Budaya, Daftar Wisata, Inspirasi, Itinerary, Pengetahuan

Mengenal 5 Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian Adat Kalimantan Barat - Sumber : artisaanaldistro

Pakaian Adat Kalimantan Barat – Suku Dayak yang menjadi sebuah penduduk mayoritas yang tinggal di Kalimantan Barat banyak sekali menyumbang kebudayaannya berupa pakaian adat. Di Kalimantan Barat ini pakaian adat tersebut rata-rata berasal dari suku Dayak dengan berbagai keunikan serta corak yang khas juga mudah untuk dikenali.

Pakaian adat yang berasal dari suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat ini memang hampir sama saja dengan pakaian Dayak yang ada dari provinsi lain di Kalimantan yang dikenal dengan sebutan Borneo ini. Berikut ini ada beberapa nama, keunikan serta penjelasan secara singkat tentang pakaian adat Kalimantan Barat

1. Pakain Adat King Bibinge

King Bibinge, Pakaian Adat Kalimantan Barat

King Bibinge, Pakaian Adat Kalimantan Barat – Sumber : artisanaldistro

King Bibinge merupakan pakaian adat Kalimantan Barat yang biasa dipakai oleh kaum perempuan dari suku Dayak. Pakaian adat ini diketahui terbuat dari bahan tradisional yaitu dari sebuah kulit kayu bernama Kapuo serta juga tanaman yang disebut dengan Ampuro.

Bentuk dari baju adat Kalimantan Barat yang biasa isebut dengan King Bibinge ini juga tidak mempunyai lengan tapi bisa menutup dengan baik pada bagian-bagian wanita yang seharusnya untuk ditutup. Bagian bawah dari busana ini ada rok dengan bahan yang sama, stagen pada bagian pinggang serta juga penutup dada yang disebut kemben.

Baca juga :

2. Pakain Adat King Baba

Pakain Adat King Baba dari Kalimantan Barat

Pakain Adat King Baba dari Kalimantan Barat – Sumber : artisaanaldistro

King Baba merupakan pakaian adat suku Dayak atau pakaian adat kalimantan Barat yang dipakai oleh para kaum pria. Bentuk serta coraknya hampir sama dengan yang biasa yang dipakai oleh kaum wanita tapi bentuknya terlihat lebih sederhana. Bahan yang digunakan untuk bisa membuat pakaian adat ini juga berasal dari sebuah kulit kayu yang telah dipipihkan.

3. Pakian Adat King Kabo

Mengenal 5 Pakaian Adat Kalimantan Barat 1

Sumber : artisaanaldistro

Pakaian adat Kalimantan Barat ini juga termasuk pakaian adat Modern karena terlihat sudah mengalami pengembangan ataupun modifikasi sehingga menjadi sebuah pakaian adat yang unik tanpa harus melepaskan ciri khas aslinya. Pengembangan ini bisa juga terjadi karena kreasi orang pada jaman sekarang serta mengikuti perkembangan jaman.

Baju King Kabo merupakan pakaian yang telah dimodifikasi dari pakaian adat King Baba yang biasa dipakai oleh pria Dayak serta dipadukan dengan kain Sungkit. Kain Sungkit itu sendiri merupakan kain khas yang berasal dari negara tetangga terdekatnya yaitu negara Brunei Darussalam.

4. Pakaian Adat melayu Kalimantan Barat

Pakaian Adat melayu Kalimantan Barat

Pakaian Adat melayu Kalimantan Barat – Sumber : artisaanaldistro

Bentuk dari pakaian adat Kalimantan Barat yang satu ini berupa baju melayu. Baju ini sama dengan baju Melayu yang lainnya yaitu baju adat Teluk Belanga serta celana Cekak Musang yang sangat khas dengan suguhan budaya Melayu.

Pakaian adat Melayu ini juga biasa dipakai oleh negara tetangga terdekatnya yaitu negara Malaysia yang mana penduduk aslinya juga dari berasal suku Melayu. Kain yang digunakan untuk membuat pakaian adat Kalimantan Barat berupa baju Melayu ini terbuat dari kain songket khas dari Kalimantan Barat.

5. Pakain Adat Melayu, Buang Kuureng

Pakain Adat Melayu, Buang Kuureng

Pakain Adat Melayu, Buang Kuureng – Sumber : artisaanaldistro

Buang kuureng merupakan nama lain dari Baju Kurung yang biasa merupakan pakaian tradisional dari suku Melayu. Selain itu, untuk baju Kurung ini juga dipakai juga oleh masyarakat Melayu yang tinggal di negara Malaysia, Brunei Darussalam serta masyarakat dari berasal provinsi lain di Indonesia.

Tetapi untuk baju Buang Kuureng ini mempunyai ciri khas tersendiri dilihat dari corak yang dimilikinya, bahan serta desainnya. Baju adat Buang Kuureng yang biasa dipakai oleh wanita ini ada 2 jenis yaitu baju Kurung yang mempunyai lengan pendek yang disebut dengan Kuurung Sapek Tangan serta yang mempunyai lengan panjang yang biasa disebut dengan Kuurung Langke Tangan.

**

Demikian pembahasan tentang seputar pakaian adat Kalimantan Barat yang mempunyai nilai sejarah, keunikan, ciri khas yang sangat menarik. Serta penjelasannya untuk bisa menambah pengetahuan Anda tentang budaya asli yang berasal dari provinsi Kalimantan Barat ini.

Leave a Reply