Daftar Wisata, Fashion, Inspirasi, Itinerary

Mengenal 5 Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan Tengah - Sumber : sejarah.negara

Pakaian Adat Kalimantan Tengah. Memang tidak usah ditanyakan lagi, bahwasanya negara kita tercinta ini Indonesia sangat terkenal akan budaya serta adat istiadatnya ataupun berbagai macam kesenian daerah yang ada di Indonesia. Hal ini jelas saja, karena seperti yang sudah Anda ketahui bersama, maka Indonesia mempunyai beribu pulau yang telah terbentang dari Sabang sampai Merauke

Setiap pulau tersebut mempunyai budaya yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Dan yang lebih uniknya lagi, berbagai perbedaan tersebut bukanlah menjadi suatu pemisah diantara Anda semua sebagai rakyat Indoensia. Namun kebalikannya,  adanya perbedaan tersebut justru bisa menjadi sebagian alat untuk bisa memperkaya budaya di negara ini.

Salah satu budaya yang akan dibahas yaitu mengenai budaya yang diketahui berasal dari Kalimantan Tengah. Adapun beberapa pakaian adat dari Kalimantan Tengah antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Baju Pawang

Baju Pawang, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Pawang, Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Sumber : sejarah.negara

Baju pawang ini merupakan salah satu dari Pakaian Adat Kalimantan Tengah yang biasanya sering digunakan dalam berbagai jenis tarian Kalimantan Tengah. Baju Pawang itu sendiri biasanya terbuat dari serat kayu ataupun serat tumbuhan khusus yang sangat dipercaya mempunyai ilmu magis.

Baju pawang ini terlihat dihiasi dengan berbagai manik dan juga rumbai benang yang sangat indah. Pada umumnya untuk Baju Pawang itu sendiri akan dipakai oleh para ulama ketika mereka sedang memanjatkan doa untuk bisa mendatangkan hujan, meminta perlindungan jika memang ada roh jahat serta juga menyembuhkan orang sakit.

2. Baju Berantai

Baju Berantai, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Berantai, Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Sumber : tradisikita

Baju Berantai adalah salah satu Pakaian Adat Kalimantan Tengah. Baju adat ini juga merupakan salah satu dari baju yang berasal dari suku Dayak Kalimantan. Baju berantai ini sendiri terbuat dari beberapa besi, namun meski demikain untuk baju yang satu  ini sudah banyak sekali tercampur dengan adanya pengaruh budaya luar, karena mengingat ini adalah baju perang

Sekarang seiring dengan perkembangan zaman maka baju ini  sudah di modifikasi namun jug tak menghilangkan identitas aslinya. Baju ini berfungsi untuk  baju berperang pada zaman dahulu, untuk  itulah keberadaan baju ini sangat tinggi nilai historinya.

Baca juga :

3. Baju Sangkrut

Baju Sangkurat, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Sangkurat, Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Sumber : bahassemua

Baju sangkrut juga merupakan salah satu dari baju yang biasa digunakan untuk berperang oleh suku Dayak pada zaman dahulu. Baju Sangkurat yang menjadi Pakaian Adat Kalimantan Tengah ini terbuat dari serat daun nenas, serat daun lemba, serta njuag serat nyamu. Selain itu, untuk baju sangkrut ini juga dihiasi sulau ataupun kulit kerang,

Banyak orang yang menyebutnya baju sangkrut ini baju sulau.  Karena baju ini merupakan salah satu baju perang yang ada pada zaman dahulu oleh suku Dayak, maka baju ini tergolong salah satu baju yang cukup sangat melegenda. Namun sekarang ini baju sangkrut sudah biasa digunakan sebagai baju adat untuk pernikahan oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

4. Baju Tenunan, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Tenunan, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Tenunan, Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Sumber : sejarah.budaya

Baju Tenunan juga masuk kedalam daftar Pakaian Adat Kalimantan Tengah. Baju Tenunan juga menunjukkan bahwasanya yang ada di daerah Kalimantan Tengah ini juga terdapat kerajinan tenun yang cukup berbeda dari tenunan yang lainnya.

Baju tenun ini biasanya digunakan sebagai sebuah baju adat ataupun baju sehari-hari oleh masyarakat Kalimantan Tengah tersebut. Sayangnya kini Baju adat Tenunan sudah mulai susah dan jarang digunakan khususnya bagi warga dayak pedalaman.

Baca juga ya :

5. Baju Upak Nyamu

Baju Upak Nyamu, Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Upak Nyamu, Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Sumber : sejarah.budaya

Baju ini merupakan salah satu baju yang dibuat dari bahan yang sama dengan bahan untuk pembuatan rompi sangkrut khas pakaian adat dari Kalimantan Tengah, yaitu dari kulit kayu nyamu.

Pemakai baju ini juga akan menggunakan ewah ataupun cawat yang menutupi bagian dari kemaluannya. Yang membedakan, untuk baju nyamu ini tidak akan dihiasi dengan lukisan ataupun tempelan. Baju ini  berupa rompi polos tanpa lengan.

Inilah beberapa mengenai pakaian adat Kalimantan Tengah beserta penjelasanya yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan Anda mengenai budaya negara ini. Sampai jumpa, salam cinta budaya.

 

 

Leave a Reply