Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, City Tour, Pantai

Inilah 12 Tempat Wisata Subang, Daftar Kluiner Subang Dan Kesenian Subang

Kasumber Mata Air Cipondok

Kasumber Mata Air Cipondok - foto @sisadoe

Mau liburan ke Subang Jawa Barat ? Atau saat ini sedang ada di Subang dan mau jalan-jalan ? Tenang guys karena dibawah ini saya mencoba merangkum 12 tempat wisata Subang yang bisa kalian kunjungi atau kalian jadikan sebagai tempat liburan.

Tentang Subang Jawa Barat

Subang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Subang. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Mata Air Cimincul Subang

Mata Air Cimincul Subang – foto Hipwee

Wilayah Kabupaten Subang terbagi menjadi 3 bagian wilayah, yakni wilayah selatan, wilayah tengah dan wilayah utara. Bagian selatan wilayah Kabupaten Subang terdiri atas dataran tinggi/pegunungan, bagian tengah wilayah Kabupaten Subang berupa dataran, sedangkan bagian Utara merupakan dataran rendah yang mengarah langsung ke Laut Jawa.

Baca juga ya :

Kota Subang Jawa barat

Kota Subang Jawa barat – foto @Asyifa Herbal

Sebagian besar wilayah Pada bagian selatan kabupaten Subang berupa Perkebunan, baik perkebunan Negara maupun perkebunan rakyat, hutan dan lokasi Pariwisata. Pada bagian tengah wilayah kabupaten Subang berkembang perkebunan karet, tebu dan buah-buahan dibidang pertanian dan pabrik-pabrik dibidang Industri, selain perumahan dan pusat pemerintahan serta instalasi militer. Kemudian pada bagian utara wilayah Kabupaten Subang berupa sawah berpengairan teknis dan tambak serta pantai.

Berikut ini adalah tempat wisata Subang yang bisa kalian kunjungi baik itu wisata Curug, Budaya hingga wisata Sejarah.

1. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy adalah Salah satu air terjun yang ada di Subang Jawa Barat. Curug Cibareubeuy berada di sekitar kompleks wisata Ciater. nah dari parkiran sana kita harus berjalan kaki lagi menuju Curug Cibareubeuy sekitar 1 jaman. Lokasinya yang cukup jauh membuat kota harus kuat treking namun tenang saja pemandangan disekitar kawasan Curug Cibareubeuy sangat indah.

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy – foto @anggunwpradipta

Informasi Lengkap:
Nama: Curug Cibareubeuy
Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 07.00 – 15.00 WIB
Harga tiket: Rp 10.000,-

2.Curug China

Subang sudah terkenal dengan wisata curug. Banyak sekali curug-curug indah di Subang dan dalah satunya adalah Curug China. Lokasi Curug China yang dikelilingi kebun dan persawahan warga membuatnya terasa begitu asri dan menyegarkan mata.

Curug China Subang

Curug China Subang – foto @datraa

Informasi:
Nama: Curug China
Alamat: Desa Curugagung, Sagalaherang, Subang – Jawa Barat
Simak: daftar tempat wisata di Majalengka
Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5.000,-

3. Pemandian Air Panas Ciater

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di subang satu ini. Pemandian Air Panas Ciater adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal di Subang. Pemandian Air Panas Ciater Berlokasi di lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Baca Juga ya :

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater – foto @iera_hs

Selain bisa berenang diair yang hangat, wisatawan juga bisa menikmati dan menjelajah kawasan sekitarnya dengan mobil ATV, naik kuda, main paintball, outbond seru, sepeda air hingga camping seru di alam terbuka.

Informasi Lengkap:
Nama: Pemandian Air Panas Ciater
Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: Rp 30.000,-

4. Curug Cileat

Curug Cileat adalah salah satu destinasi wisata di Subang yang harus kalian kunjungi. Curug Cileat berada di kawasan Gunung Canggah dengan ketinggian curug kurang lebih sekitar 100 meter. Curug Cileat memiliki kolam alami yang ada di bawah air terjun dengan lebar sekitar 40 meteran.

Curug Cileat Subang

Curug Cileat Subang – foto @winarno_lulusingbudi

Informasi Lengkap:
Nama: Curug Cileat
Alamat: Desa Cibogo, Cisalak, Gardusayang, Capunagara, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 06.00 – 23.00 WIB
Harga tiket: Rp 6.000,-

5. Taman Wisata Tirta Alam

Taman Wisata Tirta Alam adalah sebuah tempat wisata yang ada di Subang dan berada di kawasan Sagalaherang. Taman Wisata Tirta Alam ini menyuguhkan keseruan yakni bisa bermain air dengan berbagai wahana yang cukup beragam.

