Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kotabumi Kabupaten Lampung Utara

Makanan Khas Kotabumi

Mie Khodon, Makanan Khas Kotabumi Lampung Utara. Sumber : Omiyago.com

Makanan Khas Kotabumi – Kotabumi adalah sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Lampung Utara dan sekaligus menjadi ibukota bagi Lampung Utara. Kotabumi letaknya sangat strategis karena berada di tengah-tengah daerah Lampung Utara.

Kotabumi memiliki ciri khas, dimana di tempat ini berdiri 3 tugu yang berdiri di pusat kota Kotabumi. Ketiga tugu tersebut adalah Tugu Pembangunan, Tugu Payan Mas, dan Tugu Alamsyah Ratu Prawiranegara.

Selain dikenal dengan 3 tugunya yang cantik, daerah Kotabumi Lampung Utara juga terkenal dengan sajian kulinernya yang beraneka ragam. Seperti kabupaten lain di Provinsi Lampung, makanan khas yang berada di Kotabumi ini banyak jenisnya dan tidak jauh berbeda dengan kota/kabupaten lain. kuliner dan makanan khas yang ada di Kotabumi antara lain adalah :

1. Pekhos Masin Khita, Makanan Khas Kotabumi

Pekhos Masin Khita

Pekhos Masin Khita, Makanan Khas Kotabumi – Sumber : visitlampungsite.wordpress.com

Pekhos Masin Kita adalah kuliner khas atau Makanan Khas Kotabumi  Lampung Utara yang terbuat dari Gurita yang dimasak asam manis. Jika dilihat sekilas, Pekhos Masin Khita ini mirip dengan masakan pindang khas Lampung.

Bumbu yang digunakan dalam mengolah masakan ini antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas dan jahe. Kuliner ini sangat digemari oleh masyarakat Lampung Utara karena rasanya yang lezat dan istimewa.

Bagi wisatawan yang tertarik ingin merasakan kelezatan dari Pekhos Masin Khita, di Kotabumi Lampung Utara cukup banyak rumah makan yang menyediakan menu Pekhos Masin Khita.

Baca Juga ya :

2. Mie Khodon Khas Lampung

Mie Khodon Makanan Khas Kotabumi

Mie Khodon, Makanan Khas Kotabumi – Sumber : blog.omiyago.com

Mie khodon adalah sajian legendaris khas Lampung yang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Dalam proses pembuatannnya Mie Khodon ini masih menggunakan cara tradisional sehingga rasa dan tekstur yang dihasilakan tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

Yang membedakan Mie Khodon dengan olahan mie lainnya adalah Mie Khodon lebih tebal dan teksturnya lebih halus. Dalam penyajiannya, Mie Khodon biasa dibuat dengan dua cara, yaitu rebus dan goreng.

Kuliner Mie Khodon ini mudah ditemui di seluruh daerah di Lampung, termasuk di Kotabumi Lampung Utara.

3. Kue Selimpok

Kue Selimpok Makanan Khas Kotabumi

Kue Selimpok, Makanan Khas Kotabumi – Sumber : Familygoers.com

Makanan Khas Kotabumi  berikutnya adalahk ue Selimpok. Kue Selimpok merupakan jajanan tradisional khas Lampung yang biasa menjadi sajian dalam berbagai macam acara ataupun juga sebagai oleh-oleh.

Bahan dalam pembuatan selimpok ini antara lain adalah ketan, pisang ambon, santan dan gula merah yang dicampur menjadi satu adonan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah itu adonan yang sudah dibungkus daun pisang dikukus hingga matang.

Selimpok ini lebih nikmat lagi dinikmati bersama kopi khas lampung ataupun teh hangat. Di Daerah Kotabumi, Kue Selimpok ini biasa dijual di pasar tradisional ataupun di toko oleh-oleh.

4. Kerupuk Kemplang Khas Lampung

Kerupuk Kemplang Makanan Khas Kotabumi

Kerupuk Kemplang khas Kotabumi – Sumber : Majalah-holiday.com

Seperti halnya kebanyakan daerah di Provinsi Lampung, Kerupuk Kemplang pun bisa dengan mudah ditemukan di Kotabumi Lampung Utara. Banyak sekali toko oleh-oleh di Kotabumi yang menyediakan kerupuk yang diolah dengan bahan dasar ikan ini.

Dalam pembuatannya, kerupuk Kemplang Lampung ini menggunakan bahan dasar ikan belida yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu penyedap lainnya. Kerupuk Kemplang dibuat dengan cara dipanggang dan bukan digoreng, sehingga cemilan ini kadar minyaknya sangat sedikit.

Baca Juga ya :

5. Sayur Gabing, Makanan Khas Kotabumi 

Sayur Gabing, Makanan Khas Kotabumi

Sayur Gabing, Makanan Khas Kotabumi – Sumber : Resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Satu lagi Makanan Khas Kotabumi yang wajib kalian coba adalah Sayur Gabing. Gabing sendiri adalah olahan masakan berkuah yang bahan dasarnya terbuat dari batang kelapa yang masih muda. kuliner ini sekilas mirip Lodeh Rebung dari Jawa tengah yang bahan dasarnya menggunakan jantung pisang.

Untuk membuat Gabing ini boleh dibilang caranya sangat sederhana, Batang Kelapa yang sudah diiris memanjang dan cukup tipis direbus hingga teksturnya menjadi lebih empuk, setelah itu diolah menggunakan bumbu-bumbu lain sehingga rasanya akan nikmat.

Agar lebih nikmat, Gabing biasanya ditambahkan lagi berbagai macam isian, mulai dari daging ayam, ikan ataupun jamur.

6. Mie Lampung

Mie Lampung

Sumber : Pergikuliner.com

Mie Lampung adalah olahan makanan berbahan dasar mie khas Lampung yang sekilas tampilannya mirip Mie Ayam. Hanya saja ada perbedaan yang membedakan Mie Lampung dengan Mie Ayam pada umumnya, yaitu isinya. Mie Lampung biasa disajikan dengan isian mihun, kwetiaw, pangsit, bahkan tak jarang juga menggunakan nasi tim.

Kuah yang digunakan dalam Mie Lampung ini pun juga sangat gurih dan menggugah selera. Untuk membuat semakin nikmat bisa ditambahkan sambal atau kecap sesuai selera.

 **

Demikianlah tadi informasi seputar daftar kuliner dan Makanan Khas Kotabumi  yang ada di kabupaten Lampung Utara. Jika datang ke Kotabumi jangan lupa untuk mencicipi kelezatan khas kuliner Lampung yang memanjakan lidah.

Leave a Reply