City Tour, Alam, Desa Wisata

Mengenal Kota Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Kota Muara Sabak – Muara Sabak adalah ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Muara Sabak telah dimekarkan menjadi dua kecamatan yang berbeda, yaitu Muara Sabak Barat dan Muara Sabak Timur.

Kota Muara Sabak memiliki lebih dari 40.000 penduduk yang tersebar di dua kecamatan tersebut. Salah satu komoditas utama Muara Sabak adalah hasil olahan dari galian andesit yang dimanfaatkan menjadi batu ornamen, batu dinding, batu ukiran, dan batu rataan.

Jembatan Kota Muara Sabak

Jembatan Kota Muara Sabak, icon kabupaten Tanjung Jabung Timur – foto tribunjambi.com

Sering dihubungkan dengan Kerajaan Zabag yang tertelan zaman. Menurut seorang sejarawan Indonesia, Slamet Muljana, berpendapat bahwa Kerajaan Zabag terhubung ke daerah Muara Sabak saat ini, tepatnya pada muara Sungai Batang Hari di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hal ini menjadikan kota Muara Sabak (muara Sungai Batang Hari di Selat Malaka) sebagai salah satu destinasi wisata yang memesona.

Sekilas Tentang Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayahnya 5.445 km² atau 10,86% dari Luas Provinsi Jambi, dengan jumlah penduduk 218.413 jiwa. Ibu kotanya ialah Kota Muara Sabak.

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Jumlah penduduk Kabupaten Tanjung Jabung Timur tercatat mencapi 218.413 jiwa. Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terletak di pantai timur pulau Sumatra ini berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau dan merupakan daerah hinterland segitiga pertumbuhan ekonomi Singapura-Batam-Johor

Batas wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah sebagai berikut:

  • Utara berbatasan dengan Selat Berhala
  • Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Selatan berbatasan dengan Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Banyuasin
  • Barat berbatasan dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Muaro Jambi

 

Menikmati Indahnya Sinar Matahari Senja di Bawah Jembatan Muara Sabak

Taman Selaras Pinang Masak - Kota Muara Sabak

Taman Selaras Pinang Masak – Kota Muara Sabak Foto: instagram.com/devinamahendriyani/

Taman Selaras Putri Pinang Masak dibangun di koridor Jembatan Muara Sabak oleh pemerintah daerah dan pemerintah Provinsi Jambi untuk dijadikan tempat rekreasi dan berolah raga. Taman Selaras Putri Pinang Masak telah menjadi icon wisata yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Hal yang unik bahwa taman ini adalah satu-satunya taman di Indonesia yang dibangun di bawah jembatan. Taman ini tepatnya terletak di Kecamatan Sabak Timur. Taman ini juga memiliki spot-spot yang cocok untuk mengambil foto instagram terutama pada saat pagi dan senja.

Taman Selaras Pinang Masak di Kota Muara Sabak

Kota Muara Sabak

Taman Selaras Pinang Masak Kota Muara Sabak – Foto: instagram.com/yanuarfasmawis/

Selain pemandangannya yang indah, taman ini juga mempunyai pesona yang begitu  indah dan asri. Di taman ini terdapat beberapa bangku panjang dan pendopo-pendopo atau tempat untuk beristirahat dan bersantai dengan keluarga sembari menikmati udara segar dan pemandangan di sekitar sungai Batang Hari.

Berwisata di taman ini juga menjadi lengkap karena di sekitar taman terdapat beberapa warung dan rumah makan yang memiliki hidangan yang lezat. Terdapat lapangan tenis juga yang disediakan sehingga pengunjung juga bisa berolah raga.

Tercatat saat ini ada beberapa Tempat Wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi yang terus dikembangkan oleh pemerintah setempat dan mungkin tempat wisata ini bisa kamu kunjungi saat mengunjungi kabupaten ini.

Taman Nasional Berbak Sebagai Konservasi Hutan Rawa Terluas di Asia Tenggara

berbak

Taman Nasional Berbak Foto: http://disbudparpora.tanjabtimkab.go.id/

Tempat wisata lainnya yang terdekat dengan Kota Muara Sabak adalah Taman Nasional Berbak. Berjarak sekitar 40 km, taman nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang sangat bersih karena belum terjamah oleh eksploitasi manusia.

Kondisi cuaca pada taman ini mencakup temperatur udara 25° – 28°C, curah hujan rata-rata 2.300 mm/tahun, dan berada pada ketinggian tempat 0 – 20 meter dpl. Hal yang unik dari taman nasional ini adalah adanya gabungan antara hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang terbentang di pesisir Timur Sumatera.

berbak2

Taman Nasional Berbak Foto: instagram.com/vegaframe/

Varietas tumbuhan di Taman Nasional Berbak ini terdiri dari meranti (Shorea sp.), dan berbagai jenis palem lainnya. Taman Nasional Berbak sangat terkenal memiliki paling banyak varietas palem tanaman hias di Indonesia.

Hal yang unik dari taman nasional ini adalah adanya varietas palem hias yang tergolong langka yaitu jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) dan juga ada varietas baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang memiliki bunga besar dengan warna merah atau ungu. Dari segi fauna, terdapat ratusan bahkan ribuan burung yang bermigrasi dan dapat dilihat di Taman Nasional Berbak.

berbak3

Taman Nasional Berbak Foto: instagram.com/andrys.wandy/

Taman Nasional Berbak dapat diakses dari Jambi dengan menyelusuri sungai Batanghari  menggunakan speed boat berbelok ke kanan lalu menyelusuri sungai Air Hitam Dalam selama 2,5 sampai 3 jam, atau langsung ke Nipah Panjang selama 4-5 jam.

Terdapat spot-spot yang instagramable juga di Taman Nasional Berbak yang menjadi daya tarik lebih untuk wisatawan dapat berkunjung. Wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini juga dapat menghirup udara segar dan mendengarkan kicauan burung sebagai relaksasi alami.

 

 

Leave a Reply