Budaya

Sejarah Permainan Tapak Gunung yang Perlu Diketahui

Sejarah Permainan Tapak Gunung yang Perlu Diketahui 1

manfaat Permainan Tapak Gunung - foto ig @syarifatuladibah

Permainan tapak gunung adalah permainan yang sangat disukai oleh anak-anak. Baik mereka laki-laki ataupun perempuan pasti berminat dengan permainan tradisional yang satu ini.

Karena itu, tidak mengapa sejarah permainan tapak gunung dijelaskan kepada mereka.

Apa Itu Permainan Tapak Gunung?

sejarah permainan tapak gunung

sejarah permainan tapak gunung // Merah Putih

Permainan tapak gunung adalah permainan yang merupakan gabungan antara kesenangan dengan olahraga.

Sebab, di dalam permainan ini, sang pemain harus melewati kotak-kotak yang ditulis di atas tanah dengan cara melompat satu kaki.

Ketika sudah melewati satu putaran, maka si pemain harus melempar batu ke dalam kotak-kotak tertentu dengan cara membelakanginya.

Kalau batu tepat di tengah kotak, maka berarti kotak tersebut dikuasai dan tidak boleh diinjak oleh pemain lain.

Si pemenang dari permainan tapak gunung adalah pemain yang menguasai kotak lebih banyak.

Sedangkan yang kalah atau yang kena hukuman adalah yang sama sekali tidak punya kotak yang berarti belum pernah berhasil melewati permainan selama satu putaran karena sering menginjak kotak milik pemain lain.

Baca Juga:

Sejarah Permainan Tapak Gunung

permainan tapak gunung

permainan tapak gunung // Seruni.id

Menurut sejarahnya, tapak gunung bukan asli permainan tradisional asal Indonesia. Melainkan dari daratan Eropa yang mana anak-anak perempuan di sana sudah banyak yang memainkannya.

Karena itu, ada anggapan kalau permainan tapak gunung dipopulerkan di Indonesia oleh orang-orang Belanda. Sebab, ada beberapa dokumentasi yang menjadi bukti kalau noni-noni keturunan Belanda di kala itu sedang bermain engklek atau tapak gunung.

Beberapa dokumentasi lain juga menyimpulkan, kalau permainan tradisional tapak gunung muncul pertama kali ketika Indonesia masih dijajah Belanda atau masih bernama Hindia Belanda. Karena alasan ini, wajar kalau disebutkan permainan tapak gunung bukan permainan lokal melainkan permainan dari luar negara.

Kisah sejarah permainan tapak gunung yang lengkap memang belum diketahui dengan pasti. Tetapi, sepertinya anggapan kalau permainan ini dibawa dari Eropa adalah sejarah yang hampir mendekati kenyataan.

Permainan Tapak Gunung

Permainan Tapak Gunung – foto ig @sintasdotco

Bahkan tersiar kabar kalau ternyata permainan ini dibawa oleh orang-orang Inggris yang kebetulan berkunjung ke Hindia Belanda untuk menemui sejawatnya di sana. Mereka yang sering kali membawa anak-anak ini, ikut memperkenalkan permainan tapak gunung kepada noni-noni Belanda.

Cuma di waktu itu namanya masih belum tapak gunung tetapi permainan Zondaag-Mandaag atau dalam istilah inggris disebut Hopscotch.

Ketika sudah berbaur menjadi permainan yang juga dimainkan oleh anak-anak Indonesia di berbagai daerah maka namanya menjadi tapak gunung, engklek atau dampu bulan.

Baca Juga:

Manfaat Permainan Tapak Gunung

Permainan Tapak Gunung bukan hanya sekadar permainan tradisional yang tanpa arti. Melainkan ada banyak manfaat dari permainan ini yang sangat bagus untuk anak-anak. Ini manfaat yang dimaksud:

1. Manfaat Kesehatan

manfaat Permainan Tapak Gunung

manfaat Permainan Tapak Gunung – foto ig @syarifatuladibah

Karena tapak gunung adalah permainan kolaborasi antara hiburan dengan olahraga, tentu manfaat pertamanya adalah untuk kesehatan. Sebab, di dalam permainan ini anak-anak akan bergerak dengan cara melompat dan berdiri di atas satu kaki.

Selain itu, mereka juga melakukan aktivitas melempar batu atau benda padat lain dengan cara tidak melihat. Paling tidak dengan gerakan ini, fisik serta motorik mereka lebih bagus, mereka juga memiliki stamina yang prima.

2. Manfaat Kekompakan

manfaat dari Permainan Tapak Gunung

manfaat dari Permainan Tapak Gunung – oto ig @lazuardikarima

Permainan tapak gunung kurang menarik jika tidak dimainkan bersama teman yang lain. Bahkan, sebelum mulai bertanding pun mereka sudah bekerja sama untuk mempersiapkan sarana bermain yang dibutuhkan.

Ada anak yang menulis kotak-kotak di atas tanah, mencari batu untuk sarana melempar, mencari alat untuk menentukan pemain pertama yang bermain serta ada anak yang bertugas sebagai wasit permainan.

3. Manfaat Keakraban

Sejarah Permainan Tapak Gunung

Sejarah Permainan Tapak Gunung – foto ig
@teraskreatif

Manfaat permainan tapak gunung yang berikutnya adalah untuk meningkatkan keakraban anak yang satu dengan yang lainnya. Sebuah permainan yang bagus daripada anak hanya bermain ponsel yang membuatnya menjauh dari lingkungan.

Dengan permainan tradisional semacam ini, anak lebih memiliki rasa peka terhadap lingkungannya. Bahkan ia menjadi tahu bagaimana cara bersikap yang baik agar teman-temannya tidak marah dan menjauhinya.

Itulah penjelasan singkat tentang sejarah permainan tapak gunung serta manfaatnya bagi anak. Jika melihat dari review singkat ini, memang layak permainan tapak gunung diperkenalkan kepada anak-anak di Indonesia.

Leave a Reply