6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Bulian Kabupaten Batanghari Jambi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Bulian Kabupaten Batanghari Jambi

Makanan Khas Muara Bulian

Teh Talua, Minuman dan Makanan Khas Muara Bulian Sumber: barrabaa.com

Makanan Khas Muara Bulian – Kecamatan Muara Bulian merupakan ibu kota dari Kabupaten Batanghari di Provinsi Jambi. Jalan-jalan ke Kabupaten Batanghari tidak lengkap rasanya mampir ke kota yang dilewati oleh Sungai Batanghari ini. Selain ada berbagai macam tempat wisata, di Muara Bulian juga ada banyak kuliner yang siap dicicipi oleh pecinta wisata kuliner.

Simak rekomendasi 6 kuliner atau Makanan Khas Muara Bulian Jambi yang bisa kamu cicipi :

1. Teh Talua

Teh Talua, Makanan Khas Muara Bulian

Teh Talua, Makanan Khas Muara Bulian – Sumber: barrabaa.com

Teh talua merupakan salah satu kuliner khas Muara Bulian atau Teh Talua, Makanan Khas Muara Bulian yang terbuat dari teh dan kuning telur kocok. Untuk membuat teh talua yang nikmat, teh yang dituangkan ke dalam gelas sebaiknya teh kental dengan kondisi mendidih.

Ada berbagai jenis kuning telur yang digunakan untuk membuat teh ini yaitu dapat menggunakan telur ayam negeri, telur ayam kampung, atau telur bebek.

Kuning telur tidak dituang begitu saja, tetapi harus dikocok hingga berbusa dan berwarna putih. Penjaja tradisional masih menggunakan batang lidi yang diikat untuk mengocok telur.

Agar tambah sedap, penjaja teh akan menambahkan gula, krimer, atau kental manis. Selain itu, penjual teh juga akan menyediakan bubuk coklat dan jeruk nipis apabila ada pembeli yang belum terbiasa dengan rasa teh tersebut.

Penjaja teh talua dapat dijumpai di sepanjang jalan di Muara Bulian. Harga rata-rata minuman khas ini adalah Rp10.000

2. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin, Makanan Khas Muara Bulian

Tempoyak Ikan Patin, Makanan Khas Muara Bulian – Sumber: travel.tempo.co/Shinta Maharani

Tempoyak merupakan fermentasi durian yang menjadi kekhasan dari Provinsi Jambi. Tempoyak dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan merupakan kuliner khas jika kamu berkunjung di salah satu provinsi di Pulau Sumatera ini.

Salah satu kuliner khas dari Muara Bulian yang menggunakan bahan dasar tempoyak adalah tempoyak ikan patin. Tempoyak menjadi campuran kuah untuk ikan patin yang dimasak.

Cita rasa kuliner khas ini adalah pedas dan asam serta kaya akan rempah. Salah satu rempah kunci untuk olahan ikan patin ini agar tidak terasa amis adalah pada kunyit.

Ikan patin merupakan ikan yang kaya akan omega-3. Nutrisi ini bisa di dapat di tubuh ikan patin terutama di bagian kepala dan perut. Harga tempoyak ikan pating rata-rata Rp50.000 per porsi.

Baca Juga: 

3. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Muara Bulian

Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Muara Bulian – Sumber: cookpad.com/Ryan Wijaya

Makanan Khas Muara Bulian dengan bahan dasar ikan yang lain adalah gulai tepek ikan. Berbeda dengan tempoyak ikan pati, gulai tepek ikan yang menggunakan ikan utuh, gulai tepek ikan merupakan olahan dari ikan.

Ikan yang digunakan untuk olahan antara lain ikan gabus, ikan tenggiri, dan ikan belida. Memasak kuliner khas Muara Bulian ini juga berbeda dengan gulai yang lain.

Pertama, ikan yang akan diolah dibersihkan dahulu. Ikan yang telah dibersihkan tersebut kemudian digiling hingga lembut. Olahan ikan yang lumat tersebut dicampur dengan air, garam, dan bawang merah hingga merata.

Leave a Reply