4 Pakaian Adat Daerah Kalimantan Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Itinerary, Pengetahuan

4 Pakaian Adat Daerah Kalimantan Selatan

4 Pakaian Adat dari Daerah Kalimantan Selatan

pakaian adat kalimantan selatan | bahassemua.com

Pakaian Adat Daerah Kalimantan Selatan – Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang beribu kota di Banjarmasin. Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 Km dengan populasi penduduk 4,2 juta jiwa.

Berdasarkan sejarah, Kalimantan Selatan dulunya merupakan bagian dari 3 kerajaan besar secara berturut-turut yaitu Kerajaan Negara Dipa, Kerajaan Negara Daha dan Kesultanann Banjar. Dan setelah proklamasi, Kalimantan dijadikan Provinsi sendiri sesuai dengan perjanjian Linggarjati.

Keanekaragaman sumber daya, tradisi maupun adat istiadat masih sangat kental dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya warisan leluhur. Termasuk pakaian adat daerah dari Kalimantan Selatan yang tentu selalu digunakan dalam upacara-upacara maupun kegiatan adat tertentu.

Berikut 4 pakaian adat Kalimantan Selatan.

1. Bagajah Gamuling Baular Lulut

4 Pakaian Adat Daerah Kalimantan Selatan

bagajah gamuling baulur lulut | banjarmasin.tribunnew.com

Pakaian adat daerah Kalimantan Selatan yang pertama adalah Bagajah Gamuling Lulut. Baik pria maupun wanita, menggunakan pakaian adat Bagajah Gamuling Baulur Lulut. Namun, tentu saja model pakaian adat pria dan wanita tidaklah sama.

Namun salah satu ciri khas dari pakaian adat Bagajah Gamuling Lulut adalah menggunakan rentetan yang kaya akan bunga-bunga melati dan bunga mawar. Sehingga membuat pria dan wanita yang mengenakan tampak lebih cantik dan gagah.

Untuk pakaian adat pria, bisa menggunakan baju atau pun tidak. Tapi biasanya memakai baju lengan pendek yang dihiasi dengan hiasan kilauan manic-manik. Baju yang dikenakan juga tidak memiliki kerah dan cara mengenakannya dapat disesuaikan dengan celana panjang maupun aksesoris seperti kalung samba, ikat pinggang, kain yang memiliki motif kelabang dan penutup kepalanya menggunakan mahkota berbentuk lidi yang melingkar.

Sementara untuk pakaian adat wanita, menggunakan kemban untuk menutup bagian dada dan ditambahkan dengan aksesoris seperti selendang, ikat pinggang, konde yang sudah disertai dengan mahkota, kuncup bunga melati dan kembang goyang.Untuk bagian bawah pakaian adat wanita menggunakan kain panjang bermotif kelabang untuk rok.

2. Baamar Galung Pancar Matahari

4 Pakaian Adat Daerah Kalimantan Selatan

baamar galung pancar matahari | mahligai-indonesia,com

Pakaian Baamar Galung Pancar Matahari merupakan pakaian adat daerah Kalimantan Selatan yang sudah ada sejak abad 17 lalu. Busana pakaian adat Baamur Galung Pancar Matahari ini mendapat pengaruh dari budaya Hindu dan Jawa. Dan saat masuknya Islam di Nusantara, pakaian adat ini tampak istimewa dengan balutan dan taburan dari payet. Kembang melati dan kembang mawar juga membuat aura yang mengenakannya semakin terpancar.

Leave a Reply