Budaya

5 Alat Musik Tradisional Kalimantan Yang Masih Sering Dimainkan

Sampek adalah Alat Musik Tradisional Kalimantan

Sampek adalah Alat Musik Tradisional Kalimantan - foto @oln_roy2k

Alat Musik Tradisional Kalimantan – Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau besar di Indonesia, beragam keindahan alam dan budaya banyak ditemui di pulau yang sering disebut sebagai Nusa Kecana ini.

Beragam kebudayaan itu melahirkan banyak alat musik tradisional yang menjadi ciri khas dari pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan sendiri terbagi dalam lima provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat.

Dari kelima provinsi tersebut terdapat beragam alat musik tradisional bebrapa diantaranya sering digunakan dalam tarian adat dan upacara adat.

Mengenal Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia, pulau yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia ini terbagi dalam lima provinsi besar yang memiliki keunikan masing-masing.

Baca Juga ya :

Tarian Adat Kalimantan Tengah

Tari Giring-Giring Tari Adat Tradisional Dari Kalimantan Tengah – Sumber : Pinterest

Selain itu, nilai budaya yang masih cukup kental di pulau tersebut menjadi daya tarik tersendiri, seperti, suku dayak yang masih tetap terjaga nilai luhur budayanya, kelestarian alam di Kalimantan serta kain khas Kalimantan yang keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, keindahan alam yang ada disana menjadi daya pikat wisatawan untuk mengunjungi Kalimantan, kebudayaan yang kental telah menghasilkan beragam peninggalan asli khas Kalimantan.

5 Alat Musik Tradisional Kalimantan

Berikut ini adalah 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan yang biassa dimainkan saat acara-acara adat atau saat sehari-hari oleh masyarakat Kalimantan.

1. Rebab/Rabab Alat Musik Tradisional Kalimantan

Alat Musik Tradisional Kalimantan yang pertama adalah Rebab. Alat musik tradisional ini memiliki bentuk seperti biolah hanya saja rebab sedikit lebih unik dengan bulatan yang dijadikan sebagai kotak bunyi yang dibuat dari tempurung kelapa. Lalu ada alat gesek untuk mengesek 2 senar yang dipasang pada badan Rebab.

Rebab Alat Musik Tradisional Kalimantan

Rebab Alat Musik Tradisional Kalimantan – foto bobo.grid.com

Setiap bagian dari alat music rebab sendiri terbuat dari bahan-bahan yang berasal langsung dari alam, seperti alat gesek yang terbuat dari kayu dan rambut kuda, lapisan tempurung kelapa yang terbuat dari kulit ular piton sehingga menambah kesan estetika dari alat music tradisional ini.

Rebab sendiri seringkali digunakan oleh suku dayak ngaju dalam upacara-upacara adat yang berkaitan dengan roh-roh para leluhur atau biasa dikenal dengan upacara Manyangiang.

2. Sampek

Sampek adalah Alat Musik Tradisional Kalimantan

Sampek adalah Alat Musik Tradisional Kalimantan – foto @oln_roy2k

Alat Musik Tradisional Kalimantan selanjutnya adalah Alat musik Sampek yang berasal dari Kalimantan Timur.

Jika dilihat sekelias Sampek seperti gitar akan tetapi sampek memiliki keunikan dari bentuknya yang sedikit lonjong dan pada bagian belakang sedikit menyembul keluar, serta ada ornamen lukisan khas Kalimantan yang unik pada alat music Sampek ini.

Sampek sendiri seringkali digunakan untuk membersamai kegiatan adat dan tarian adat seperti tari Hudoq yang ditarikan pada musim panen, bersih desa ataupun musim tanam.

3. Senggayung

Senggayung, alat musik kalimantan - foto insidepontianak.com

Senggayung, alat musik kalimantan

Alat Musik Tradisional Kalimantan selanjutnya adalah Senggayung. Alat musik ini sekilas memang mirip seperti angklung dan terbuat dari bambu cara memainkannya pun hampir sama dengan angklung yaitu dengan cara saling dipukulkan satu dengan yang lainnya.

Nada yang dihasilkan oleh Senggayung sendiri terdengar merdu dan sangat enak didengar.

Cara memainkannya, pasangan alat senggayung yang bernada lebih rendah dipegang oleh tangan kini. Sedangkan yang bernada lebih tinggi dipegang oleh tangan kanan. Pasangan senggayung yang berada di taggan kanan inilah yang berfungsi sebagai pemukul.

Senggayung sendiri sering digunakan oleh masyarakat Kalimantan Barat dalam acara musim buah, penen di lading dan lainnya.

4. Sarunai Banjar

Sarunai Banjar, Alat musik tradisional suku Banjar Kalimantan Selatan

Sarunai Banjar, Alat musik tradisional suku Banjar Kalimantan Selatan – foto @paman_mahrani

Alat Musik Tradisional Kalimantan yang satu ini datang dari Suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan.

Nama alat musik khas Banjar ini adalah Sarunai Banjar dimana alat ini sekilas lebih mirip dengan alat musik terompet.

Alat musk sarunai memiliki proporsi bentuk kecil pada bagian batangnya dan ada bulatan diujungnya sebagai tempat keluarnya nada saat bagian ujung lainnya ditiup oleh peniup Sarunai.

Sarunai Banjar sendiri kerap digunakan untuk mengiringi tarian adat, upacara adat dan seringkali dimainkan bersamaan dengan alat music lainnya seperti gong dan gendang.

5. Alat Musik Babun

Kalimantan Utara sendiri merupakan daerah pemekaran baru dan seacra resmi menjadi provinsi muda di Indonesia pada tahun 2012 lalu, sehingga sebagian besar alat music tradisional yang ada di Kalimantan timur memang tidak jauh berbeda dari kaliamantan lainnya.

alat musik babun

alat musik babun

Alat Musik Tradisional Kalimantan khususnya Kalimantan Utara adalah Babun. Babun adalah alat musik pukul tradisional yang banyak digunakan di hampir semua daerah di Kalimantan, termasuk Kalimantan Utara.

Babun sering digunakan untuk mengiringi kesenian tarian daerah dan pagelaran wayang kulit. Babun memiliki bentuk yang hampir sama dengan gendang, mirip sekali pun juga memainkannya sama dengan gendang.

Yang membuat beda dalam memainkannya hanya dari lagu yang ingin dimainkan apabila dalam suasana senang maka dimainkan dalam nada yang keras dan ramai pun sebaliknya jika dimainkan dalam suasana sendu.

2 Comments

  1. Nasywanisa

    Makasih atas jawabannya😊🙏

  2. Saya adalah Penggemar nya BTS😅Maaf kalo saya ngomong tentang BTS, dan gak ngomong tentang pelajaran🙏🙏🙏

Leave a Reply