kebudayaan

6 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Yang Masih Sering Dimainkan

Talempong, Alat Musik Tradisional Dari Sumatra

Talempong, Alat Musik Tradisional Dari Sumatra

Alat musik tradisional dari sumatera – Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai sejuta ragam budaya di dalamnya. Mulai dari ragam bahasa, budaya, dan adat istiadat serta kesenian.

Khususnya untuk kesenian musik tradisional yang berada di Sumatera, keunikanya ternyata tidaklah kalah dengan alat musik modern pada zaman sekarang.

Baca Juga:

Budaya Sumatera - Photo By Imujio

Budaya Sumatera – Photo By Imujio

Alat musik tradisional dari Sumatera ternyata memiliki begitu banyak jenis yang berbeda. Mulai dari alat musik petik, alat musik pukul, serta ada juga yang berupa alat musik tiup.

Untuk lebih jelasnya, kita simak saja penjelasan mengenai 6 alat musik tradisional dari Sumatera di bawah ini.

1. Alat Musik Talempong

Talempong Alat Musik Tradisional Dari Sumatra

Talempong Alat Musik Tradisional Dari Sumatra – Photo By Hamparan

Alat musik Talempong merupakan alat musik tradisional dari Sumatera. Bentuknya berupa beberapa gong berbentuk kecil, yang penempatannya disusun secara berderet.

Ukuran yang dimiliki Talempong beraneka ragam, dan terbuat dari kuningan. Bentuknya mirip dengan alat musik Bonang yang berasal dari Pulau Jawa. Penggunaannya biasa digunakan untuk memperingati upacara adat setempat.

2. Alat Musik Saluang

Saluang Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Saluang Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Photo By Hamparan

Alat musik Saluang juga merupakan alat musik tradisional dari Sumatera. Bentuknya berupa alat musik tiup, sekilas  menyerupai sebuah suling. 

Perbedaannya terletak pada jumlah lubang suara  yang mengeluarkan  bunyi. Saluang hanya memiliki empat buah lubang, sementara suling bisa lebih banyak.

Keunikan yang terdapat pada  alat musik ini adalah, dapat dimainkan dengan dua cara yang berbeda. Cara pertama dengan cara  meniupnya, dan cara kedua dengan cara menarik nafas seperti memainkan alat musik harmonika.

3. Alat Musik Rapai Atau Rebana

Rapai atau Rebana Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Rapai atau Rebana Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Photo By Hamparan

Alat musik tradisional dari Sumatera yang berikut ini bernama Rapai atau Rebana. Sama seperti alat musik rebana pada umumnya, Rapai merupakan salah satu jenis instrumen musik ritmis.

Bahannya terbuat dari kombinasi material kayu dan kulit sapi. Cara memainkan alat musik  ini adalah dengan cara dipukul, untuk dapat  mengeluarkan nada yang nyaring.

4. Alat Musik Arbab

Arbab Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Arbab Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Photo By Hamparan

Arbab juga merupakan salah satu alat musik tradisional dari Sumatera, Cara memainkannya  dengan cara digesek. Jika dilihat dengan seksama,  alat musik ini hampir mirip seperti alat musik Rebab.

Alat musik cukup unik karena terbuat dari kombinasi bahan antara batok kelapa, kayu, dawai, dan kulit kambing. Alat yang digunakan untuk membunyikanya, berupa busur yang terbuat dari rotan dan tumbuhan yang dikenal sebagai go arbab.

Arbab digolongkan sebagai alat musik melodis, sebab dapat menghasilkan nada tertentu yang berbeda, jika dimainkan dengan cara berbeda pula.

Sayangnya, instrumen ini sudah sangat langka, karena para generasi milenial yang sudah hijrah ke alat musik modern. Namun sesekali, masih dipertunjukkan sebagai pengiring lagu hikayat kuno.

5. Alat Musik Doli – Doli

Doli-Doli Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Doli-Doli Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Photo By Hamparan

Alat musik yang unik ini dikenal sebagai Doli-Doli, yang juga merupakan alat musik tradisional dari Sumatera. Bagi  masyarakat Melayu alat musik ini setara dengan alat musik Kolintang. 

Bahan yang digunakan sebagai material alat musik ini adalah kayu yang dipotong dari ukuran besar hingga kecil, untuk disesuaikan dengan  nada yang diinginkan.

Biasanya, alat musik  tradisional  ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional Sumatera yang lainnya, seperti Aramba dan Pakpak.

6. Alat Gendang Oku Atau Burda

Gendang Oku atau Burda Alat Musik Tradisioanl Dari Sumatera

Gendang Oku atau Burda Alat Musik Tradisioanl Dari Sumatera – Photo By Hamparan

Burda atau biasa dikenal juga sebagai Gendang Oku, merupakan sebuah alat musik tradisional dari Sumatera. Bentuknya sama seperti gendang yang berukuran besar. 

Bahannya terbuat dari sebuah kayu yang dikombinasikan dengan kulit hewan. Instrumen ini termasuk sebagai alat musik ritmis tradisional. 

Cara memainkannya  dilakukan dengan cara ditepuk pada sisi tengah bagian membrannya, menggunakan telapak tangan.

Acara-acara yang biasanya sering memainkan alat musik  ini adalah, seperti upacara pernikahan dan acara sakral lainnya.

**

Demikian ulasan tentang 6 alat musik tradisional dari Sumatera. Semoga artikel ini  dapat menjadikan kita lebih mencintai budaya musik tradisional di Indonesia.

 

1 Comment

  1. wah terima kasih kak jadi lebih tau alat tradisional yang ada di kepulauan indonesia sukses terus kak Perkenalkan nama saya ADRENSYAH Mahasiswa ISB Atmaluhur ISB Atmaluhur</

    1822500012@mahasiswa.atmaluhur.ac.id

Leave a Reply