6 Kuliner dan Makanan Khas Mempawah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Mempawah

Pengkang Makanan Khas Mempawah

Makanan Khas Mempawah - Sumber: IDN Times

Makanan Khas Mempawah – Berbicara tentang kuliner dan makanan khas Mempawah tentu daerah ini mempunyai keunikan tersendiri. Kuliner dan makanan khas yang ditawarkan memang tidak berbeda jauh dengan yang ada di Kota Pontianak. Karena kedua tempat tersebut masih dalam satu pulau. Terlebih Kabupaten Mempawah pun bertetangga dengan kota Pontianak.

6 Kuliner dan Makanan Khas Mempawah

Berikut adalah 6 kuliner dan makanan khas mempawah yang harus Anda cicipi:

1. Pengkang

Pengkang

Pengkang – Kuliner dan Makanan Khas Mempawah – Sumber: IDN Times

Makanan khas Mempawah ini berbahan dasar pulutatau atau juga biasa disebut dengan beras ketan yang kemudian diberi isian berupa udang ebi. Pengkang dibungkus dengan daun pisang yang sudah di anyam bentuk kerucut dan kemudian dijepit dengan bilah bambu.

Setelah dijepit barulah pengkang di bakar di atas bara api. Pengkang mempunyai aroma keharuman yang khas karena dibungkus dan dibakar menggunakan daun pisang. Untuk melengkapi kuliner ini pengkang biasanya dihidangkan dengan sambal kepah.

Anda cukup merogoh koceng Rp. 10.000,00 saja per jepit untuk bisa menikmati pengkang. Cukup murah bukan?

2. Patlau, Makanan Khas Mempawah Yang enak

Hampir sama dengan pengkang hanya saja berbeda pada proses pembuatannya. Patlau dibuat menggunakan bahan dasar beras ketan dan dibungkus dengan daun pisang yang sudah di layukan untuk kemudian direbus.

Baca juga:

Patlau, Makanan Khas Mempawah

Patlau, Makanan Khas Mempawah – foto sinarharapan.net

Kuliner satu ini lebih nikmat jika disantap dengan rendang, sambal udang, dan opor ayam. Patlau banyak dijumpai pada saat hari raya dan pesta pernikahan. Meski begitu pada hari-hari biasa Anda tetap bisa menikmati patlau yang dijual seharga Rp. 20.000,00 per Kg.

3. Lemang

Lemang

Lemang – Kuliner dan Makanan Khas Mempawah – Sumber: Kumparan.com

Sama seperti pengkang dan patlau, lemang juga berbahan dasar beras ketan. Keunikan dari lemang yaitu dimasak dengan menggunakan bambu. Bambu yang digunakan pun bukanlah sembarang bambu. Melainkan bambu dengan ruas yang panjang namun tidak tebal.

Selanjutnya bagian dalam bambu dibersihkan dan kemudian daun pisang dimasukkan ke dalamnya dengan cara digulung. Setelah wadah siap, barulah beras ketan bersama santan dan bumbu penyedap lainnya dimasukkan ke dalam bambu tersebut. Hal terakhir yang dilakukan adalah memanggang lemang diatas perapian.

Beberapa orang lebih suka memasak lemang dengan dicampur kacang merah. Keistimewaan lemang dari segi rasa yaitu meski tanpa lauk pun rasa lemang sudah nikmat.

Namun jika dimakan bersama sambal udang atau pun sambal kepah lemang akan terasa semakin nikmat. Ketika memasuki bulan Ramadhan dan hari raya kehadiran lemang lebih mudah Anda jumpai. Lemang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 30.000,00 per potong.

4. Ikan Asam Pedas Khas Mempawah

Letak geografis yang berada di daerah pesisir membuat Mempawah terkenal dan kaya akan hasil tangkapan lautnya. Dari tangan para koki yang handal dalam memasak hasil tangkapan tersebut muncul lah berbagai macam menu kuliner khas yang lezat.

Leave a Reply