Tari Mangaru : Tarian dengan Semangat Berperang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Tari Mangaru : Tarian dengan Semangat Berperang

Tari Mangaru : Tarian dengan Semangat Berperang 1

Indonesia memiliki beragam budaya khas daerah. Salah satu wujud budaya yang unik adalah melalui tarian. Banyak tarian di Indonesia memiliki makna dan sejarah tersendiri. Begitu pun Tari Mangaru yang berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Yuk, simak lebih lanjut !

Sejarah Tari Mangaru

Tari Mangaru Meriahkan HUT TMII ke-42 – Buton Pos

Penampilan Penari Mangaru Sumber : Butonpos.fajar.co.id

Setiap tari tradisional daerah punya sejarah yang berasal dari leluhur. Seperti Tari Mangaru yang berasal dari Desa Konde, Kecamatan Kambuwa, Kabupaten Buton Utara. Ada cerita dibalik indahnya perpaduan gerakan tari dan alat musik yang mengiringi.

Tari Mangaru menggambarkan para lelaki yang berperang dan memiliki keberanian di zaman dahulu saat sedang bertempur. Penampilan dilakukan oleh dua orang laki-laki sebagai gambaran peperangan. Mereka juga membawa keris sebagai senjata dan menampilkan gerakan bertarung.

Dahulu, tarian ini ditampilkan untuk menunjukan suka cita yang datang. Seringkali tari ini juga ditampilkan saat musim panen tiba. Maka dari itu seringkali tari mangaru ini menjadi tarian saat ada perayaan, upacara, atau acara yang dilihat oleh banyak orang.

Di masa sekarang kadang ada acara hajatan atau khitanan yang menampilkan tarian ini. Namun, meski begitu jumlah penampilannya sudah jarang. Kini tarian itu lebih sering ditampilkan saat ada penyambutan tamu. Sampai sekarang, tari ini mengalami berbagai pengembangan dan kreasi dengan tetap menjadikan semangat keberanian saat berperang sebagai dasarnya.

Leave a Reply