Tari Adat

Sejarah dan Makna Tari Maitik

Sejarah dan Makna Tari Maitik

Pentas Tari Maitik by ditcio.id

Sejarah dan Makna Tari Maitik. Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sudah tidak asing perihal kekayaan wisata maupun budayanya. Dengan kekayaan tersebut, Kalimantan Selatan menjadi sorotan bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Di tanah Banjar Kalimantan Selatan ini, selain bisa menikmati keindahan alam, wisatawan juga akan disuguhkan dengan keanekaragaman budayanya yang unik.

Salah satu bentuk budaya di Kalimantan Selatan yang paling mengena di benak wisatawan adalah kesenian tari adat. Tari Adat ini, selain menjadi hiburan bagi wisatawan, juga mengandung nilai-nilai kesejarahan dan makna filosofis di dalamnya. Adapun tari yang dewasa ini menjadi buah bibir wisatawan adalah Tari Maitik.

Nah, sudah tahukah anda tentang apa itu Tari Maitik? Pernahkah anda melihatnya? Yuk simak ulasan berikut tentang sejarah dan makna Tari Maitik:

Anda juga bisa melihat beberapa artikel kami mengenai tari Adat, seperti Tari Adat Kuda Gepang, Tari Tayub, Tari Gareng Lameng, Tari Banjar Kemuning.

Sejarah Tari Maitik

Ternak Bebek

Ternak Bebek di Kalimantan Selatan by finansialku.com

Jika dilihat dari aspek geografisnya, masyarakat di Pahuluan Banjar, Kalimantan Selatan, mayoritas tinggal di dekat rawa. Kondisi ini mempengaruhi sistem mata pencaharian penduduk di wilayah tersebut. Awalnya penduduk bermata pencaharian sebagai petani, namun dalam setahun petani hanya akan panen sekali. Oleh karena itu, kurang lebih 70% dari jumlah warganya merangkap kerja menjadi peternak, yakni peternak itik atau bebek. Inilah yang menjadi dasar dari sejarah dan makna Tari Maitik atau disebut juga Tari Itik.

Makna Tari Maitik

Pentas Tari Maitik

Pentas Tari Maitik by ditcio.id

Dari sejarahnya, menjadi peternak itik sudah menjadi hal yang turun temurun di Kalimantan Selatan, Tari Maitik dibuat untuk mengenang atau menggambarkan kehidupan peternak itik di Kalimantan Selatan.  Jadi sejarah dan makna Tari Maitik sebenarnya mengisahkan tentang keseharian peternak itik.

Tari Maitik menunjukkan bagaimana cara masyarakat Kalimantan Selatan dalam menjaga itiknya, itik-itik tersebut digiring dan diatur agar menjadi tertib dan teratur. Penari akan memperagakan gerakan dari itik termasuk bagaimana cara berjalan itik. Tari ini seolah mempraktekkan seperti apakah peternak itik itu dan bagaimanakah tingkah polah itiknya. Dari sini, mengetahui sejarah dan makna Tari Maitik menemui urgensinya.

Properti Tari Maitik

Sejarah dan makna tari maitik

Sejarah dan makna tari maitik by instagram mulia.makeup

Sesuai dengan latarbelakang sejarah dan makna Tari Maitik, properti yang digunakan adalah selendang yang di sematkan di pinggang dan juga ketopong itik yang dipakai di kepala penari sebagai ciri khas Tari Maitik. Ketopong ini menandakan sebagai seekor itik sedangkan selendangnya diibaratkan sayap itik. Pakaian tersebut menjadi salah satu pakaian Adat Kalimantan Selatan.

Penari bisa diperagakan oleh pria maupun wanita. Dalam Tari Maitik, ada beberapa penari yang berperan sebagai itik dan juga pawang atau pengatur yang menjaga itik-itik tersebut. Pawang ini bertugas melindungi dan mengawasi itik. Itik-itik akan patuh pada pawang dan mengikuti arahan sang pawang.

Pentas Tari Maitik

Tari Maitik

Pentas Tari maitik by resasorayaa.blogspot.com

Untuk melestarikan sejarah dan makna Tari Maitik ini masyarakat sering melakukan pementasan dalam acara-acara tertentu. Pelaksanaan tari itik sendiri  bisa dilakukan saat pentas hiburan warga, pentas kelulusan sekolah, untuk lomba, atau kegiatan menarik lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melihatnya secara online di Youtube untuk kreasi Tari Maitik dewasa ini. Tarian ini bisa diperankan oleh anak-anak maupun dewasa. Gerakannya terbilang lucu namun lembut dan halus.

Tari Maitik juga terbilang fleksibel karena bisa diperagakan dengan hijab ataupun non-hijab. Dengan kostum warna warni diiringi alat musik yang khas akan menambah asri suasana yang digambarkan, sebagaimana sejarah dan makna dari Tari Maitik itu sendiri, yakni menggambarkan keseharian masyarakat peternak itik di Kalimantan Selatan.

Nah, itulah tadi sejarah dan makna Tari Maitik dari Kalimantan Selatan yang masa kini telah banyak diperagakan di mancanegara. Harapan dari mempelajari suatu sejarah atau asal muasal suatu budaya adalah untuk mempertahankan eksistensi dari budaya tersebut. Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang tidak kurang-kurang, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk tetap melestarikannya.

Leave a Reply