City Tour, Masjid, Uncategorised

Masjid Namira Lamongan, Megah dan Mengispirasi

Masjid Namira Lamongan

Megahnya Masjid Namira Lamongan - Sumber : instagram matajawatimur

Masjid Namira Lamongan, Megah dan Mengispirasi

Setelah masjid Kubah Emas yang beberapa tahun lalu menjadi destinasi wisata religi para pengunjung. Kini, pengunjung mulai menjajal destinasi wisata religi yang terbilang masih baru bernama Masjid Namira yang letaknya di kota Lamongan, Jawa Timur.

Konon masjid ini sangat megah bak Masjidil Haram yang ada di kota Mekkah. Inilah beberapa informasi terkait Masjid Namira Lamongan yang akan membuat Anda takjub.

Masjid Namira Lamongan

Megahnya Masjid Namira Lamongan – Sumber : instagram matajawatimur

Keunikan Arsitektur  Masjid Namira Lamongan

Penamaan Namira pada masjid yang didirikan di Lamongan ini diadaptasi dari nama salah satu masjid yang berada di Padang Arrafah. Pendiri masjid mengambil lokasi pendirian masjid pada area persawahan sehingga menampakkan kesan yang asri, tenang dan sejuk.

Selain pemilihan tempatnya yang strategis, Masjid Namira Lamongan terkenal karena keunikan arsitektur masjid yang megah dan menginspirasi.

Menurut pengakuan dari Ahrian Saifi yang merupakan takmir masjid Namira, masjid ini memang dibangun mirip dengan Masjidil Haram baik arsitektur, kiswah, aroma dalam masjid untuk memfasilitasi pengunjung yang masih belum diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Tanah Suci, Makkah.

Masjid Namira Lamongan

Aula Masjid Namira Lamongan – Sumber : gosumbar

Masjid Namira didesain dengan konsep minimalis baik dari luar maupun di dalam masjid yang dimiripkan dengan Masjidil Haram yang ada di Makkah. Masjid ini memiliki atap berbentuk kubus dengan dilengkapi tiga kubah berwarna emas di atasnya.

Kubah ini menambah kesan megah pada eksterior masjid. Sama seperti pada masjid lainnya, kubah ini terbuat dari beton yang mempunyai kualitas dan ketahanan yang bagus.

Pada dinding masjid diberikan ventilasi dengan bentuk ukiran yang unik guna menjaga sirkulasi udara dalam masjid tetap terjaga. Nampak juga taman yang ditata apik dan berada pada luar masjid. Selain taman, juga terdapat kolam ikan yang semakin menambah kesan asri pada Masjidil Haram dari Lamongan ini.

Masjid Namira Lamongan

Kolam Ikan di Masjid Namira Lamongan -Sumber : instagram fandaputry

Bagian dalam masjid tidak diberikan tiang penyangga yang menambah kesan luas masjid seluas 2,7 hektar ini. Suasana islami juga semakin terasa dengan adanya tulisan kaligrafi dengan lafal Allah yang ditulis dengan menggunakan aksen emas pada dinding atap.

Masjid Namira Lamongan

Taman Bunga yang asri di Masjid Namira Lamongan -Sumber : inibaru

Beralih ke area tempat wudhu yang masih menampakkan kemegahan masjid dari Lamongan ini. Sebelum masuk ke tempat wudlu, pengunjung bisa membaca informasi dan agenda pada Masjid Namira yang tertera di layar LED pada dinding luar masjid.

Bagian dalam tempat wudlu, didesain dengan desain yang juga minimalis. Dinding tempat wudlu didominasi oleh keramik bercorak marmer yang sangat bersih. Disediakan juga kursi permanen dan pijakan kaki pada tempat wudlu yang untuk mempermudah jamaah dalam berwudlu.

Fasilitas Masjid Namira Lamongan

Pertama menginjakkan kaki ke halaman parkir, Anda akan dibuat takjub dengan tempat parkir yang luas dan selalu terjaga keasriannya. Tak sampai disitu, saat masuk ke dalam masjid, nampak kiswah dengan ukuran besar yang diletakkan di depan mihrab imam.

Menurut kabar, kiswah ini didatangkan langsung dari Masjidil Haram. Kiswah tersebut terlihat kokoh dan sekelilingnya dilindungi kaca. Saat berada di dalam Masjid Namira Lamongan, pengunjung juga akan mencium aroma khas Mekkah yang mungkin dirindukan beberapa orang akan Baitullah.

Masjid Namira Lamongan

Kiswah Masjid Namira yang didatangkan dari Makkah – Sumber : regional.kompas

Fasilitas lain yang diberikan untuk para pengunjung adalah tempat duduk dan kursi roda untuk jamaah yang memiliki keterbatasan untuk melakukan shalat dengan berdiri.

Baca Juga : Rekomendasi Lokasi Bulan Madu Romantis di Jogja

Di dalam aula masjid, pengunjung akan dibuat semakin betah beribadah karena dimanjakan oleh empuknya karpet yang digelar. Karpet ini juga ternyata mirip dengan karpet yang ada di Roudhoh Madinah.

Bagi musafir yang kehausan dari perjalanannya, di masjid ini juga disediakan kulkas yang diletakka tak jauh dari kiswah yang dipajang. Kulkas ini digunakan untuk menyimpan air kemasan yang mungkin dibutuhkan oleh para jamaah tanpa harus membayar alias gratis.

Bagi pengunjung yang tidak suka air dingin dari kulkas, di sebelahnya juga terdapat air kemasan yang bisa diambil sendiri di kardusnya. Fasilitas menarik lainnya untuk para jamaah adalah wifi gratis yang membuat jamaah semakin betah berada di Masjid Namira Lamongan.

Nah, masih penasaran dengan Masjid Namira Lamongan yang megah? Yuk, siapkan perjalananmu menuju masjid Namira Lamongan sebagai rencana wisata religi yang berkesan. Sekian

 

Leave a Reply