Budaya, Daftar Wisata, Harga Tiket, Inspirasi, Itinerary, Museum, Pengetahuan

Mengenal Sejarah Dengan Berkunjung ke Museum Deli Serdang Sumatera Utara

Mengenal Sejarah Dengan Berkunjung ke Museum Deli Serdang Sumatera Utara 1

Sumber : perempuannovember.com

Museum Deli Serdang Sumatera Utara – Museum ini diketahui berada satu kawasan dengan sebuah Kolam Renang Deli Serdang yaitu berada di wilayah Jalan Negara atau Kawasan Pusat Seni, Budaya dan Olahraga Lubuk Pakam. Lebih tepatnya lagi museum ini terletak tepat di samping dari Kolam Renang Deli Serdang ataupun seberang Komplek Kantor Bupati Deli Serdang.

Museum ini telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Gubernur Sumatera Utara sekitar pada tanggal 8 September 2018 yang lalu. Museum ini buka setiap hari Senin sampai dengan Minggu sekitar Pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Museum Deli Serdang

Museum Deli Serdang Sumber : twitter.com

Museum itu sendiri terdiri dari 3 lantai, menyuguhkan berbagai macam koleksi mulai dari adanya sejarah Deli Serdang, sejarah dari Kesultanan melayu Deli dan Serdang. Museum ini juga telah menyuguhkan berbagai cerita perjuangan serta perang yang pernah terjadi di deli Serdang. Dilantai 1 menuju ke lantai 2 maka Anda akan banyak menemukan berbagai cerita tentang sejarah putri hijau.

Pada lantai kedua, maka Anda bisa melihat berbagai koleksi dari Kesultanan Serdang. Koleksi berupa pakaian, alat musik dan perlengkapan rumah tangga sampai dengan sebuah prasasti di masa itu.

Museum Deli Serdang

Museum Deli Serdang – foto lpmdinamika

Marilah berwisata ke Kabupaten Deli Serdang, kemudian jadikan pariwisata di Deli Serdang tersebut lebih maju dengan tetap terus menjaga kebersihan selama Anda berwisata disana. Kenali akan Deli Serdang melalui sebuah Museum Deli Serdang yang menyimpan banyak sekali sejarah.

Baca juga :

Lokasi Museum Deli Serdang

Lokasi Museum Deli Serdang ini terletak di Lubuk Pakam, sebuah Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah Deli Serdang, Sumatera Utara.

Koleksi Museum Deli Serdang

Koleksi yang ada di Museum Deli Serdang ini antara lain berbagai pakaian adat Melayu, Karo, serta Simalungun. Terdapat pula alat musik serta mata uang asing. Museum Deli Serdang ini menyimpan berbagai ragam tentang sejarah serta budaya yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Ketika Anda melangkah masuk saja maka Anda sudah akan disambut dengan pemandangan berbagai ragam baju adat.

Pakaian Adat

Pakaian adat di Museum Deli Serdang

Pakaian adat di Museum Deli Serdang – Sumber : tribunnews

Ada berbagai ragam pakaian adat Melayu, Karo, Simalungun, Toba, Jawa serta Nias. Berbagai baju adat tersebut terlihat dipakaikan pada sepasang patung perempuan dan laki-laki yang terlihat dipajang dietalase kaca.

Peralatan Musik dan Peralatan Hidup

Alat Musik di Museum Deli Serdang

Alat Musik di Museum Deli Serdang – Sumber : detiktravel

Di Museum Deli Serdang ini juga terdapat peralatan musik dari berbagai suku yang terdapat di Sumatera Utara. Serta terdapat juga peralatan hidup berbagai suku tersebut. Alat musik dalam museum ini diberi pembatas supaya tidak disentuh pengunjung.

Foto-foto, Lukisan dan Mata Uang Kuno

Mengenal Sejarah Dengan Berkunjung ke Museum Deli Serdang Sumatera Utara 2

Sumber : infopublik

Selain itu, di museum ini ada juga terdapat koleksi berbagai foto tua kerajaan Deli Serdang. Lukisan dari berbagai pertempuran Medan Area serta koleksi mata uang kuno. Tak hanya itu, maka ada pula berbagai ragam benda koleksi yang lainnya yang dipajang pada dinding ruangan, yang seharusnya tidak boleh luput dari pandangan mata.

Museum Deli Serdang ini akan telah didesain dengan sebuah konsep itik pulang petang. Hal ini merupakan sebuah konsep bentukan sebuah massa dari salah satu macam ornamen Melayu. Bisa diartikan juga sebagai sebuah bentuk pengharapan. Bentuk desain yang seperti ini juga bisa memberi ruang yang dinamis, modern serta fleksibel.

Meski dalam proses pembangunan museum ini terdapat beberapa kendala, akan tetapi struktur dari bangunan ini sudah tampak berdiri kokoh. Banyak para pengunjung mulai senang wisata edukasi ini. Disini Anda bisa mengenal berbagai macam sejarah sekitar wilayah Deli Serdang.

Leave a Reply