Alam, Air Terjun, Desa Wisata, Masjid

5 Wisata di Kota Kudus yang Membuat Takjub

Kawasan Wisata Colo Kudus

Kawasan Wisata Colo Kudus - foto idetrip.com

Wisata di Kota Kudus – Siapa yang tidak tahu Kudus? Terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara kota Semarang dan kota Surabaya, kabupaten Kudus menyimpan keindahan alam yang tentunya akan membuat kamu takjub saat kamu kunjungi.

1.  Wisata Colo Kudus

Colo Kudus, Wisata di Kota Kudus

Colo Kudus, Wisata di Kota Kudus – Sumber: Antara/YusufNugroho

Wisata di Kota Kudus yang pertama yang bisa klain kunjungi adalah Kawasan Colo Kudus. Kawasan ini memperlihatkan panorama alam yang sangat indah. Dari pusat kota Kudus, jalan terus ke arah utara, menaiki kawasan pegunungan Muria, dan memasuki Dusun Colo Kecamatan Dawe Kudus.

Dengan total perjalanan yang menempuh 18 km ini, kamu dijamin tidak akan menyesal dengan pemandangan hijau asri nan luas yang disuguhkan tempat ini. Di kawasan wisata ini, terdapat Makam Pahlawan Sunan Muria yang sangat populer. Selain wisata religi, banyak yang datang untuk berziarah.

2. Air Terjun Montel dan Air Terjun Gonggomino 

Air Terjun Montel, wisata di kota Kudu

Air Terjun Montel, wisata di kota Kudu  – Sumber: Rylif Kanza

Wisata di Kota Kudus selanjutnya masih berada di kawasan Colo Kudus. Jangan lupa untuk mampir ke wisata air terjun yang sangat indah. Pilihan pertama ada Air Terjun Montel.  Lokasinya ada di sebelah utara Makam Sunan Muria, tepat di kaki Gunung Muria.

Karena lokasinya dikaki gunung sehingga tempat air terjun ini sangat sejuk dan menyegarkan. Harga tiket masuk air terjun Montel ini  sebesar Rp 7.500,-. Fasilitas yang tersedia di sini memadai, di mana ada mushola, tempat parker, warung makan, dan kios oleh-oleh.

5 Wisata di Kota Kudus yang Membuat Takjub 1

Air Terjun Gonggomino – Sumber: Won Nisya

Air terjun Gonggomino bisa jadi pilihan selanjutnya untuk wisata air di kawasan Colo. Jarak dari Air Terjun Montel ke Gonggomino cukup dekat, hanya 1,2 kilometer. Lokasinya berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Dengan merogoh Rp 5.000,- untuk tiket masuk, kamu sudah bisa menikmati air terjun yang jernih dan menyegarkan ini, dan tentunya, kamu akan dibuat lupa waktu saat main air di sini bersama keluarga/teman.

Baca Juga ya :

3. Menara Pisang Sardi Park

Menara Pisang Sardi Park, Tempat wisata di Kota Kudus

Menara Pisang Sardi Park, Tempat wisata di Kota Kudus – Sumber: sanjayatour.com

Menara Pisang Sardi Park menjadi Tempat wisata di Kota Kudus selaanjutnya yang bisa kalian kunjungi. Jika kalian ingin bersantai sambil menikmati indahnya alam? Menara Pisang akan menjadi tempat yang tepat. Menara Pisang ini berlokasi di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Tempat ini menjadi tempat nongkrong muda-mudi yang sedang hits.

Ada gazebo yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong dan berfoto. Selain itu, kamu juga bisa bermain outbond, bahkan camping, ketika kamu ingin melepaskan penat bersama para kerabat. Dijamin, rasa takjub dan lega akan didapatkan saat berkunjung ke tempat ini.

4. Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus, Tempat wisata di kota kudus

Gray Canyon Kudus, Tempat wisata di kota kudus – Sumber: explorekoedoes.blogspot.com

Terletak di Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Gray Canyon ini bukanlah tempat wisata pada awalnya. Tempat ini terbentuk dari aktivitas penambangan bahan galian C. Tempat ini menjadi  populer sejak tahun 2010 ketika dijadikan tuan rumah sirkuit offroad tingkat nasional.

Tidak perlu sampai ke luar negeri, kamu bisa langsung ke sini untuk berfoto di tempat wisata yang mirip dengan Grand Canyon di Arizona. Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa dan akhir pekan. Harga tiket masuk Gray Canyon adalah Rp 5.000,-

5. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus, Tempat wisata di kota Kudus yang paling bersejarah

Masjid Menara Kudus, Tempat wisata di kota Kudus yang paling bersejarah – Sumber: pegipegi.com

Dikenal sebagai kota Santri, Masjid Menara Kudus menjadi tempat wisata terakhir yang akan membuatmu takjub karena konstruksinya yang unik dan berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Masjid Menara Kudus ini dibuat dari tumpukan batu bata yang beratap kayu dengan bentuk limas segiempat.

Di sini, kamu bisa melakukan wisata religi dengan berziarah makam Sunan Kudus yang sakral. Berlokasi di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, tepatnya di depan Masjid Al-Alqsha, kamu akan bisa mendengar panggilan sholat saat tiba waktunya. Keindahan dan sejarahnya menjadikan Masjid Menara Kudus sebagai salah satu Tempat wisata di kota Kudus yang harus dikunjungi.

Leave a Reply