Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Bukit, Desa Wisata

6 Tempat Wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Tempat wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Taman Nasional Berbak

Tempat wisata di Muara Sabak, Taman Nasional Berbak - Sumber: kawanbumi.wordpress.com

Tempat wisata di Muara Sabak – Muara Sabak mungkin masih terdengar asing di telingamu. Muara Sabak adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Muara Sabak terletak sekitar 90 km dari Kota Jambi. Bahkan, Muara Sabak merupakan ibukota dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Tidak hanya itu, Muara Sabak merupakan wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berada di daerah pesisir pantai timur Provinsi Jambi. Jadi, tentu saja akan banyak tempat wisata alam yang indah dan mempesona. Tempat wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini kebanyakan menyediakan wisata laut, pulau dan pantai.

Baca ini juga ya :

Nah, beikut ini ada 6 tempat wisata di Muara Sabak yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

1. Taman Selaras Pinang Masak

Nah, bila kamu berada di Muara Sabak, kamu harus datang ke tempat wisata yang satu ini. Taman Selaras Pinang Masak merupakan tempat wisata di Muara Sabak yang menjadi icon wisata di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Uniknya, taman ini bisa kamu temui di bawah jembatan.

Tempat wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Taman Selaras Pinang Masak

Tempat wisata di Muara Sabak, Taman Selaras Pinang Masak – Sumber: blogspot.com

Taman yang berlokasi tepat di Kecamatan Sabak Timur ini memiliki pesona yang pastinya sangat indah dan asri. Kamu bisa melihat pemandangan indnah sungai Batanghari sambil duduk di pendopo ataupun bangku yang disediakan di sana.

Bukan hanya itu, bila lapar, kamu bisa berjalan di kawasan taman ini dan menemui penjual makanan juga loh. Hingga tidak heran bila Taman Selaras Pinang Masak ini merupakan tempat favorit warga setempat bahkan wisatawan dari luar Tanjung Jabung Timur.

2. Hutan Bakau Panti Timur

Tempat wisata di Muara Sabak yang juga tidak kalah menarik adalah Hutan Bakau Pantai Timur. Kawasan cagar alam yang berada di Kecamatan Sadu, Nipah Panjang dan Muara Sabak ini disebut juga dengan Hutan Mangrove.

Ini merupakan wisata yang cocok bagi kamu yang menyukai petualangan. Kamu bisa menemukan berbagai macam biota laut di sana misalnya kepiting, udang gala dan lain-lain. Tidak hanya itu, di Hutan Bakau Pantai Timur ini kamu bisa berwisata sambil belajar untuk melestarikan alam loh.

3. Taman Nasional Berbak

Tidak hanya Hutan Bakau, tempat wisata di Muara Sabak yang harus dikunjungi adalah Taman Nasional Berbak. Taman Nasional ini sangat indah dan asri yang juga menyumbang devisa besar untuk Indonesia karena menarik banyak wisatawan asing.

Tempat wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Taman Nasional Berbak

Tempat wisata di Muara Sabak, Taman Nasional Berbak – Sumber: kawanbumi.wordpress.com

Taman Nasional Berbak ini memiliki banyak spesies flora langka misalnya jernang, anggrek bahkan tanaman lain yang sangat indah. Tidak hanya itu, Taman Nasional Berbak juga menyimpan banyak spesies hewan yang juga hampir punah misalnya Harimau Sumatera, Kijang, Beruang Madu, Macan Dahan, Tapir dan beberapa primata (Siamang dan Lutung). Hingga tidak heran bila Taman Nasional ini menjadi kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara.

Kamu bisa menemukan jejeran pohon bakau yang indah. Uniknya, air sungainya bewarna hitam, namun justru itu yang membuatnya sangat menarik.  Bagi kamu penyuka tantangan dan tracking, kamu harus kunjungi Taman Nasional Berbak ini, petualangan alam akan kamu rasakan dengan suguhan alamnya yang menakjubkan.

4. Pantai Cemara

Pantai Cemara merupakan salah satu tempat wisata di Muara Sabak yang ramai dikunjungi. Pantai Cemara ini tepat berlokasi di Kecamatan Sadu.

Uniknya dari pantai ini, setiap bulan Oktober hingga Februari, akan ada ribuan burung yang bermigrasi singgah sebentar di pantai ini. Inilah yang menjadi suatu keunikan dan daya tarik Pantai Cemara. Menurut informasi, ribuan burung itu akan bermigrasi dari Siberia mnuju Australia loh. Bila ke Pantai Cermin, kamu harus bersiap dengan kameramu ya. Pesona pantai dan burungnya harus diabadikan.

5. Pulau Behala

Ini merupakan salah satu tempat wisata di Muara Sabak yang juga menjadi tempat wisata favorit loh. Kamu hanya mnempuh waktu sekitar 45 menit saja naik speed boat untuk bisa sampai ke Pulau Berhala dari Nipah.

Tempat wisata di Muara Sabak, Pulau Berhala

Tempat wisata di Muara Sabak, Pulau Berhala – Sumber: en.rihlahsumatera.com

Tenang, kamu bisa menggunakan jasa travel untuk mengantarkanmu sampai di pulau yang menakjubkan itu. Sampai di Pulau Berhala, kamu akan disambut dengan pesona pasir putihnya yang berbaur dengan dentuman ombak yang tenang. Tidak hanya itu, Pulau Berhala memiliki air laut yang sangat jernih dengan banyak karang besar tersusun di tepinya yang pasti membuatmu terpukau.

6. Pulau Penyu

Selain Pulau Berhala, Pulau menarik yang juga menjadi tempat wisata di Muara Sabak adalah Pulau Penyu. Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Sadu ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni loh.

Tempat wisata di Muara Sabak, Pulau Penyu

Tempat wisata di Muara Sabak, Pulau Penyu – Sumber: yukpigi.com

Nah, buat kamu yang menginginkan ketenangan sambil bermanja dengan pesona alam, tempat ini sangat cocok kamu datangi. Walaupun terbilang sangat kecil, pulau ini memiliki pesona pantai yang sangat indah seluruh garis pantainya.

Leave a Reply