai anda bisa menemukannya dengan mudah di luar pulau Sumatera.

Kuliner dan Makanan Khas Indralaya

Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa Indralaya merupakan kota yang terkenal memiliki banyak kuliner khas dengan cita rasa yang tiada duanya. Bagi kamu yang penasaran ingin tahu apa saja makanan khas Indralaya yang harus kamu coba, silahkan kamu simak informasi yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Laksan, Makanan Khas Indralaya Yang Lezat

makanan khas Indralaya

Laksan,Makanan Khas Indralaya – sumber: indozone.id

Makanan khas Indralaya yang harus kamu coba ketika baru sampai di sini adalah Laksan. Makanan ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dengan pempek. Makanan yang satu ini dibuat dengan campuran ikan dan sagu sehingga ketika kamu pertama kali mencobanya maka sekilas rasanya tidak jauh berbeda dengan pempek.

Akan tetapi, Laksan berbeda dengan pempek. Hal yang membedakan adalah Laksan memiliki kuah. Kuah yang digunakan adalah kuah bersantan yang hampir sama untuk kuah untuk lontong sayur.

2. Burgo, Kuiner Khas Indralaya yang Menggoda

makanan khas Indralaya

Burgo, Kuiner Khas Indralaya yang Menggoda – sumber: id.wikipedia.org

Sebenarnya, Burgo merupakan makanan khas dan menjadi favorit masyarakat di Sumatera Selatan. Namun, ketika kamu berkunjung ke Indralaya, kamu akan menemukan banyak tempat yang menjual makanan yang satu ini. Burgo adalah makanan yang dibuat dari tepung beras dan tepung sagu. Setelah itu, penyajiannya adalah dengan disiram kuah santan.

Untuk proses pembuatannya adalah memasak adonan tepung sagu dan tepung beras. Setelah itu, ketika adonan sudah siap maka kamu gulung adonan tersebut dan iris kecil-kecil. Kemudain, kamu tinggal menyiramnya dengan kuah santan yang telah dimasak.  Rasa yang ditawarkan adalah gurih. Terlebih lagi jika kamu menambahkannya dengan telur atau suwir ayam yang membuat cita rasanya semakin lezat.

Baca Juga ya : Kuliner dan Makanan Khas Baturaja

3. Martabak HAR Khas Indralaya

makanan khas Indralaya

Martabak HAR, Makanan Khas Indralaya – sumber: ksmtour.com

Jika kamu mencari kuliner martabak khas Indralaya, maka kamu harus mengkonsumsi Martabak HAR. Sebenarnya martabak ini tidak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya yang menggunakan telur ayam maupun telur bebek.

Hanya saja, martabak HAR di dalam penyajiannya memakai kuah kari dengan irisan kentang. Perpaduan antara martabak dan kuah kari  membuat rasanya gurih dan sedap dan tentu saja sangat nikmat.

Adapun nama HAR sendiri berasal dari Haji Abdul Razak yang merupakan pencipta martabak yang satu ini. Beliau merupakan keturunan India sehingga martabaknya memang ada kemiripan dengan makanan khas terdapat di India.

4. Pindang Tulang

makanan khas Indralaya

Pindang Tulang, Makanan Khas Indralaya yang lezat – sumber: palembang-tourism.com

Biasanya masakan pindang berasal dari ikan pindang. Namun berbeda dengan makanan khas Indralaya yang satu ini. Bahan utamanya menggunakan tulang. Namun untuk tulang yang digunakan juga tidak sembarangan, yakni tulang sapi yang harus memiliki sumsum tulang serta daging.

Pindang Tulang kemudain dicampur dengan cabai hijau, lengkuas, bawang merah, serai, kunyit, dan juga bawang putih. Kemudian direbus sampai matang. Pindang Tulang biasanya akan disajikan dengan irisan tomat maupun irisan sayur yang lainnya.

Baca Juga ya : Tempat wisata di Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan

5. Tekwan Indralaya

makanan khas Indralaya

Tekwan, sumber: id.wikipedia.org

Makanan khas Indralaya selanjuntya adalah Tekwan. Mungkin anda akan menemukan makanan yang satu ini di kota lain yang ada di Sumatera Selatan. Biasanya, orang yang hobi makan pempek tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Rasanya pun hampir sama dengan pempek.

Namun, Tekwan disajikan dengan kaldu udang dengan rasa yang sedap dan tentunya gurih yang akan menggoyang lidah kamu.

6. Mie Celor Khas Indralaya

makanan khas Indralaya

Mie Celor Makanan Khas Indralaya – sumber: selerasa.com

Mie Celor juga masuk ke dalam salah satu daftar makanan khas Indralaya yang tidak boleh kamu lupakan. Dalam satu porsi Mie Celor terdapat ada mie yang dicelup lalu disiram kuah kaldu santan yang kental. Selain itu, makanan ini juga akan diberikan tambahan tauge dan juga telur rebus.

Salah satu hal unik yang kamu temukan dari Mie Celor adalah bentuk mie-nya yang tebal seperti mie udon. Gurihnya rasa kuah yang berasal dari kaldu kepala udang yang direbus membuat Mie Celor akan membuatmu terus ingin memakannya.

 

Leave a Reply