Masjid

Inilah 10 Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – Tidak sekadar menjadi rumah ibadah, keberadaan masjid di sekitar kita merupakan sebuah penanda akan kebesaran sang Khalik bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain itu juga, bangunan masjid yang dapat kita temukan menggambarkan bahwa masyarakat yang memeluk agama Islam memiliki pengetahuan serta teknik yang mumpuni dalam bidang arsitektur.

Pengetahuan dan teknik tersebut dibuktikan melalui banyaknya rancangan masjid yang tidak hanya megah dan indah, namun juga memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri tergantung lokasi dan budaya masyarakat sekitarnya. Tak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia, masjid tidak hanya digunakan oleh masyarakatnya untuk beribadah, bersujud, dan mengagumi sang penciptanya. Masjid juga kerap jadi tempat umat muslim belajar memperdalam ilmu agama mereka dengan digelarnya kajian-kajian agama Islam, tempat anak-anak belajar mengaji, bahkan dijadikan tempat untuk bersilaturahmi sekaligus merayakan hari-hari besar menurut kalender Islam.

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta – wikipedia.org

Menurut penelitian sejarah, agama Islam baru masuk ke Indonesia di sekitar abad ke-12 dan mulai tersebar luas ke pelosok Nusantara hingga abad ke-16. Rancangan bangunan masjid pada masa penyebaran Islam di Tanah Air sudah memiliki gambaran yang megah. Gambaran tersebut hadir karena pada saat itu, gagasan bangunan masjid memang diinisiasi oleh kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Oleh karena itu, megah dan luasnya bangunan masjid pada masa tersebut juga menggambarkan betapa besar pengaruh suatu kerajaan Islam di satu daerah. Salah satunya yang kita ketahui adalah Kerajaan Samudra Pasai sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia.

6 Daftar masjid terbaru dan termegah di Indonesia

Sejak dari ajaran agama Islam masuk pertama kali di Indonesia hingga saat ini desain masjid-masjid di Indonesia pun mengalami perkembangan yang tidak hanya membuatnya jadi lebih indah dan modern, namun juga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata religi. Berikut adalah enam masjid terbaru dan termegah di Indonesia.

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – ganaislamika.com

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia yang pertama adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Mulai dari namanya saja, kita mengetahui bahwa kehadiran masjid ini mewakili seluruh masyarakat muslim di Provinsi Sumatera Barat. Oleh karena itu, desain masjid ini haruslah megah dan menggambarkan budaya serta adat di sana.

Masjid Raya Sumatera Barat baru rampung pada awal Januari tahun 2019 lalu ini memiliki tiga lantai dan mampu menampung hingga 6.000 jamaah. Keunikan masjid ini juga terlihat dari tidak adanya kubah yang melengkapi desainnya. Namun atap masjid ini didesain mengikuti bentuk rumah adat Sumatera Barat.

2. Masjid Raya Asmaul Husna, Gading Serpong

Inilah 10 Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia 1

Masjid Raya Asmaul Husna, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – masjidasmaulhusna.com

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Raya Asmaul Husna. Eksterior masjid yang baru diresmikan pada 2013 silam ini didesain agar masyarakat muslim di sekitar selalu mengingat dan meyakini kebesaran Allah SWT.

Dinding eksterior Masjid Raya di Gading Serpong tersemat lafaz Asmaul Husna, oleh karena itu masjid ini dinamakan Masjid Raya Asmaul Husna. Memiliki bangunan seluas 2.500 meter persegi, masjid ini memiliki bentuk kubah yang unik. Kubah pada masjid ini memiliki bentuk lengkungan yang tipis dan menjorok ke arah belakang masjid.

3. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid 99 Kubah, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia 

Masjid 99 Kubah, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia  –  travellink-indonesia.com

Dari namanya saja, Anda akan dapat mengetahu betapa besar dan megahnya masjid di Makassar ini. Masjid dengan 99 kubah ini menambah daftar masjid terbaru di Indonesia. Masjid yang baru selesai pembangunannya pada tahun 2019 ini memiliki desain yang unik yang tampak dari luar.

Namun keunikan tersebut tidak hanya berhenti di situ. Berada di kawasan reklamasi, Center Point of Indonesia, jika dilihat dari sisi pantai, masjid ini seakan berada mengapung di atas permukaan laut. Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia ini juga sering jadi objek fotografi karena indahnya bias matahari terbenan yang berpadu manis dengan warna oranye pada bangunannya.

4. Masjid Al Birru Pertiwi, Bojonegoro

Inilah 10 Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia 2

Masjid Al Birru Pertiwi, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia  – jurnaba.co

Menjadi masjid termegah di Bojonegoro dan juga menjadi Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia , Masjid Al Birru Pertiwi berdiri atas inisiasi dari seluruh anggota keluarga keturunan almarhum Santoso Hardjosuwito yang merupakan mantan Kepala Desa Karangsono di Bojonegoro.

Menurut keluarga, masjid ini didirikan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada seluruh anggota keluarganya. Masjid yang baru diresmikan tahun 2014 silam ini menggabungkan ornamen natural seperti bata ekspos dengan gaya arsitektur modern.

5. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid Amirul Mukminin, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Amirul Mukminin, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – madaninews.id

Masjid Amirul Mukminin atau yang lebih dikenal dengan Masjid Terapung oleh warga Makassar ini menjadi salah satu masjid termegah dan terbaru di Indonesia. Rampung di tahun 2018, desain arsitektur masjid ini sangatlah terkesan modern melalui palet abu-abu dan putih yang teraplikasi pada eksteriornya.

