Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, City Tour, Danau, Museum, Pantai

Inilah 40 Tempat wisata di Bengkulu yang harus kalian kunjungi

Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Pusat Pelatihan Gajah Seblat - foto liputan6

Berikut ini saya mencoba merangkum 40 tempat wisata di Bengkulu yang bisa kalian kunjungi saat sedang berada di Provinsi pesisir Barat pulau Sumatera ini. Namun sebelumnya saya infokan sekilas tentang provinisi ini.

Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatra. Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Pada masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi istrinya.

Baca juga ya :

kota bengkulu

kota bengkulu – foto youtube.com

Setelah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu menjadi keresidenan dalam provinsi Sumatra Selatan. Baru sejak tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur).

1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1714-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough – foto youtube

Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Tahun 1793, serangan kembali dilancarkan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris, Robert Hamilton, tewas. Dan kemudian pada tahun 1807, residen Thomas Parr juga tewas. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris.

2. Pantai Panjang

Lokasi pantai Panjang sekitar 3 km dari kota Bengkulu. Sekitar 7 km panjang pantai dengan 50 meter lebar dari jalan raya. Banyak transportasi umum yang menuju ataupun pergi dari Pantai Panjang.

Pantai Panjang

Pantai Panjang – foto ksm tour

Pohon cemara yang rindang menghiasi sepanjang pantai. Hotel dan restoran juga banyak terdapat di sana. Pantai ini juga memiliki fasilitas area parkir, kolam renang, cottage dan lainnya yang mendukung wisata di sana.

3. Pantai Pasir Putih

Pantai ini terletak di arah selatan bagian Pantai Panjang. Ada patung Gajah Putih yang menandai daerah ini. banyak hotel dan penginapan yang tersedia. Jarak sekitar 19 km dari pusat kota Bengkulu.

Kondisi jalan menuju kesana sangat baik. Bisa melewati jalan Jenggalu Lingkar Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat jenis apapun. Kondisi pantai sangat bersih dengan pasir pantainya yang putih dan pohon cemara yang tumbuh di sekitarnya.

4. Masjid Jamik

Majid bersejarah ini berada di Jl. Letjend Suprapto, Tengah Padang, Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu. Ciri khas masjid jami’ ini adalah atapnya yang berbentuk dan bertingkat tiga yang melambangkan: iman, Islam, dan ihsan. Masjid ini memadukan corak Jawa dan Sumatra.

Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu – foto wisatadirektori

Selain itu, pada bagian-bagiar tertentu masjid ini tampak oleh mata seperti pilar-pilar dengan ukirar ayat-ayat suci atau pahatan-pahatan yang berbentuk sulur-sulur di bagian atasnya dan dicat wama kuning mas gading, Indah sekali.

5. Pantai Laguna Samudra

Pantai yang berlokasi di ujung selatan provinsi Bengkulu menjelang perbatasan dengan Lampung. Lokasi ini bisa ditempuh melalui Jalan Lintas Barat Sumatra yang menghubungkan Lampung dan Bengkulu hingga Sumatra Barat. Tepatnya terletak di desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur.

Pantai yang memiliki laguna sangat luas ini berkonsep hutan pantai. Pengunjung bisa berenang dengan aman hingga berperahu di dalam laguna ini.

6. Pulau Tikus

Pulau ini terdiri dari satu pulau induk dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang mengitari dan dengan karang-karang yang indah. Pulau tikus sangat cocok untuk wisata laut. Pulau ini dapat dicapai sekitar 1 jam dari kota Bengkulu dengan menggunakan kapal boat.

7. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah – foto pedomanbengkulu

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan kecil, dengan bukit barisan sebagai latar belakangnya. Jaraknya sekitar 8 km dari pusat kota Bengkulu. Anggrek air Vanda Hookeriana tumbuh sepanjang danau. Ketika musim bunga anggrek tersebut membuat danau menjadi indah dan lebih sejuk.

8. Tapak Padri dan Pantai Jakat

Terletak sangat dekat dengan Benteng Marlborough dengan pemandangan laut yang indah. Tapak Padri dataran yang cukup tinggi sehingga kita dapat melihat matahari terbenam.

9. Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)

Lokasinya sekitar 16 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dicapai oleh berbagai jenis kendaraan roda empat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk area observasi dan tempat kemah dengan keadaan alam yang indah.

10. Taman Berburu Seblat

Terletak di wilayah kabupaten Bengkulu Utara, taman berburu ini merupakan tempat ideal bagi kita yang hobi berburu. Adapun hewan buruan yaitu babi, kancil, kelinci, kijang, tupai, rusa, dll. Selain hewan tersebut ada juga hewan-hewan lain yang hidup di sana antara lain monyet dan kera.

11. Taman Wisata Konak

Taman terpadu dengan konsep alami dan modern yang berlokasi di wilayah Kepahiang. Taman ini memiliki banyak koleksi satwa berukuran kecil hingga sedang serta memiliki banyak wahana permainan keluarga.

12. Danau Tes

Danau terbesar di Bengkulu, danau yang memiliki pemandangan dengan latar bukit bukit yang menghijau. Di tengah danau terletak persawahan penduduk dan sebuah gunung pasir.

13. Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun Mandi Angin merupakan salah satu Air Terjun tertinggi yang ada di provinsi Bengkulu. Air Terjun Mandi Angin memiliki ketinggian lebih drai 50 meter dan berada dikawasan Hutan Produksi Terbats (HPT) yang masih sangat alami. Air Terjun Mandi Angin sendiri masuk kedalam wilayah desa Air Berau kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Povinsi Bengkulu.

Baca juga ya :

Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun Mandi Angin – foto backpackerjakarta

Untuk menuju Air Terjun Mandi Angin bisa ditempuh melalui jalur trans Barat Sumatra. Dari kota Mukomuko bisa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan. Sebelumnya kita mengambil arah menuju kota Bengkulu. Setelah tiba dikecamatan Pondok Sungguh kita menuju desa Brau yang merupakan titik terkahir menuju lokasi  Air Terjun Mandi Angin.

14. Air Terjun Kemumu

Kemumu adalah nama desa yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara. Jaraknya sekitar 10 Km dari pusat kotanya. Di daerah Kemumu ini terdapat obyek wisata alam air terjun setinggi 30 meter. Wisatawan yang datang ke sini biasa mengenalnya dengan nama Air Terjun Kemumu.

Saat masuk ke lokasi wisata ini, Anda diharuskan menuruni sekitar 200 anak tangga. Kemudian Anda dapat menuju lokasi air terjun yang jaraknya sekitar 500 meter dari tangga tersebut. Untuk seterusnya, turun lagi menuju lokasi air terjun. Pada musim penghujan, Anda dapat menjumpai bunga Rafflesia Arnoldi di kiri-kanan jalan.

15. Danau Mas Harun Bastari

Terletak di kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong. Danau yang unik dengan pulau kecil dari rerumputan liar di tengahnya. Danau ini telah memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap dan bagus.

16. Danau Musi / Danau Suro

Danau di kabupaten Kepahiang yang terletak di sekitar Suro Ilir. Objek wisata Danau Suro adalah salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang adalah Danau Suro yang terletak di Desa Suro Kecamatan Ujan Mas. Danau ini merupakan hasil pembendungan Sungai Musi yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

17. Taman Nanua

Taman ini berada dipulau terluar RI yakni Enggano,ialah taman burung dan reptil mini. Untuk sampai ketaman ini kita harus menuju Pulau Enggano terlebih dahulu dengan waktu sekitar 12 jam penyebrangan laut.

18. Danau Nibung

Mukomuko merupakan sebuah kabupaten paling utara yang ada di Provinsi Bengkulu berbatasan dengan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat & Kabupaten Kerinci provinsi Jambi. Meski terbilang kabupaten Baru namun kini pemerintah Mukomuko sudah mulai giat mengembangkan beberapa pariwisata yang ada dikota Mukomuko. Salah satu objek wisata yang kini menjadi destinasi favorit warga Mukomuko adalah Danau Nibung

Danau Nibung adalah sebuah danau air rawa yang berada tepat dijalur lintas pusat kota pemerintahan Mukomuko yang menghubungkan Desa Danau Nibung dengan desa SP 6. Untuk mencapai lokasi danau Nibung cukup mudah karena sudah bisa diakses oelh kendaraan roda dua maupun roda empat.

