Daftar Wisata, Danau, Pantai

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur 1

Pantai Patokan - Bolmutpost

Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur – Tutuyan merupakan sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Berada di ujung pulau membuat daerah ini memiliki ada banyak tempat wisata seperti danau dan pantai. Jika kalian berencana untuk mengunjungi Sulawesi Utara, jangan lupa untuk singgah di tempat-tempat wisata berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur

1. Danau Bunong

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur 2

Danau Bunong, Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur – Sumber : Kompasiana

Danau Bunong terletak di Togid, Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Danau ini memiliki beberapa spot menarik seperti rumah terapung di mana dari sana kita dapat melihat beragam perahu melintas, menara pengawas atau mercusuar, serta tak ketinggalan sang primadona – Tanjung Cinta yakni sebuah anjungan di tengah jembatan dan berbentuk hati.

Tak hanya menyediakan berbagai spot menarik, tempat wisata Danau Bunong juga menyajikan beragam kuliner sebagai teman bersantai seperti makanan dari olahan ikan yang sengaja dibudidayakan, gorengan pisang goroho, dan beragam minuman seperti teh, kopi hingga kelapa muda.

Jika kalian tertarik untuk bersantai menghabiskan waktu dengan memandangi keindahan langit ditemani dengan kerlip lampu maka waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore menjelang malam. Sementara bagi kalian yang ingin mengabadikan momen di berbagai spot  yang tersedia maka datanglah saat pagi hingga siang hari.

2. Danau Hutan Kota Boltim

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur memang dikenal sebagai daerah dengan seribu danau karena saking banyaknya danau yang dapat kalian temukan di sini. Jika sebelumnya ada Danau Bunong maka kali ini mari kita temui salah satu danau yang terletak di tengah kota Boltim yakni Danau Hutan Kota.

Danau Hutan Kota Boltim terletak di Desa Tutuyan, tepatnya di belakang area perkantoran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Sekitaran Danau ini sengaja dibangun gazebo-gazebo untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan. Sayangnya sedikit sekali pedagangan makanan atau minuman yang berjualan di sekitaran danau sehingga sangat dianjurkan bagi kalian untuk membawa bekal sendiri.

Meskipun Danau Hutan Kota ini kurang perawatan namun orang Boltim bilang ‘belumlah afdol kalau ke Boltim tapi tak ke sini.’  Kabarnya nih pemerintah setempat berencana untuk menambahkan fasilitas seperti toilet dan tenpat parkir melihat banyaknya pengunjung Danau Hutan Kota ini.

3. Pantai Abadi

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur 3

Pantai Abadi, Bolaang Mongondow Timur – Sumber : manadones

Berada di Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Pantai yang satu ini wajib masuk ke dalam daftar wisata kalian. Berjarak sekitar 100km dari Bandara Sam Ratulangi dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam dari pusat Kota Manado akan terbalaskan dengan pemandangan pantai yang memukau.

Pantai Abadi memiliki air yang sangat jernih sehingga ia dijuluki sebagai Pantai Cermin. Pantai Abadi juga memiliki pasir yang berwarna putih membuatnya semakin elok. Keindahan pantai ini terus dijaga oleh warga sekitar dan nelayan sebab selain kecantikannya, Pantai Abadi ternyata merupakan pantai area tangkap. Sehingga mereka menjaga agar pantai selalu bersih dan bebas dari sampah plastik yang dapat menganggu para ikan.

4. Pantai Tanjung Silar

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur 4

Pantai Tanjung Silar, Bolaang Mongondow Timur – sumber : superadventure

Bagi pecinta drama Korea pasti tak asing dengan nama Pantai Navagio yang berada di Yunani. Pantai yang menjadi saksi pertemuan pasangan Descendent of The Sun ini memang banyak menarik perhatian. Nah bagi kalian yang tertarik untuk menikmati keindahan alam Pantai Navagio, tak perlu jauh pergi ke Yunani loh.

Pantai Tanjung Silar merupakan salah satu pantai di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang memiliki keindahan tak terkira. Pasir putih dikelilingi oleh batuan tebing cadas setinggi 10 meter membuatnya tampak seperti Pantai Navagio. Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk mencoba sensasi cliff Jumping  dari tebing setinggi 20 m ya!

Jarak tempuh yang kalian perlukan untuk bisa sampai ke Pantai Tanjung Silar adalah sekitar 3 jam dari pusat Kota Manado menuju Desa Jiko, kemudian menuju Tanjung Silar selama 30 menit menggunakan kapal. Biaya sewa kapal untuk satu kali perjalanan sebesar Rp.40.000.

5. Pantai Patokan

5 Tempat Wisata di Tutuyan Bolaang Mongondow Timur 5

Pantai Patokan, Bolaang Mongondow Timur – sumber : bolmutpost

Jika kalian merasa Pantai Tanjung Silar cukup jauh, maka kalian bisa mengunjungi Pantai Patokan yang terletak sebelum Pantai Tanjung Silar.

Berada di seberang Desa Jiko, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Pantai Patokan memiliki keindahan yang tak kalah eloknya dengan Tanjung Silar. Pasirnya yang putih, air yang jernih dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya semakin menambah kesan private saat berkunjung ke pantai yang mirip dengan May Bay di Phuket Thailand.

Untuk bisa menikmati seluruh keindahan pantai ini, kalian perlu meluangkan waktu selama tiga jam perjalana menuju Desa Jiko dari pusat Kota Manado lalu melakukan penyebrangan menggunakan perahu selama 15 hingga 20 menit dengan biaya yang cukup murah yakni Rp 20.000 untuk sewa kapal dan Rp 2.000 untuk tiket masuknya.

Tertarik untuk bermain ke Pantai Patokan?

Untuk menambah referensi daftar liburanmu, bisa cek postingan berikut ini ya!

5 Tempat Wisata di Selayar

5 Tempat Wisata di Tanjung Selor

 

 

Leave a Reply