Taman Wisata Tirta Alam

Taman Wisata Tirta Alam – foto @skytangsel

Berapa wahana air yang ada di Taman Wisata Tirta Alam adalah kolam renang yang bisa dipilih sesuai usia dengan perosotan air seru serta ember tumpah. Selain itu juga ada wahana lainnya yang juga seru seperti kora-kora mini, kereta odong-odong, danau buatan untuk main perahu dayung atau sepeda air juga tak ketinggalan pula ada play ground seru.

Informasi Lengkap:
Nama: Taman Wisata Tirta Alam
Alamat: Jalancagak, Cibinong, Sagalaherang, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 20.000,-

6. Curug Koleangkak

Satu lagi tempat wisata keren di Subang adalah Curug Koleangkak. Cuug ini memiliki keunikan tersendiri yakni airnya yang berwarna biru tosca yang menawan. Air terjun ini turun dari seuah tebing kapur dengan ketinggian sekitar 4 hingga 5 meter.

Curug Koleangkak

Curug Koleangkak – foto @kangsaar

Informasi:
Nama: Curug Koleangkak
Alamat: Desa Cicadas, Ciater, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 5.000,-

7. Desa Wisata Sari Bunihayu

Selain wisata air terjun, Subang juga punya banyak tempat wisata lainny ayang tak kalah kerenya yakni Desa Wisata Sari Bunihayu. Tempat wisata di Subang yang satu ini menyuguhkan wisata pedesaan khas masyarakat Sunda yang mempesona dengan segala budayanyan yang memukau.

Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu – foto @saribunihayuvillage

Letaknya yang berada di kawasan pegunungungan membuat desa ini memiliki suasana sejuk dengan pemandangan alam yang sangat asri dan tenang. Selain kita bisa menikmati alamnya, kita juga bisa belajar budaya khas Sunda mulai dari bagaimana caranya bercocok tanam di sawah, mengenal rumah-rumah adat hingga musik tradisionalnya.

Informasi:
Nama: Desa Wisata Sari Bunihayu
Alamat: Jalanagak, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 24 jam
Harga tiket: 6.000,-

8.Curug Pandawa 5

Slain Curug Cibareubeuy, Subang juga punya curug keren lainnya yakni Curug Pandawa 5. Curug ini terletak tidak jauh dari Curug Cibareubeuy dan masih satu kawasan. Disepanjang Jalur menuju Curug Pandawa 5 kita bis amelihat keindahan alam subang yang memanjakan mata.

Curug Pandawa 5

Curug Pandawa 5 – foto @rizkideden66

Informasi Lengkap:
Nama: Pemandian Air Panas Ciater
Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB
Harga tiket: Rp 10.000,-

9. Situs Nyi Subang Larang

Situs Nyi Subang Larang adalah sebuah tempat wisata sejarah yang berlokasi di Teluk Agung, desa Nagerang, Binong – Subang Jawa Barat. Situs Nyi Subang Larang ini merupakan tempat wisata bersejarah peninggalan pada masa kerajaan Pajajaran. Di dalam Situs Nyi Subang Larang ini banyak ditemukan benda-benda bersejarah seperti perhiasan hingga perabotan yang merupakan peninggalan dari Nyi Subang Larang, istri dari Prabu Siliwangi.

Informasi:
Nama: Situs Nyi Subang Larang
Alamat: Teluk Agung, Nagerang, Binong, Subang – Jawa Barat
Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5.000,-

10. Kasumber Mata Air Cipondok

Kasumber Mata Air Cipondok adalah sebuah kolam air yang bewarna sangat bening,jernih dan dingin mirip dengan umbul ponggok di Klaten yang sangat terkenal itu. Kasumber Mata Air Cipondok  juga kerap disebut mata air Aqua karena letaknya yang berdampingan dengan pabrik air minum tersebut.

Baca Juga ya :

Kasumber Mata Air Cipondok

Kasumber Mata Air Cipondok – foto @sisadoe

Informasi:
Nama: Kasumber Mata Air Cipondok
Alamat: Pasanggrahan, Kasomalang, Subang – Jawa Barat
Parkir: Rp 5.000,-

11. Pantai Cirewang

Okeh, wisata curug sudah, sejarah sudah, kini saatnya kalian liburan ke wilayah Subang lainnya yakni kawasan pesisir pantai. Yap namanya adalah Pantai Cirewang yang merupakan sebuah kawasan wisata ternama di Subang yang menawarkan keindahan laut dan pantainya. Lokasi Pantai Cirewang ini berada di daerah Legonkulon, Pemanukan Subang Jawa Barat.

