Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu

Makanan Khas Putussibau

Kerupuk Basah, Makanan Khas Putussibau -sumber: kompas.com

Makanan Khas Putussibau – Kapuas Hulu yang beribukota di Putussibau ini terdapat di Provinsi Kalimantan Barat. Putussibau adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia. Putussibau juga sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu berbatasan langsung dengan Malaysia ini, memang terkenal dengan kuliner dan makanan khasnya yang nikmat. Oleh karena itu, apabila kalian liburan ke daerah Kapuas Hulu khusunya ke kota Putussibau,  jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kulinernya yang cocok di lidah orang Indonesia.

Makanan Khas Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan hal apa saja dan apa saja Makanan Khas Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu yang wajib kalian cicipi.

1. Mie Kepiting Khas Kapuas Hulu

Mie Kepiting, Makanan Khas Putussibau

Kuliner Mie Kepiting, Makanan Khas Putussibau – sumber: Lancangkuning.com

Tidak hanya di Pontianak saja yang terkenal dengan kuliner mie kepitingnya. Namun, kalian juga bisa menikmati kuliner lezat ini di daerah Kapuas Hulu.

Mie Kepiting yang menjadi Makanan Khas Putussibau ini memiliki ciri khas tersendiri yakni olahan mie yang dicampur dengan tambahan seafood atau makanan laut seperti ikan, udang, kepiting dan sayuran kecambah.

Makanya kalau kalian liburan ke Kalimantan Barat, jangan lupa mampir Ke kabupaten Kapuas Hulu untuk icip-icip mie kepitingnya yang dijamin lezat.

2. Kerupuk Basah, Makanan Khas Putussibau

Kerupuk Basah, Makanan Khas Putussibau

Kerupuk Basah, Makanan Khas Putussibau – sumber: Beri.web.id

Nah, ini adalah salah satu kuliner khas dari Kapuas Hulu dan seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang juga masuk kedalam daftar Makanan Khas Putussibau yang wajib kalian coba.

Ya, kerupuk basah adalah makanan camilan yang terbuat dari daging ikan tawar atau ikan tenggiri. Meskipun dinamai kerupuk basah, tetapi kerupuk ini memiliki tekstur yang kering dan garing mirip dengan pempek atau siomay.

Bahan dasar untuk membuat kerupuk basah ini pun mudah didapatkan antara lain tepung kanji, bawang putih, air, daging ikan tawar atau ikan tenggiri, bawang merah dan bawang putih, cabe, dan juga garam.

Makanan Khas Putussibau

Kerupuk Basah, Makanan Khas Putussibau -sumber: kompas.com

Secara umum kerupuk basah ini dikonsumsi sebagai cemilan dengan dicampur sambal atau cabai. Makanan kerupuk basah ini rasanya bisa dijadikan oleh-oleh buat kalian yang jalan-jalan ke daerah Kapuas Hulu.

Harga satu porsi atau satu batang kerupuk basah ini cukup terjangkau. Kalian cukup membayar 10.000-15.000 tergantung rasa dan ukuran.

Kuliner Kerupuk Basah ini berada di kota Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Namun, kalian juga bisa menemukan kuliner ini di kabupaten lain seperti Sintang, Sekadau dan Sanggau.

Kemudian salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk menyantap kerupuk basah jika liburan ke Kalimantan Barat ada di Jalan Yos Sudarso, persis di sebelah Hotel Sanjaya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Baca juga ya :

3. Bubur Pedas

Bubur Pedas, Makanan Khas Putussibau

Bubur Pedas, Makanan Khas Putussibau – sumber: Beri.web.id

Selain Kota Flores yang punya kuliner bubur jagung bose nya. Di Kapuas Hulu juga ada kuliner bubur dengan cita rasa manis, asin dan lumayan pedas. Kuliner bubur pedas ini terbuat dari bahan-bahan seperti beras, ikan goreng, sayur-sayuran, ikan teri goreng dan juga kacang.

Proses membuatnya pun cukup gampang yaitu tumbuk beras dan lalu dioseng. Setelah matang, campurkan dengan berbagai sayuran yang cocok dan jangan lupa tambahkan ikan teri serta kacang.

Bagi kalian penyuka makanan pedas, wajib deh untuk mencicipi kuliner bubur pedas yang mirip seperti perpaduan antara sup dan juga bubur. Bubur Pedas juga menjadi salah satu Makanan Khas Putussibau yang sayang untuk kalian lewatkan.

4. Ikan Asin

Ikan Asin, Makanan Khas Putussibau

Ikan Asin, Makanan Khas Putussibau – sumber: info.kapuashulukab.go.id

Ikan Asin ini adalah makanan favorit masyarakat di Kapuas Hulu untuk dijadikan lauk.Ikan asinnya sendiri pun terbuat dari berbagai jenis, mulai dari ikan asin poja, ikan salai, dan ikan belatik dan pekasam ikan.

Olahan makanan ikan asin sudah dibungkus dalam kemasan, sehingga bisa menjadi buah tangan bagi kalian yang liburan ke tempat ini. Tak heran jika disepanjang toko oleh-oleh banyak sekali yang menjual ikan asin sebagai buah tangan.

5. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang, Makanan Khas Putussibau

Kerupuk Amplang, Makanan Khas Putussibau -sumber: Bobo.grid.id

Kalau tadi ada kerupuk basah nah ada juga Makanan Khas Putussibau  yang berupa kerupuk yakni kerupuk amplang. Rasa kerupuk ini gurih dan renyah serta cocok dijadikan camilan maupun lauk teman makan nasi.

Kerupuk amplang ini terbuat dari daging ikan, bisa menggunakan ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih), yang kemudian diolah menjadi camilan kering. Untuk varian rasanya ada yang manis dan juga pedas loh.

6. Lempuk Durian

Lempuk Durian, Makanan Khas Putussibau

Lempuk Durian, Makanan Khas Putussibau -sumber: kalbar.antaranews.com

Lempuk durian juga salah satu Makanan Khas Putussibau atau makanan khas dari Kapuas Hulu. Makanan ini terbuat dari tepung yang diolah dengan durian dan gula.
Rasa makanan ini sudah pasti memiliki tekstur manis dan khas durian yang nikmat.

Sumber: Kompas.com, kalbar.antaranews.com, lancangkuning.com

Leave a Reply