Museum, Daftar Wisata

5 Museum di Kota Medan

Museum Deli Serdang

Museum Deli Serdang - foto lpmdinamika

Museum di Kota Medan – Melakukan liburan adalah suatu kesenangan atau kesukaan dari banyak orang. rupanya waktu liburan itu sendiri tidak hanya di nantikan pada para orang dewasa saja. Namun rupanya liburan juga sangat di nantikan dan juga di tunggu oleh anak anak. Sebab dengan libumran mereka bebas dari aneka macam jenis kegiatan belajar dan juga tugas sekolah.

Ketika sedang berlibur orang pasti akan membuat suatu kegiatan. Entah itu melakukan kegiatan santai di rumah atau melakukan perjalanan mengunjungi suatu tempat. Biassanya ketika libur orang bisa memilih kemana mereka akan menghabiskan waktu libur. Entah itu akan menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke tempat wisata di dalam  negeri maupun juga di luar negeri.

Kota Medan

Kota Medan – foto SkyscraperCity

Kota medan tentu kita sudah tak asing lagi dengan kota ini. di mana kota medan itu terkenal sebagai ibu kota darri provinsi Sumatra utar. Sama seperti kota lain pada  umumnya yang juga mempunyai tempat wisata. Demikian juga dengan kota medan juga mempunyai beberapa tempat wisata.

Mungkin bagi orang yang tinggal di luar kota medan pasti akan merasa sedikit penasaaran dan juga ingin tahu. Seperti apa sih sebenarnya tempat wisata museum yang ada di kota medan itu. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua.

1. Museum Negeri Sumatera Utara

Image result for museum sumatera utara

museum sumatra utara- binissumatra.com

Museum di Kota Medan yang pertama ada Museum Negeri Sumatera Utara. Museum negeri Sumatra  utara ini yang terletak di Jalan HM Joni No. 15. Keunikan yang ada dan juga terpancar saat pertama melihat dan juga datang ke museum ini adalah bangunannya yang menggambarkan bentuk rumah tradisional dari provinsi Sumatera Utara.

Baca juga :

Di dalam bangunan museum Sumatra utara ini terdapat beberapa ruangan yang masing masing di antaranya memamerkan dan juga memperlihatkan aneka macam jenis koleksi berbeda. Beberapa ruangan tersebut adalah ruang megalith, ruang prasejarah, ruang kebudayaan kuno Sumatera Utara, ruang pengaruh Islam, ruang klasik pengaruh Hindu Buddha, ruang masa kolonialisme, ruang perjuangan kemerdekaan, ruang gubernur, ruang pahlawan nasional dari Sumatera Utara, dan ruang kebudayaan suku-suku di Sumatera Utara.

2. Museum Deli Serdang

Museum di Medan yang kedua adalah Museum Deli Serdang. Musium deli Serdang ini adalah salah satu jenis museum yang terletak di Lubuk Pakam, Kompleks Perkantoran Pemda Deli Serdang, Sumatera Utara.

Museum Deli Serdang

Museum Deli Serdang, Museum di Medan yang keren – foto lpmdinamika

Museum deli Serdang ini sudah di resmikan pada tahun 2003, museum ini mempunyai status sebagai Unit Pelaksana Teknis Seni dan Budaya. Koleksi yang terdapat di dalam museum ini antara lain pakaian adat Melayu, simalungun, karo, mata uang asing, dan alat musik.

3. Museum dan Galeri Rahmad

Musium selanjutnya adalah museum rahmad. Museum rahmad ini adalah museum yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman No. 309, kota Medan. Museum ini memiliki keunikan tersendiri, karena tidak seperti museum pada umumnya yang menyimpan koleksi benda bersejarah.

Galeri Rahmad Medan

Galeri Rahmad Medan – tribun medan

Justru museum ini mengoleksi berbagai jenis satwa dari berbagai belahan dunia yang telah di awetkan untuk di jadikan koleksi. Bahkan total keseluruhan satwa yang di museumkan dan juga di awetka in mencapai seribu.

4. Museum Zoologi Pematang Siantar

Museum Zoologi Pematang Siantar

Museum Zoologi Pematang Siantar – foto awalinfo.blogspot

Museum Zoologi Pematang Siantar berada di dalam kawasan Taman Hewan Pematang Siantar, tepatnya di Jalan Kapt. MH. Storis No. 10, kota Pematang Siantar, provinsi Sumatera Utara. Taman Hewan ini sendiri mengalami sejarah yang cukup panjang dan menghadapi berbagai masalah. pada awalnya taman ini berstatus sebagai Taman Zoologi dan Botani pada tahun 1936, lalu pada tahun 1956 Museum Zoologi juga dibangun.

5. Museum Perjuangan TNI

Museum Perjuangan TNI adalah museum yang terletak di  Jalan Zainul Arifin No. 8, Kelurahan Petisah, kecamatan Petisah, kota Medan. Melihat nama museumnya saja sudah jelas kalau museum ini menggambarkan bagaimana perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi mencapai kemerdekaan Indonesia tanpa takut mati dan pantang menyerah.

 

Leave a Reply