19. Tanah Lot Lais

Formasi batu-batu karang di pinggir pantai Lais, Bengkulu Utara yang sungguh indah. Cocok untuk melihat sunset yang indahnya luar biasa,karena keindahannya itulah tempat ini dinamai Tanah Lot Lais karena mirip dengan Tanah Lot yang asli di Bali

20. Danau Picung

Ialah danau disekitar Tubei,ibu kota kabupaten Lebong. Danau ini terletak di pusat kota dengan akses akomodasi yang lancar. Rumah dinas bupati juga menghadap kedanau indah ini. Pinggiran danau dibuka untuk umum sebagai wilayah pemancingan

21. Taman Wisata Dio Bagite

Ialah kebun binatang mini dengan koleksi cukup banyak satwa. Taman ini terletak sangat strategis dipenggkolan jalan Curup-Lubuk Linggau.

22. Danau Tujuh Warna

Terletak di daerah Rimbo Pengadang, ialah telaga dengan 7 kawah yang masing-masing berbeda warnanya. Ada kawah berwarna putih, biru dan lainnya. Jalan menuju kesana cukup baik, bisa menggunakan roda empat.

24. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan adalah objek agrowisata perkebunan teh peninggalan Belanda yang terletak di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Objek agrowisata kabawetan memiliki luas 360.000 hektar. Di perkebunan teh kabawetan pengunjung dapat melihat para pemetik bekerja pada Pagi hari, dapat melihat proses pembuatan teh, dan dapat meminum teh yang telah disediakan oleh pengelola.

Kebun teh kabawetan juga mempunyai pabrik teh yang hasil produksi nya sudah menembus pasar. Wisata agrowisata ini bisa menjadi media pembelajaran bagi anak-anak tentang pengolahan teh. Jarak Tempuh dari Kota Bengkulu menuju lokasi yaitu 72 kilo meter, 62 kilo meter perjalanan dari Kota Bengkulu ke kota kepahiang dan disambung 10 kilo meter dari kota kepahiang ke lokasi yang memerlukan waktu 2 jam perjalanan.

25. Rumah Fatmawati Soekarno

Ibu Fatmawati yang bernama asli Fatimah lahir di Bengkulu pada 5 Februari 1923 dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Hassan Din sendiri adalah seorang tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Ibu Fatmawati menikah dengan Bung Karno pada 1 Juni 1943, setelah sebelumnya keduanya bertemu pada saat pengasingan Bung Karno di daerah Anggut Atas, Bengkulu tahun 1938-1942.

Baca juga ya :

Rumah Fatmawati Soekarno

Rumah Fatmawati Soekarno – foto klikhotel

Dari pernikahan pasangan ini, lahirlah Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra. Beliau meninggal 14 Mei 1980 di Kualalumpur, Malaysia.

26. Rumah Pengasingan Bung Karno

Pada zaman koloni Belanda(1939-1942), Soekarno (Yang kemudian menjadi Presiden RI yang pertama) pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di Anggut Atas dan sekarang dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta.

Beberapa peralatan, sepeda, perpustakaan buku-buku, dan yang lainnya yang pernah dimiliki oleh soekarno disimpan di dalam rumah ini. Selama tinggal di Bengkulu, Soekarno mendesain masjid, yang sekarang dikenal dengan Masjid Jamik (Jamik Mosque).

27. Parr and Hamilton Monuments

Parr Monuments terletak di depan Pasar Barukoto diseberang benteng Marlborough, sedangkan Hamilton Monuments terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Monument ini dibangun oleh Inggris untuk memperingati kekalahan mereka di Bengkulu.

28. Museum Provinsi Bengkulu

Museum Bengkulu terletak di bagian selatan dari jalan utama kota Bengkulu, yaitu di jalan Pembangunan. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.

29. Air Panas dan Air Terjun Suban

Air Panas dan Air Terjun Suban. Terletak 6 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal dan terdapat air panas serta dua air terjun. oleh pemerintah dibangun berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang pariwisata di sana.