Pantai Cirewang Subang

Pantai Cirewang Subang – foto @walidhasbi

Informasi:
Nama: Pantai Cirewang
Alamat: Legonkulon, Pengarengan, Pamanukan, Subang – Jawa Barat
Buka: Setiap hari
Harga tiket: Gratis

12. Gedung Wisma Karya, Subang

Gedung ini terletak di Jl. Ade Irma Suryani, Subang. Gedung ini dibangun ketika Masa Penjajahan Belanda. Gedung ini digunakan untuk Berdansa dan berpesta ketika zaman itu. Namun sekarang gedung tersebut digunakan untuk public space dan aktivitas masyarakat Kota Subang. Di Gedung ini juga terdapat Museum Sejarah Kabupaten Subang, salah satunya patung tuan tanah, Willem Hofland.

***

Nah gimana guys, sudah gak bingung lagi kan mau liburan ke mana saat di Subang. Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk menikmati liburan seru bareng di Subang.

Cara Menuju Subang

Kabupaten Subang dilewati jalur utama pada wilayah Utaranya dan dimanfaatkan juga sebagai jalur alternatif untuk ke Bandung, Cirebon atau Tasikmalaya. Lintas Subang – Bandung melalui Kalijati semakin diminati para pengemudi karena jalannya yang halus dan bebas hambatan apalagi setelah dibukanya Gerbang Tol Keluar di daerah Sadang.

Kota Subang

Kota Subang

Persimpangan Jalancagak merupakan persimpangan strategis karena dari persimpangan tersebut dapat menjangkau Bandung – Sumedang – Sadang melalui Wanayasa dan Kota Subang sendiri.

Tempat wisata yang ada di Subang

Berikut ini adalah daftar wisata atau Objek Wisata terkenal yang ada di Kabupaten Subang:

  1. Capolaga Adventure Camp
  2. Ciater Highland Resort
  3. Curug Agung/Batu Kapur
  4. Curug Bentang
  5. Curug Cibareuhbeuy
  6. Curug Cijalu
  7. Curug Cileat
  8. Desa Wisata Sari Bunihayu
  9. Desa Adat Wisata Wangunharja
  10. Kampoeng Jatimas
  11. Wisata Air Cigayonggong
  12. Pemancingan Lembah Gunung Kujang
  13. Sariater Spa Spring Resort
  14. Gunung Tangkuban Parahu
  15. Kolam Renang Ciheuleut
  16. Waterboom Tirta Melati (pagaden)
  17. Planet Waterboom
  18. Penangkaran Buaya Blanakan
  19. Pantai Pondok Bali Legonkulon
  20. Pantai Kalapa Patimban
  21. Kolam Renang Tirta Citapen
  22. Curug Cijuhung Dawuan
  23.  Kolam Renang Tirta Galih
  24. Pantai Cirewang Indah
  25. Waterboom Bintang Fantasi Pamanukan
  26. Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang
  27. Gedung Gede / Big House
  28. Museum Rumah Sejarah Perjanjian Kalijati
  29. Museum Daerah Kabupaten Subang
  30. Museum Amerta Dirgantara
  31. Makam Raden Aria Wangsa Goparana
Oncom Dawuan

Oncom Dawuan – foto kelsa25.blogspot.com

Wisata kuliner / Daftar Kuliner Subang

  • Oncom Dawuan
  • Kerupuk Miskin Purwadadi
  • Nanas Simadu
  • Olahan Nanas
  • Gepuk
  • Ubi Cilembu
  • R.M. Abah
  • R.M. Mang Yeye
  • Nasi Liwet Mang Aca
  • Nasi Liwet Mang Nana
  • Keripik Pisang 69
  • Rambutan Kalijati
  • R.M. Nangka
  • Mie Level
  • Tutut Sodong

Daftar Kesenian Subang

Gembyung Subang

Gembyung Subang – foto Picdeer

Subang memiliki beberapa Kesenian yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota lain. Kesenian-kesenian tersebut berkembang di masyarakat Subang sejak Masa Penjajahan dulu. Berikut kesenian dan kebudayaan asli Kabupaten Subang:

  • Gotong Singa / Sisingaan
  • Gembyung
  • Mapag Dewi Sri
  • Nadran
  • Ruwatan Bumi
  • Sintren
  • Toleat
  • Tarling

 

Refrensi : Wikipedia

Leave a Reply