Ornamen dua kubah dengan motif mozaik pada atap masjid juga membuatnya lebih mempesona apalagi saat terkena bias matahari. Berada di kawasan wisata Pantai Losari, tak heran banyak orang sering mengabadikan momen dan mengapresiasi keagungan masjidnya dengan mengambil foto. Selain itu, masjid ini juga menjadi masjid apung pertama yang ada di Indonesia.

6. Masjid Al Irsyad, Bandung

Inilah 10 Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia 3

Masjid Al Irsyad, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – wikipedia.org

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia selanjutnya adalah Dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Masjid ini dirancang dengan bentuk kubus besar layaknya kubah masjid modern di Arab Saudi.

Masjid Al Irsyad Diresmikan pada tahun 2010, masjid ini juga mendapatkan penghargaan sebagai masjid terindah di dunia hanya selang beberapa bulan dari waktu peresmiannya. Masjid Al Irsyadini juga digadang-gadang memiliki desain yang ramah lingkungan. Hal tersebut terlihat melalui dinding yang berlubang untuk membuat sirkulasi udara dan pencahayaan matahari dapat masuk ke dalam secara maksimal.

7. Masjid Namira Lamongan

Setelah masjid Kubah Emas yang beberapa tahun lalu menjadi destinasi wisata religi para pengunjung. Kini, pengunjung mulai menjajal destinasi wisata religi yang terbilang masih baru bernama Masjid Namira yang letaknya di kota Lamongan, Jawa Timur. Masjid Namira juga menjadi salah satu Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia.

Masjid Namira Lamongan, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Megahnya Masjid Namira Lamongan – Sumber : instagram matajawatimur

Konon masjid ini sangat megah bak Masjidil Haram yang ada di kota Mekkah. Inilah beberapa informasi terkait Masjid Namira Lamongan yang akan membuat Anda takjub.

Masjid Namira didesain dengan konsep minimalis baik dari luar maupun di dalam masjid yang dimiripkan dengan Masjidil Haram yang ada di Makkah. Masjid ini memiliki atap berbentuk kubus dengan dilengkapi tiga kubah berwarna emas di atasnya.

8. Masjid Ar Rahman Blitar

Masjid Ar Rahman Blitar, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Masjid Ar Rahman Blitar, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – foto mayagkaranesw

Jika kamu memiliki rencana untuk mengunjungi Blitar dalam waktu dekat maka sempatkanlah untuk mengunjungi Masjid Ar Rahman Blitar. Banyak yang mengatakan bahwa masjid yang baru diresmikan 25 Desember 2019 ini merupakan prototype dari Masjid Nabawi di Madinah, Arah.

Masjid Ar Rahman Blitar ini merupakan representasi dari Masjid Nabawi di kota Madinah. Dimana salah satu alasan dibangunnya Masjid ini adalah harapan bisa menciptakan kehidupan yang harmonis di kota Blitar sama seperti kehidupan di kota Madinah.

Masjid Ar Rahman Blitar menjadi sebuah ruang khusus sekaligus juga akan menjadi pusat dari Islamic Center atau menjadi pusat kegiatan literasi agama Islam khususya di kota Bersejarah ini. Pesona dan kemegahanya menjadikan Masjid Ar Rahman Blitar sebagai salah satu Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia.

9. Masjid Agung Al-Falah Batulicin

Masjid Agung Al-Falah Batulicin juga masuk kedalam list Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia. Masjid Agung Al-Falah Batulicin adalah sebuah masjid yang terletak di kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Masjid Agung Al Falah Batulicin

Masjid Agung Al Falah Batulicin – ig @gustiverra

Masjid Agung Al-Falah Batulicin dibangun sejak bulan April 2014 ini mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah dengan menggabungkan beberapa unsur daerah Kalimantan Selatan di interiornya.

Masjid Agung Al-Falah Batulicin didirikan di atas tanah seluas 1,6 hektare ini mampu menampung ribuan jamaah dengan kapasitas parkir untuk roda empat sekitar 100 unit sementara untuk kendaraan roda dua 150 unit.

Kawasan parkir ditata secara terpisah antara motor dan mobil, agar memperlancar akses keluar masuk kendaraan. Pada 18 Maret 2016, Masjid Agung Al-Falah diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia H.M. Hatta Ali.

10. Masjid Oesman Al-Khair, Sukadana Kalbar

Masjid Oesman Al-Khair

Masjid Oesman Al-Khair, Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia – foto kataomed.com

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia adalah Masjid Oesman Al-Khair. Masjid Apung Oesman Al-Khair ini berada Jl. Kota Karang, Sutera, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat  atu tepatnya di pusat kota Sukadana Ibu kota Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat Indonesia.

Masjid Oesman Al-Khair dibangun dan berdiri megah seluas 50×50 meter. Masjid yang dapat menampung hingga 3.000 jamaah itu memiliki interior bergaya Maroko. Kaligrafi di dalam masjid diukir oleh Imam Masjid Agung Yogyakarta. Salah satu Akses darat menuju Masjid Oesman bisa ditempuh sejauh 80 kilometer dari Bandara Rahadi Oesman Ketapang atau Bisa juga dengan perjalanan laut selama 6 jam dari Pontianak.

Leave a Reply