Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Gunung, Masjid, Rumah Adat

5 Tempat Wisata di Tanjung Kabupaten Lombok Utara

tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara - Sumber : travel.tempo

Tempat Wisata di Tanjung Kabupaten Lombok Utara – Kabupaten Lombok Utara mempunyai banyak sekali kekayaan alam yang menyimpan berbagai potensi besar sebagai sebuah objek wisata. Jenisnya pun diketahui sangat beragam ada berupa air terjun, desa adat, bangunan yang bersejarah serta tak ketinggalan pula suguhan pantai-pantainya yang eksotis.

Nah Berikut ini ada beberaa tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yang bisa membuat liburan kamu semakin berwarna.

1. Tiga Gili yang Bikin Jatuh Hati

tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

Gili-gili tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara – Sumber : wisatalombok

Salah satu dari tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yaitu Tiga Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air. Ketiga pulau kecil ini terlihat berada saling berdekatan jadi sangat cocok sekali untuk kamu gunakan seagai pengalaman liburan island hopping.

Tiga gili ini juga dikelilingi oleh perairan yang terlihat sangat jernih dengan terumbu karang yang sangat indah. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Tiga Gili ini yaitu tidak adanya kendaraan bermotor yang ada di dalam pulaunya. Sehingga tempat ini disebut juga sebagai salah satu destinasi wisata anti polusi yang sangat nyaman.

Sebagai gantinya telah disediakan rental sepeda serta juga angkutan umum tradisional yang bernama cidomo atau semacam kereta kuda. Di daratannya kamu juga bisa menjumpai sebuah pesta meriah sedangkan untuk di laut, keindahan alam bawah lautnya sudah menanti kedatangan kamu semua.

2. Gunung Rinjani, Gunung Api Terindah Seantero Negeri

tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

Gunung Rinjani, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara – Sumber : travel.tempo

Memang tak lengkap liburan kamu ke pulau Lombok Utara tanpa harus mendaki Gunung Rinjani. Status dari gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif yang tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Gunung ini pula yang telah diklaim sebagai sebuah gunung dengan pemandangan terindah yang dimiliki oleh negeri ini.

Tidak hanya seuah pemandangan dari puncak gunungnya saja namun untuk sepanjang rute pendakian ini kamu juga bakalan tak henti-hentinya disuguhi dengan pemandangan yang bikin mulut menganga kagum. Itulah sebabnya bagi kamu para pendaki jangan lewatkan berkunjung ke tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara ini.

3. Air Terjun Sendang Gile, Indahnya Gile Bener!

Air terjun sandang gile, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

Air terjun sandang gile, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara – Sumber : befreetour

Salah satu tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yang juga memiliki pesona dan keindahanya sendiri adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini merupakan air terjun terindah yang memilki ketinggian sekitar 31 meter yang bisa kamu akses melalui desa Senaru. Untuk bisa menuju ke spot air terjun tersebut kamu mesti menuruni anak tangga sebanyak 315 buah yang bisa bikin kamu berkeringat.

Namun sesampainya di air terjun ini maka rasa puas serta segar akan langsung terasa. Apalagi percikan air terjunnya yang cukup dingin bakal mengisi energi kamu yang telah terbuang selama perjalanan. Konon katanya siapa saja yang pernah membasuh muka dengan menggunakan air di Air Terjun Sendang Gile ini bisa awet muda.

Lokasi Air terjun Sandang Gile berada di Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat.

4. Desa Gumantar, Desa Adat yang Mempertahankan Tradisi Nenek Moyang

Desa Gumantar, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

Desa Gumantar, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara – Sumber : lombok

Tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara lainnya adalah Desa Gumantar yang sangat dikenal sebagai sebuah desa adat yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Desa ini pula selalu disebut sebagai satu-satunya desa tradisional yang masih tersisa yang ada di kabupaten ini.

Pusat kegiatan adat biasanya dilakukan di dusun Dasan Beleq. Mayoritas dari penduduk desa Gumantar ini memeluk agama Islam sehingga suasana islami di tempat ini begitu kental terasa pada saat memasuki desa ini.

Sebagai bukti kalau agama Islam telah mulai berkembang lama di sana yaitu ditemukannya banyak berbagai situs peninggalan bercorak Islam termasuk juga masih berdirinya dengan kokoh sebuah masjid kuno yang ada di desa tersebut. Desa ini menjadi salah satu daya tarik kunjungan para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

Baca Juga ya :

5. Masjid Tua Bayan, Situs Peninggalan Islam di Lombok Utara

Masjid Tua Bayan, tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara

Masjid Tua Bayan – Sumber : kontraktorkubahmasjid

Masjid Kuno Bayan merupakan sebuah masjid tertua yang ada di Lombok yang dimiliki oleh masyarakat Bayan yang ada di Lombok Utara. Masyarakat Bayan itu sendiri kerapkali melakukan berbagai macam upacara tradisional yang mengundang perhatian turis lokal sampai mancanegara.

Upacara tersebut pada umumnya dilakukan di kawasan masjid ini maka memang tak heran jika halnya Masjid Tua Bayan mulai dikenal luas oleh banyak orang. Lokasi masjid tu abayan berada di Jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara

**

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yang bisa kamu kunjungi bila kamu berada dikawasan ini. Jika suatu hari nanti kamu liburan ke Pulau Lombok maka jangan lupa untuk bisa mengunjungi tempat indah ini.

Leave a Reply