30. Danau Pematang

Terletak 16 km dari Curup dan dapat dicapai dengan mudah dengan transportasi umum. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan. Bukit Kabal Terletak 19 km dari Curup dengan jalan aspal yang menghubungkannya. Dengan tinggi sekitar 1,936 m di atas permukaan laut dengan keindahan alam yang menakjubkan.

31. Danau Tes

Danau Tes Bengkulu

Danau Tes Bengkulu – djfrontbengkulu

Terletak 51 km dari Curup di Kecamatan Lebong Selatan, Danau ini adalah danu terbesar di provinsi Bengkulu dengan jarak 3 km. dan digunakan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air. Tempat ini juga biasanya sebagai tempat peristirahatan bagi turis untuk melihat panorama yang indah dan matahari terbenam.

32. Kolam Renang Tabarena

Terletak 4 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal. Tabarena adalah kolam renang alam yang berada di sungai dengan airnya yang bersih dan dingin.

33. Air Terjun Kepala Curup

Terletak 29 km dari Curup dengan tinggi 100 meter dengan airnya yang segar dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

34. Sungai Air Putih

Terletak di Tambang Sawah, sekitar 15 km dari Muara Aman atau 80 km dari Curup, sungainya terdiri dari air panas dan air dingin.

35. Makam Sentot Alibasyah

Terletak di Desa Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu. Sentot Alibasyah merupakan salah satu Panglima Pangeran Dipenegoro yang dikirim ke Bonjol sewaktu Perang Padri.

36. Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Jika selama ini Anda hanya mengetahui pusat pelatihan gajah di Way Kambas Lampung, ternyata di Bengkulu juga ada Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Pusat Pelatihan Gajah Seblat merupakan salah satu balai konservasi gajah ke lima yang terdapat di Indonesia. Balai konservasi gajah yang lain adalah Way Kambas di Lampung, Sebokor di Sumatera Selatan, Lhokseumawe di Aceh, dan Sebangau di Riau.

Baca juga ya :

Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Pusat Pelatihan Gajah Seblat – foto liputan6

Pusat Pelatihan Gajah Seblat terletak di Kecamatan Putri Hijau yang berjarak kurang lebih sekitar 132 kilometer dari Kota Bengkulu. Pusat Pelatihan Gajah Seblat yang didirikan sejak Oktober 1992 ini memiliki luas sekitar 6.800 hektar dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

37. Gunung Kaba

Terletak di Curup, Gunung ini dijadikan tempat rekreasi alam terfavorit bagi pendaki baik dari wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, dan sekitarnya.

38. Pemandian air pana Suban

Curup, Tempat pemandian air panas ini terletak d kaki gunung kaba. Disini anda bisa mandi dengan air panas yang asli dari alam dan anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

39. Upacara Tabut

Tabut adalah upacara tradisional tentang kepahlawanan Hasan dan Husen, Mereka mati dalam peperangan melawan orang-orang Yazid. Perayaan pertama kali dilaksanakan oleh Syekh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada abad ke 15.

Upacara Tabut

Upacara Tabut – foto blogkulo

Syekh Burhanuddin (Imam Senggolo) Menikah dengan wanita Bengkulu kemudian anak mereka, cucu mereka dan keturunan mereka disebut sebagai keluarga pewaris Tabut. upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharam (berdasar kalender Islam) setiap tahun.

40. Bunga Bangkai Raflesia

Pada masa pemerintahan Inggris, bunga ini dipopulerkan secara ilmiah oleh Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldy pada tahun 1818 di wilayah hutan yang lokasinya terletak di antara Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah. Bunga ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm.

Bunga ini membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak adanya akar, daun dan batang. Tumbuhan ini termasuk parasit kerena tidak adanya klorofil dan haustoria. Bunga ini sering tumbuh dan ditemukan di Taba Penanjung I dan Taba Penanjung III (Bengkulu Tengah), daerah di wilayah kabupaten Kepahiang, dan daerah di wilayah kabupaten Rejang Lebong.

Leave a Reply