Alam, Taman

Taman Selaras Pinang Masak di Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur Jambi

Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak - Foto: rahman914.blogspot.com

Taman Selaras Pinang Masak – Muara Sabak mungkin masih terdengar asing di telingamu. Muara Sabak adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Muara Sabak terletak sekitar 90 km dari Kota Jambi. Bahkan, Muara Sabak merupakan ibukota dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Tidak hanya itu, Muara Sabak merupakan wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berada di daerah pesisir pantai timur Provinsi Jambi. Jadi, tentu saja akan banyak tempat wisata alam yang indah dan mempesona. Tempat wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini kebanyakan menyediakan wisata laut, pulau dan pantai.

Selain pantai dan laut, ada pula satu tujuan wisata yang unik di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yakni Taman Selaras Pinang Masak. Pada artikel kali ini, seringjalan.com akan membahas tentang keindahan dan keunikan yang ditawarkan taman yang satu ini.

Baca Juga :

Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak – foto scobyreview.com

Asal Usul Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak dibangun di masa kepemimpinan H. Zumi Zola Zulkifli sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur. Seperti yang sudah anda ketahui, Zumi Zola dulunya adalah seorang artis yang memutuskan untuk mengejar karir di dunia politik.

Keberadaan Taman Selaras Pinang Masak menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pasalnya, dari semua kota dan kabupaten di Provinsi Jambi, hanya Kabupaten Tanjung Jabung Timur lah yang memiliki taman  di koridor jembatan.

Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak – Foto: jambi-independent.co.id

Meski begitu, Taman Selaras Pinang Masak dinilai masih belum sempurna dan memiliki banyak kekurangan. Untuk itu, pemerintah setempat terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas – fasilitas di Taman Selaras Pinang Masak karena taman ini memilik potensi yang sangat besar untuk menarik wisatawan dari luar kota.

Apalagi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur berada di daerah pesisir timur Jambi, dianggap bisa menjadi pintu masuk bagi lalu lintas perdagangan maupun wisatawan dari luar pulau.

Oleh karena itu, pemerintah setempat saat ini sedang mengusahakan terealisasikannya Pelabuhan Internasional Ujung Jabung untuk meningkatkan daya tarik pariwisata Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pemkab mengajak para stakeholder yang berkecimpung di bidang kepariwisataan untuk bersama – sama mengembangkan Taman Selaras Pinang Masak, khususnya terkait pelayanan untuk wisatawan dan promosi.

Pemkab juga mengajak masyarakat sekitar dan para wisatawan yang berkunjung untuk bersama – sama menjaga kebersihan dan fasilitas – fasilitas yang ada di Taman Selaras Pinang Masak karena taman ini adalah milik bersama.

Fasilitas yang ada di Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak- Foto: disbudparpora.tanjabtimkab.go.id

Taman Selaras Pinang Masak terletak tepat di koridor Jembatan Muara Sabak, Kecamatan Sabak Timur. Di Taman Selaras Pinang Masak ini, tersedia banyak saung atau pendopo yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan Sungai Batanghari.

Bukan hanya itu, bila lapar, kamu bisa berjalan di kawasan taman ini dan menemui penjual makanan juga loh. Hingga tidak heran bila Taman Selaras Pinang Masak ini merupakan tempat favorit warga setempat bahkan wisatawan dari luar Tanjung Jabung Timur.

Tempat rekreasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain yang memanjakan pengunjungnya seperti lapangan basket dan futsal. Sehingga, para pengunjung dapat menyalurkan hobi olahraganya dengan teman – teman maupun keluarganya.

Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak – Foto: rahman914.blogspot.com

Karena terletak di jalan utama, keberadaan Taman Selaras Pinang Masak sangat strategis dan potensial untuk dikembangkan. Karenanya, pemerintah setempat berencana untuk menambah fasilitas – fasilitas lain untuk menggaet lebih banyak pengunjung, salah satunya arena permainan untuk anak – anak.

Pemerintah setempat juga berencana menyediakan kantin agak masyarakat dapat menikmati kuliner Рkuliner khas Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Selain itu, akan dibangun dermaga kapal atau speed boat yang siap mengantarkan wisatawan berkunjung ke Kampung Nelayan di Kuala Jambi, Taman Nasional Berbak, maupun Pulau Berhala.

Kedepannya, ketika semua fasilitas – fasilitas tersebut telah dibangun, pemerintah setempat berencana untuk menarik uang tiket masuk kepada para pengunjung, tetapi mereka bebas untuk menikmati semua fasilitas yang ada. Namun untuk saat ini, berkunjung ke Taman Selaras Pinang Masak masih gratis kok.

Setelah pandemi ini berakhir, apakah Taman Selaras Pinang Masak masuk ke dalam salah satu destinasi wisata yang akan anda kunjungi?

Leave a Reply