Tari Adat, Budaya

Menyingkap Sejarah dan Makna Tari Persembahan Nuansa

Sejarah dan makna Tari Persembahan Nuansa

Ilustrasi foto Instagram: tuahristipro

Sejarah dan Makna Tari Persembahan Nuansa. Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang ber ibukota Banjarmasin. Dengan memiliki luas sekitar 37.530,52 km2 dan jumlah penduduk berkisar 4.244.096 jiwa, menyebabkan Kalimantan Selatan memiliki banyak keberagaman. Seperti yang kita tau, Kalimantan Selatan merupakan salah satu penyumbang devisa yang besar dalam sektor pariwisata. Provinsi ini memiliki objek wisata alam maupun buatan yang banyak menarik wisatawan dalam dan luar negeri. Adanya wisatawan ini karena daya tarik dari Kalimantan Selatan yang mampu mengolah keanekaragamannya menjadi sektor keuntungan yang baik.

Tari Persembahan Nuansa

Penampilan tari Persembahan Nuansa by kalsel.kemenag.go.id

Kalimantan Selatan terus berupaya dalam meningkatkan sektor pariwisata mereka, salah satu upaya yang dilakukan adalah menghadirkan budaya adat istiadat. Beragam budaya seperti music, makanan dan minuman, pakaian adat, rumah adat, ataupu melalui seni. Salah satu budaya adat yang masih sangat eksis dewasa kini adalah  berkaitan dengan Sejarah dan Makna Tari Persembahan Nuansa.

Pengertian dan Makna Tari

Sebuah tarian berisi gerakan yang indah dipadukan dengan alat musik, dilakukan di suatu tempat dan berdurasi waktu tertentu. Sebuah tari bukan hanya sebagai hiburan semata, namun tarian juga bertujuan sebagai ekspresi perasaan atau pikiran. Melalui tarian, pencipta ingin menyampaikan sesuatu, bisa tentang sebuah tragedi cerita rakyat, harapan atau doa, dan juga kisah lainnya. Demikian halnya dengan Sejarah dan Makna Tari Persembahan Nuansa ini.

Ada banyak sekali jenis tarian dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas daerahnya. Salah satu tarian yang banyak daerah miliki adalah Tari Persembahan. Tari Persembahan merupakan tarian yang dipertontonkan kepada tamu tertentu sebagai penyambutan kedatangan. Begitu juga dengan Kalimantan Selatan yang memiliki Tari Persembahan Nuansa sebagai tari adatnya. Berikut ini adalah sejarah dan makna Tari Persembahan Nuansa.

Sejarah Tari Persembahan Nuansa

Pagelaran Tari Persembahan Nuansa

Pagelaran Tari Persembahan Nuansa by www.silontong.com

Tari Persembahan Nuansa adalah tari klasik berasal dari Kalimantan Selatan. Pada awalnya muncul tari persembahan di Kalimantan Selatan adalah sebagai upacara penyambutan kepada tamu kerajaan yang datang. Namun seiring berjalannya waktu, banyak lagi bermunculan tari persembahan yang mengalami modifikasi. Tarian ini kini dilakukan juga sebagai penyambutan kepada tamukerajaan ataupun tamu pada acara khusus lainnya.

Tari Persembahan Nuansa dipersembahkan atas kedatangan para tamu yang baru saja menginjakkan kaki di Bumi Lambung Mangkurat. Tamu yang dimaksud adalah tamu kehormatan yang menghadiri acara kedaerahan ataupun resmi. Jika anda berkunjung ke Kalimantan Selatan saat acara peringatan Hardiknas ataupun HUT RI, mungkin saja anda akan bisa melihat penampilan Tari Persembahan Nuansa.

Makna Tari Persembahan Nuansa

Sejarah dan makna Tari Persembahan Nuansa

Ilustrasi foto Instagram: tuahristipro

Sejarah dan makna Tari Persembahan Nuansa. Tari Persembahan Nuansa diperagakan oleh para gadis-gadis yang cantik sembari membawa sebuah wadah berisi bunga yang kemudian akan ditaburkan. Bunga yang ditaburkan sebagai wujud syukur untuk segala rahmat dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Ciri dari Tari Persembahan Nuansa adalah busana cerah yang digunakan oleh penari menggunakan selendang yang dililitkan di pinggang dan juga  kecondongan tari untuk lebih menampilkan kepada aspek islami dengan keanggunan dan kelemah lembutan. Selain itu, Tari Persembahan Nuansa juga memiliki gerakan yang unik dan menarik dari lemah gemulai penarinya.  Biasanya tarian ini diperagakan oleh penari berjumlah ganjil, setidaknya ada lima atau tujuh orang penari.

Tari Persembahan Nuansa

Tari Persembahan Nuansa by m.kumparan.com

Tari Persembahan Nuansa juga bukan hanya sebagai penyambutan kepada tamu, namun juga sebagai bentuk kegembiraan dari tuan rumah karena kedatangan tamunya dengan menghadirkan nuansa ceria dan senang. Menjadi tuan rumah haruslah tersenyum dan ramah pada tamu. Dengan tarian ini juga diharapkan akan terjalin hubungan kekerabatan yang baik antara tamu dan tuan rumah.

Sejarah dan Makna Tari Persembahan Nuansa sebagai ikon suatu Kalimantan Selatan juga seringkali diperlombakan baik di tingkat sekolah ataupun umum. Itulah mungkin mengapa, tari ini juga dipelajari di ekstrakulikuler sekolah di Kalimantan Selatan, selain untuk melestarikan budaya, hal ini juga untuk mempertahankan eksistensi sebenarnya dari Tari Persembahan Nuansa.

Nah itu tadi adalah uraian singkat tentang sejarah dan makna Tari Persembahan Nuansa. Semoga dengan mempelajari asal muasal suatu budaya akan menambah kecintaan kita pada budaya tersebut.

Leave a Reply