6 Kuliner Dan Makanan Khas Pesawaran Lampung

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Pesawaran Lampung

Makanan Khas Pesawaran

Makanan Khas Kabupaten Pesawaran Lampung. Sumber : Sajianenak.wordpress.com

Makanan Khas Pesawaran – Kabupaten Pesawaran adalah salah satu daerah yang masuk dalam wilayah Provinsi Lampung. Kabupaten yang resmi didirikan pada 12 tahun yang lalu ini mempunyai ciri khas dari daerahnya yang memiliki kekayaan sumber daya alam pertanian, kehutanan dan perkebunan.

Selain kaya akan sumberdaya, daerah yang memiliki luas keseluruhan 117.377 Ha ini juga memiliki beragam pesona wisata wisata yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke Pesawaran. Wisata alam dan budaya banyak bertebaran di Pesawaran, begitu pula dengan wisata kulinernya.

Banyak sekali makanan khas yang bisa dieksplore di Kabupaten Pesawaran ini, berikut ini adalah informasi mengenai makanan dan kuliner khas bisa ditemukan di Kabupaten Pesawaran :

1. Keripik Nangka, Oleh-Oleh Wajib dari Pesawaran

Keripik Nangka Makanan Khas Pesawaran

Keripik Nangka, oleh2 dan Makanan Khas Pesawaran – Sumber : Cakbagus.net

Keripik nangka adalah ikon oleh-oleh khas Pesawaran yang wajib dicoba karena rasanya yang begitu nikmat dan membuat ketagihan. Rasa manis nangka yang dipadukan dengan rasa sedikit gurih dari bumbu yang digunakam menjadi perpaduan yang pas untuk dinikmati dan membuat sulit berhenti jika sudah mulai mencobanya sekali.

Di Pesawaran sendiri keripik nangka biasanya tersedia dalam 2 jenis, yaitu yang digoreng dan dioven. Untuk mendapatkan keripik nangka ini, di Pesawaran banyak sekali toko oleh-oleh yang menyediakannya. Jika berkunjung ke Pesawaran jangan lupa untuk mencicipi manisnya keripik nangka dan jangan lupa juga membelinya sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

Baca Juga ya :

2. Emping Mlinjo Khas Pesawaran Lampung

Emping Mlinjo Makanan Khas Pesawaran

Emping mlinjo, kerupuk dan Makanan Khas Pesawaran – Sumber : Korankaltim.com

Sebagai daerah yang diberkahi dengan banyak kekayaan alam pertanian dan perkebunannya, ternyata berdampak juga pada jenis ragam kuliner yang ada di Pesawaran. Salah satu hasil alam Pesawaran yang dimanfaatkan untuk dijadikan makanan khas adalah Mlinjo.

Di pesawaran, Mlinjo biasa diolah menjadi cemilan emping yang begitu lezat. Proses pembuatan mlinjo hingga menjadi Emping ini pun boleh dibilang cukup sederhana. Mlinjo yang sudah dijemur beberapa hari, kemudia di sangrai hingga kering, setelah itu mlinjo digeprek hingga bentuknya pipih dan bulat. Setelah berbentuk pipih mlinjo dijemur lagi dan setelah itu tinggal digoreng hingga matang.

Emping Mlinjo ini memiliki cita rasa gurih dengan perpaduan rasa pahit dari mlinjo. Walau begitu rasa pahit yang dihasilkan tidak terlalu dominan, dan justru membuat rasanya khas dan mambuat ketagihan. Selain gurih, emping mlinjo biasa juga disajikan dengan rasa manis.

Untuk menemukan cemilan ini, bisa didapatkan di toko oleh-oleh di Pesawaran. Biasanya ada 2 jenis tipe emping mlinjo yang dijual, yaitu yang siap makan dan yang masih mentah namun sudah dibumbui, jadi tinggal digoreng sendiri di rumah. Jadi jangan lupa yah memasukan Emping Mlinjo ini sebagai buruan cemilan atau Makanan Khas Pesawaran yang wajib dicoba.

3. Manisan Khas Pasawaran Lampung

Manisan Lampung

Manisan Pasawaran Lampung – Sumber : Makananlampung.com

Makanan khas selanjutnya yang juga masih cocok dijadikan oleh-oleh adalah manisan Lampung. Manisan Lampung ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan mulai dari pepaya, mangga, jambu, apel dan macam lainnya.

Leave a Reply