Museum

Inilah Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok - Foto: nasional.kompas.com

Museum Rasulullah Depok – Bagi umat Islam di seluruh dunia, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, atau Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, merupakan junjungan tertinggi. Manusia paling mulia yang syafaatnya begitu dinanti – nanti. Dan tentunya, tak sedikit umat Islam yang begitu menghormati, mengagumi, serta mengidolakan Nabi Muhammad SAW.

Perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW begitu penuh dengan cerita. Mulai dari masa kecilnya hingga beliau menjadi Rasul. Untuk mempelajari serta mengenang perjalanan Nabi Muhammad SAW inilah, sehingga didirikanlah Museum Rasulullah.

Indonesia Menjadi Negara Pertama di luar Arab

Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok – Foto: nasional.kompas.com

Di dunia, Museum Rasulullah ini tidak hanya ada di Indonesia. Sebelumnya, museum ini sudah ada di dua kota, yaitu Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy di Makkah dan Museum Shirah Nabawiyah di Madinah. Kemudian, Indonesia terpilih sebagai negara tempat museum ketiga didirikan, yaitu Museum Rasulullah yang ada di Depok, Jawa Barat.

Indonesia dipilih sebagai negara didirikannya museum ini karena Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang tinggi. Untuk itulah, negara Indonesia dipilih. Museum Rasulullah Depok ini belum didirikan sepenuhnya. Meski begitu, antusias masyarakat sekitar serta pemerintah begitu tinggi. Bahkan, masyarakat siap bergotong royong ikut membangun museum tanpa upah.

Pembangunan Museum Rasulullah Depok Berasal dari Putusan Raja Salman

Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok – Foto: republika.co.id

Pembangunan Museum Rasulullah Depok ini bukan asal membangun saja. Tapi, pembangunan museum ini berdasarkan atas putusan dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI). Raja Salman memberi kepercayaan kepada DMI untuk melakukan pembangunan Museum Rasulullah.

Dan Depok menjadi lokasi yang dipilih untuk pembangunan museum. Yang nantinya akan menjadi satu lokasi dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

DMI sendiri telah memiliki rancangan awal Museum Rasulullah Depok. Rancangan tersebut telah ditayangkan pada pertemuan dengan Yayasan Wakaf Assalam, Dr. Nashir Az-Zahroni. Yang mana nantinya, pembiayaan pembangunan akan dilakukan oleh Liga Muslim Dunia.

Pengumpulan Benda Peninggalan dari Seluruh Penjuru Dunia

Benda peninggalan Rasulullah begitu banyak. Tak hanya itu, benda – benda peninggalan beliau juga tersebar di seluruh dunia. Bahkan, Nashir dan timnya membutuhkan waktu kurang lebih 13 tahun untuk mengumpulkan semua naskah, manuskrip, dan seluruh benda peninggalan Nabi Muhammad dari seluruh penjuru dunia.

Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok – Foto: oomph.co.id

Benda – benda yang telah dikumpulkan itu nantinya akan dipamerkan di Museum Rasulullah Depok. Tentunya, di museum ini nantinya selain memajang benda peninggalan, juga akan menjelaskan sejarah mengenai benda peninggalan tersebut.

Jusuf Kalla, selaku Ketua DMI, berpesan supaya Museum Rasulullah Depok nanti juga menyertakan sejarah Islam di Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia juga memiliki sejarah perjalanan agama Islam, mulai dari masa kerajaan Islam hingga kesultanan. Dan tentunya, beberapa benda peninggalan dari sejarah Islam Indonesia juga akan ditampilkan di Museum Rasulullah Depok ini.

Dari Konsep 3D hingga Hologram

Rencananya, Museum Rasululah Depok nanti menggunakan konsep 3D dan hologram. Semua yang ditulis dalam sejarah akan ditampilkan di museum ini nantinya. Mulai dari tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, lokasi – lokasi penting, mukjizat Nabi Muhammad SAW, dan lainnya. Bahkan, miniatur Makkah dan Madinah pun akan ditampilkan secara detail dalam bentuk 3 dimensi.

Harga Tiket Masuk Museum Rasulullah Depok

Sejauh ini, pihak pelaksana pembangunan belum membicarakan harga tiket masuk Museum Rasulullah Depok. Jadi, wisatawan harap bersabar hingga pembangunan museum ini selesai.

Lokasi Museum Rasulullah Depok

Museum Rasulullah Depok akan dibangun satu lokasi dengan Universitas Islam Inernasional Indonesia. Museum Rasulullah Depok berlokasi di Pemancar RRI, Jl. Raya Bogor No.9, Cisalah, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Leave a Reply