Daftar Wisata, Masjid

6 Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia

Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia

Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia - https://situsbudaya.id

Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia – Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, kehadiran masjid di Indonesia menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai tempat ibadah dan juga menjadi landmark bagi sebuah kota atau daerah, keberadaan masjid di Tanah Air juga digunakan sebagai penanda dari pusat peradaban manusia hingga saat ini.

Hal yang sering ditemukan adalah fungsi masjid yang digunakan sebagai tempat solutif dalam memperdalam ilmu agama melalui kajian-kajian yang kerap diadakan.

Dengan peradaban masyarakat yang terus berkembang dari dulu hingga kini, oleh karena itu pembangunan masjid di Indonesia pun tidak luput dari sisi sejarahnya. Terutama saat Islam pertama kali tersiar melalui Kerajaan Samudra Pasai, sebagaimana yang dicatatkan oleh sejarah.

Agar menambah ilmu mengenai Islam di Indonesia, berikut adalah daftar enam masjid paling bersejarah yang berdiri di Indonesia.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia

Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia -duniamasjid.org

Siapa yang tidak kenal Masjid Istiqlal. Selain Monumen Nasional (Monas), Jakarta memiliki ikon atau landmark lainnya yang dikenal hingga kalangan mancanegara, yaitu Masjid Istiqlal. Masjid ini digagas oleh presiden pertama RI, Ir. Soekarno dan mulai dibangun empat tahun setelah proklamasi kemerdekaan Indonesa disiarkan, yaitu pada tahun 1949.

Menggandeng arsitek, Friedrich Silaban, Masjid Istiqlal mampu menampung hingga 200 jamaah. Uniknya lagi, lokasi masjid ini juga besebrangan dengan Gereja Katedral di Jakarta.

2. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Masjid agung Demak, Masjid Paling Bersejarah Di Indonesia

Masjid agung Demak, Masjid Paling Bersejarah di Indonesia – Apopbela.com

Masjid Masjid Paling Bersejarah di Indonesia lainnya adalah Masjid Agung Demak yang ada di Jawa Tengah. Menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Tanah Air, masjid ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya para Wali Songo dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di Pulau Jawa.

Masjid ini pertama kali berdiri di abad ke-15 atau pada tahun 1474 dan didirikan atas instruksi Raden Patah dari Kesultanan Demak pada saat itu.

Baca Juga ya :

3. Masjid Wapauwe, Ambon

Masjid Wapauwe, Masjid Paling Bersejarah di Indonesia

Masjid Wapauwe, Masjid Paling Bersejarah di Indonesia – kebudayaan.kemdikbud.go.id

Beralih ke Indonesia bagian timur, berdiri sebuah masjid yang tertua, bersejarah, serta unik bernama Masjid Wapauwe. Berlokasi di Ambon, masjid ini dinilai unik karena pada saat perancangannya tidak menggunakan paku sama sekali.

Untuk menyambungkan setiap elemen bangunan, masjid ini hanya menggunakan pasak kayu sehingga memudahkan saat perlu dipindah-pindah untuk keperluan pemugaran. Masjid ini juga dikenal sebagai pusat penanda masuknya ajaran agama Islam di Maluku dan berdiri pada tahun 1414.

4. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Masjid Paling Bersejarah di Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman,Masjid Paling Bersejarah di Indonesia – wikipedia.org

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh pertama kali berdiri di tahun 1612. Sebelum difungsikan sebagai rumah ibadah, masjid ini dulunya merpakan benteng pertempuran yang digunakan untuk melawan pergerakan militer Belanda pada saat zaman penjajahan. Masjid Raya Baiturrahman di Aceh juga menjadi salah satu Masjid Paling Bersejarah di Indonesia.

Pada zaman tersebut, bangunan ini pun sempat dibakar, namun akhirnya dibangun kembali oleh pihak Belanda sebagai bentuk permintaan maaf sekaligus untuk meredam amarah masyarakat Aceh. Oleh karena itu, masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat kuat bagi masyarakat di kawasan tersebut.

5. Masjid Cut Meutia, Jakarta

Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia – indonesia.go.id

Masjid Paling Bersejarah di Indonesia lainnya adalah Masjid Cut Meutia yang ada di Jakarta. Sebelum difungsikan sebagai tempat ibadah, Masjid Cut Meutia mengalami perubahan fungsi bangunan beberapa kali dalam sejarahnya. Berlokasi di Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan pada zaman kolonial Belanda, bangunan ini pernah dioperasikan sebagai kantor pos dan perusahaan kereta Api.

Lalu setelah Belanda terusir dari Tanah Air, bangunan ini lalu berubah menjadi kantor Angkatan Laut Jepang pada masanya. Baru pada tahun 1987, Gubernur Jakarta pada saat itu, Ali Sadikin, meresmikan bangunan ini menjadi salah satu masjid terbesar di Jakarta.

6. Masjid Agung Banten, Banten

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten – wikipedia.org

Salah satu masjid tertua dan merupakan Masjid Paling Bersejarah di Indonesia lainnya dapat di temukan di Provinsi Banten. Masjid Agung Banten pertama kali dibangun pada tahun 1552 di bawah instruksi pimpinan kerajaan pada saat itu, Sultan Maulana Hasanuddin.

Berlokasi 10 kilometer di bagian utara kota Serang, masjid ini memiliki ciri khas yang dapat ditemukan pada bangunan utamanya. Atap bangunan utama masjid ini memiliki konfigurasi bertumpuk lima yang sekilas mirip dengan atap yang ditemukan di berbagai desain pagoda Cina.

Dengan bentuk geografis Indonesia luas serta terbagi menjadi kepulauan, tentu masih banyak lagi masjid-masjid bersejarah yang dapat ditemukan di kawasan lainnya dan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat setempat.

Leave a Reply