6 Kuliner dan Makanan Khas Singkawang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Singkawang

Oleh-Oleh Singkawang

Sumber: IDN Times

Makanan Khas Singkawang – Singkawang, sebuah kota yang terletak di Kalimantan Barat ini sedang menjadi  sorotan karena berbagai macam tempat wisatanya yang sangat menarik.

Kota yang dijuluki dengan nama Kota Seribu Klenteng ini dihuni oleh sebagian besar masyarakat Tionghoa, sehingga makanan-makanan yang ada di sini memiliki perpaduan citarasa tradisional khas Indonesia dan China yang beitu kental.

Berikut 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Singkawang

1. Limun Khas Singkawang

Minuman Singkawang

Limun – Sumber: GoTravelly

Limun merupakan minuman khas daerah Singkawang. Minuman ini berada pada kedai Mie Tiaw Asu. Ketika cuaca panas dan haus, Minuman limun yang dikemas di botol kaca ini bisa menjadi minuman segar untuk mengobati dahaga Anda. Harganya pun cukup murah, sekitar Rp. 9000,00 per botol. Limun memiliki tiga varian rasa yaitu rasa jeruk, pisang ambon, dan juga sarsaparila.

2. Mie Tiaw Asu

Kuliner Tionghoa tak akan terlepas dari yang namanya mie. Meski namanya mie tiaw asu, bukan berarti mie dimasak atau pun dicampur asu (anjing). Jadi tenang saja karena 100% halal. Mie yang digunakan pada kuliner ini merupakan perpaduan dari mie kuning dan kwetiau dengan tekstur yang agak tipis dan pipih.

Baca Juga ya :

Mie Tiaw Asu, Makanan Khas Singkawang

Mie Tiaw Asu, Makanan Khas Singkawang yang lezat – foto gotravelly.com

Makanan Khas Singkawang ini berbahaan dasar Mie yang ditumis dengan campuran sayuran, tauge, daging ayam, daging sapi, dan seafood. Yang membuat mie tiaw asu unik yakni disajikan dengan perasan jeruk kunci/ jeruk limau yang telah berwarna kuning pada bagian dalamnya.

Nama kedai mie tiaw asu berasal dari kata ‘asuk’ yang dalam bahasa Singkawang artinya Paman. Silakan berkunjung ke Jalan Yos Sudarso jika penasaran dengan rasanya.

3. Choi Pan, Makanan Khas Singkawang yang Nikmat

Oleh-Oleh Singkawang

Oleh-oleh Singkawang – Sumber: IDN Times

Ingin menyantap camilan enak yang tidak bisa dijumpai di daerah lain? Anda bisa menyantap choi pan yang tampilannya sekilas mirip dengan dimsum. Adonan kulit choi pan terbuat dari tepung beras sementara isiannya terbuat dari irisan bengkoang tipis yang dicampur dengan daging ayam, ikan, udang, atau babi.

Baca juga:

Setelah direbus, bagian atasnya diberi taburan bawang putih goreng untuk menambah citarasa. Santap choi pan dengan saus sambal atau cocola kecap asin yang diberi bubuk cabai kering. Jika ingin membeli choi pan yang berlabel halal Anda bisa menuju kedai Choi Pan yang ada di Jalan Budi Utomo Nomor 38. Kedai milik keluarga Tjhia ini cukup legendaris.

4. Rujak Ebi Khas Singkawang

Rujak ebi adalah Makanan Khas Singkawang lainnya yang sangat enak disantap saat cuaca sedang terik. Layaknya rujak biasa, rujak ebi terbuat dari aneka macam buah-buahan tropis seperti mangga muda, pepaya muda, jambu merah, kedondong, bengkoang, dan mentimun.

Baca Juga ya : Inidia 6  Tempat Wisata di Sanggau  yang bisa kalian kunjungi

Rujak Ebi Khas Singkawang

Rujak Ebi Khas Singkawang

Buah-buahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang dihaluskan bersama dengan cabai rawit. Yang membedakan rujak ebi dengan rujak lainnya adalah pada rujak ebi diberi taburan ebi parut di atasnya. Sehingga citarasa rujak ebi berpadu antara asam, segar, manis, pedas, dan asin.

Jika penasaran dengan rujak ini, Anda bisa mencicipinya langsung di kedai favorit para wisatawan yang berada di Jalan Muslimin Ismail Nomor 8.

5. Bubur Pekong

Makanan Khas Singkawang

Makanan Khas Singkawang – Sumber: IDN Times

Tak mau ketinggalan dengan kuliner lainnya, Bubur Pekong juga merupakan salah satu Makanan Khas Singkawang yang tak boleh terlewatkan saat berada di Kota Singkawang. Anda dapat menikmati lezatnya bubur pekong di Jalan Selatan Karman, pusat Kota Singkawang. Tepatnya di belakang Viraha Tri Dharma Bumi Raya.

Di warung ini bubur diracik dengan irisan daging sapi dan ikan teri goreng, emping, lokal, kacang goreng, dan daun bawang. Kemudian kesemuanya diguyur dengan kaldu daging sapi.

6. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Bagi Anda para pecinta bakso, haram hukumnya jika tidak mengunjungi tempat makan khas Singkawang satu ini. Berada di Jalan Pangeran Diponegoro No. 68, bakso sapi bakmi ayam 68 adalah bakso favorit masyarakat lokal maupun luar daerah.

Makanan Khas Singkawang

Makanan Khas Singkawang- Sumber: travecation

Tempat makan yang selalu penuh dan antrian yang panjang seakan menjadi ciri khas tempat makan ini. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 terkenal dengan tekstur daging yang lembut. Tidak hanya itu, kuah baksonya juga sangat gurih dan membuat ketagihan. Untuk harga dibandrol mulai dari Rp. 16.000,00 saja per porsi.

Dibalik keindahan alamnya, ternyata Singkawang memiliki berbagai kuliner dan makanan khas yang tentu rasanya sangat unik dan lezat. Belum lengkap kegiatan melancong Anda di kota 1000 Klenteng ini jika tidak dibarengi dengan mencicipi kuliner khas yang ada.

Leave a Reply