Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Metro Lampung

pindang, Makanan Khas Metro

Kuliner Khas Metro, Lampung. Sumber : Kuliner.ilmci.com

Makanan Khas Metro – Kota Metro adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Bandar Lampung dan berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Lampung. Kota yang juga merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Lampung ini memiliki beragam daya tarik yang mampu memikat orang untuk berkunjung ke kota ini. Salah satu daya tarik yang dimiliki kota Metro adalah wisata kulinernya.

Di kota Metro ini banyak sekali kuliner dan juga berbagai jenis masakan khas yang menarik sekali untuk dicicipi. Berikut ini adalah informasi mengenai 6 kuliner dan masakan khas di Kota Metro, Lampung :

1. Keripik Pisang Khas Metro

Keripik Pisang, Makanan Khas Metro

Keripik Pisang, Makanan Khas Metro – Sumber : Lampung.co

Ternyata di Kota Metro ada satu camilan yang menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan yang membeli oleh-oleh di Kota ini, yaitu Kripik Pisang. Meski banyak juga ditemui di daerah-daerah lain, namun Kripik Pisang Khas Metro ini sedikit berbeda dengan Keripik Pisang di tempat-tempat lain.

Yang membedakan Kripik Pisang kota Mtero ini adalah bentuknya yang mirip waffle serta cara membuatnya yang dipanggang bukan digoreng. Dalam perkembangannya Keripik Pisang khas Metro ini dikreasi dengan berbagai macam rasa, seperti rasa cokelat, rasa keju, rasa susu, rasa stroberi, rasa asin ataupun rasa moka. Kini Keripik Pisang ini menjadi salah satu Makanan Khas Metro Lampung yang wajib dibawa.

2. Kerupuk Kemplang Panggang

Kerupuk Kemplang, Makanan Khas Metro

Kerupuk Kemplang, Makanan Khas Metro – Sumber : Takaitu.id

Makanan Khas Metro Lampung yang kedua adalah Kerupuk kemplang. Kerupuk Kemplang adalah camilan berupa kerupuk yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan. Jika berbicara mengenai Kerupuk Kemplang banyak orang akan menyebut sebagai makanan khas Palembang.

Namun jangan salah, di Kota Metro pun juga memiliki kerupuk kemplang dengan gaya olahan sendiri. Jika kerupuk kemplang Palembang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, maka untuk kerupuk kemplang khas lampung bahan dasarnya menggunakan ikan belida.

Karena bahan dasarnya yang berbeda, maka sudah pasti cita rasa yang ditawarkan pun juga akan berbeda. Jika berkunjung ke kota Metro jangan lupa untuk membeli kerupuk kemplang panggang khas lampung untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Baca Juga ya :

3. Kopi Robusta Metro Lampung

Kopi Robusta Lampung, Oleh-oleh & Makanan Khas Metro

Kopi Robusta Lampung, Oleh-oleh & Makanan Khas Metro – Sumber : Shopback.co.id

Membicarakan lampung, tentu saja untuk pecinta kopi pasti langsung menyebut kopi robusta khas lampung yang sangat terkenal itu. Di setiap sudut kota di Provinsi Lampung termasuk kota Metro mudah sekali ditemukan warung-warung kopi yang menjajakan kopi robusta lampung, karena memang daerah lampung terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di indonesia.

Maka bagi kalian semua para pecinta kopi, wajib hukumnya untuk mencicipi kopi robusta khas lampung jika sedang berkunjung di kota Mrero. Kopi robusta lampung pun juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang karena hampir setiap toko oleh-oleh di kota metro menjual kopi robusta lampung dengan berbagai macam merek.

4. Pindang Khas Metro Lampung

Pindang Lampung, Makanan Khas Metro

Pindang Lampung, Makanan Khas Metro – Sumber : Kuliner.ilmci.com

Nama kuliner Pindang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, karena kuliner ini bisa ditemukan di banyak daerah di Indonesia. di Lampung sendiri juga memiliki sajian kuliner pindang yang begitu khas dengan bahan dasarnya yang berupa ikan-ikanan penghuni air tawar, seperti ikan gabus, ikan patin dan ikan baung.

Ciri khas kuliner pindang di Lampung ini adalah cita rasa kuahnya yang kaya akan rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, kunyit, serai dan daun salam sehingga menghasilkan rasa gurih dan pedas yang begitu kuat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pindang khas Lampung adalah hidangan pendampingnya yang berupa sambal terasi dan juga tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang dihasilkan dari fermentasi durian dengan ciri khas rasanya yang unik dengan baunya yang cukup menyengat.

5. Seruit, Makanan Khas Metro Lampung

Seruit, Makanan Khas Metro

Seruit, Makanan Khas Metro – Sumber : Suara.com

Seruit adalah makanan khas lampung berupa ikan yang digoreng atau dibakar menggunakan bumbu bawang putih, kunyit, jahe dan garam. Dalam pengolahannya, seruit biasanya menggunakan ikan air tawar yang berukuran besar seperti ikan belida, ikan baung, ikan layis dll.

Sama seperti halnya dengan pindang khas lampung, dalam penyajiannya seruit juga menggunakan tempoyak sebagai pelengkap. Tak ketinggalan juga berbagai jenis lalapan seperti timun, kemangi, terong dan jengkol. Untuk memperoleh kenikmatan maksimal, seruit sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat dan juga sambal yang pedas.

Di kota Metro sendiri banyak sekali rumah makan yang menyajikan menu seruit sebagai salah satu hidangannya. Jadi tidak akan terlalu sulit mencari kuliner seruit di kota Metro ini.

6. Geguduh

Geguduh, Makanan Khas Metro yang gurih

Geguduh, Makanan Khas Metro yang gurih – Sumber : Travel.tempo.co

Geguduh adalah camilan tradisional khas Lampung yang memiliki cita rasa yang manis. Bahan dasar dalam pembuatan geguduh ini adalah pisang yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, selai dan juga susu.

Geguduh ini bagi masyarakat Lampung biasa dijadikan sebagai jamuan untuk para tamu dan seringkali juga dijadikan salah satu hidangan di acara-acara tertentu. Cara menikmati geguduh yang paling nikmat adalah ketika geguduh masih hangat ditambah dengan ditemani minum kopi ataupun teh.

***

Itulah tadi informasi mengenai 6 kuliner khas yang berada di kota Metro, Provinsi Lampung. Jika sedang berkunjung ke Lampung jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya cita rasa masakan khas Lampung.

Leave a Reply