Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Penuh

Lemang Kantong Semar, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Lemang Kantong Semar, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi - len-diary.com

Makanan Khas Sungai Penuh – Sungai Penuh adalah kota terbesar kedua di Provinsi Jambi. Kota ini adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Kerinci yang telah disahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada 8 Oktober 2009. Terdapat banyak jenis kuliner di Sungai Penuh yang memiliki rasa yang unik.

Setiap makanan dimasak dengan bumbu yang terbuat dari berbagai rempah seperti makanan khas Kuantan Singingi. Siapapun yang mencicipi pasti jatuh hati. Sekarang kita akan membahas tentang makanan khas dari daerah Sungai Penuh, Jambi. Simak 6 kuliner dan makanan khas Sungai Penuh Jambi berikut ini.

1.  Dendeng Batokok

Dendeng Botok, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Dendeng Botok, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – facebook.com

Dendeng identik sebagai makanan khas Minang di Sumatera Barat. Ternyata memang benar, Dendeng Batokok ini dibawa oleh para perantau dari Minang ke Sungai Penuh. Namun, Dendeng Batokok khas Sungai Penuh berbeda dengan dendeng batokok di Minang yang menggunakan cabai hijau dan daging sapi.

Sedangkan dendeng batokok Sungai Penuh lebih sering menggunakan daging rusa dan cabai merah. Seiring berjalannya waktu, daging rusa semakin langka sehingga masyarakat setempat menggantinya dengan daging sapi.

2.  Lemang Kantong Semar

Lemang Kantong Semar, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Lemang Kantong Semar, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – len-diary.com

Kantong Semar adalah salah satu tumbuhan yang banyak terdapat di Taman Nasional Kerinci Seblat dan daerah sekitarnya. Tak heran jika masyarakat Kerinci khususnya Sungai Penuh mengolah kantung semar menjadi lemang sehingga diberi nama Lemang Kantong Semar.

Pembuatan dan isinya sama dengan lemang bambu, yaitu beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa. Lemang ini sering disajikan sebagai teman makan gulai, tetapi makanan ini sudah jarang ditemui. Makanan ini hanya bisa ditemukan pada acara-acara tertentu seperti acara adat. Tak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dengan rasa dan bentuk dari Makanan Khas Sungai Penuh Jambi  yang satu ini.

Baca Juga ya :

3.  Soto Semurup, Makanan Khas Sungai Penuh Kerinci Jambi

Soto Semurup, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Soto Semurup, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – phinemo.com

Makanan Khas Sungai Penuh Kerinci Jambi lainnya adalah Soto Semurup. Soto Semurup  tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yang ada di daerah-daerah lainnya. Soto ini juga disajikan di mangkok. Isi soto di dalam mangkuk antara lain nasi, sayuran, dendeng sapi, dan soun atau bihun. Kuah soto ini berwarna kuning bening dan ditambah dengan kerupuk merah atau bawang goreng.

Sedikit perbedaan antara Soto Semurup dan soto lainnya adalah daging sapi di dalamnya sudah dimasak menjadi dendeng terlebih dahulu, sedangkan daging di dalam soto lainnya hanya daging yang direbus dan dimasukkan ke dalam kuah.

4.  Gulai Ikan Semah

Gulai Ikan Semah, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Gulai Ikan Semah, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – liputan6.com

Gulai ini menjadi istimewa karena gulai ini berisi ikan semah, yaitu ikan langka karena hanya ada di Sungai Batang Merangin dan Danau Kerinci. Jika berhasil menaklukkan Gunung Kerinci, yaitu gunung tertinggi di Indonesia tentu saja harus menikmati gulai ikan semah yang sangat langka.

Momen indah ini menjadi lebih sempurna karena rasa lelah terbayar lunas dengan kelezatan Gulai Ikan Semah. Ikan semah begitu empuk dan enak apalagi ditambah dengan kuah kuning yang pekat dan sedikit asam. Siapapun pasti akan ketagihan dengan masakan khas ini.

5.  Dodol Kentang Kerinci

Dodol Kentang, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Dodol Kentang, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – kenali.co

Sesuai dengan namanya, dodol terbuat dari kentang granola. Dodol ini sangat manis dan teksturnya lembut sehingga tidak lengket saat dipegang. Tentu saja dodol ini berbeda dengan dodol pada umumnya.

Dodol kentang ini kerap dijadikan oleh-oleh karena mudah ditemui di minimarket atau tempat oleh-oleh di Sungai Penuh atau daerah lainnya di Jambi. Rasa dodol ini bervariasi seperti rasa gula aren, durian, pandan, dan nanas.

6.  Ketan Durian

Ketan Durian, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi

Ketan Durian, Makanan Khas Sungai Penuh Jambi – ensiklopedi,dapurrakyat.id

Dan Makanan Khas Sungai Penuh Jambi yang juga tak kalah lezatnya untuk dicicipi adalah Ketan Durian khas Sungai Penuh Kerinci. Ketan Durian ini sangat lezat karena beras ketan yang digunakan sangat terjamin kualitasnya. Selain itu, cara memasak yang unik membuat ketan ini terasa gurih dan manisnya durian juga sangat pas. Sebelum membuat ketan ini harus memilih durian yang tepat karena hal ini sangat memengaruhi rasa dan kelengketan dari ketan durian.

Itulah 6 kuliner dan makanan khas Sungai Penuh dari sekian banyaknya jenis kuliner di Jambi. Ketika Anda berada di Jambi, khususnya di kota Sungai Penuh tentu harus mencoba beberapa kuliner tersebut. Tidak perlu ragu atau khawatir soal rasa karena kuliner-kuliner tersebut dijamin rasanya enak.

Tak mungkin kecewa, justru malah akan ketagihan karena 6 kuliner tersebut paling populer di Kota Sungai Penuh. Masyarakat setempat kerap mencari makanan-makanan khas tersebut di berbagai warung atau tempat makan lainnya karena tidak banyak yang bisa memasaknya. Jangan lupa mencicipi kuliner ketika mengunjungi tempat wisata di Sungai Penuh.

 

Leave a Reply