City Tour, Daftar Wisata, Kuliner, Tentang Kota

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur - Foto: bcsangatta.net

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur - Foto: bcsangatta.net

Kota Sangatta – Luasnya negara tercinta kita Indonesia menyimpan banyak hal unik dan keragaman yang berbeda-beda antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Selain memiliki keragaman budaya, Indonesia juga memiliki berbagai ciri khas di kota-kota yang ada.

Salah satunya adalah di Sangatta Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Bagi kalian yang senang travelling, semoga artikel  ini  bisa membantu kalian sebagai referensi di perjalanan travelling kalian yaa.

Sejarah Kota Sangatta

Pada awalnya Sangatta adalah sebuah desa kecil. Saat itu Sangatta masih tergabung di wilayah Kabupaten Kutai. Sampai pada tahun 1990-an dengan ditemukannya “emas hitam” di Sangatta, wilayah ini kemudian berkembang pesat.

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur - Foto: bcsangatta.net

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur – Foto: bcsangatta.net

Apa itu “emas hitam”? Emas hitam adalah sebutan untuk batubara. Dengan berdirinya Perusahaan Kaltim Prima Coal lalu kemudian disusul oleh Pertamina, lapangan kerja di Sangatta meningkat tajam. Banyak warga dan karyawan yang bekerja adalah dari daerah luar Sangatta yang bertransmigrasi kesana.

Sehingga saat ini Sangatta memiliki keragaman penduduk yang majemuk. Hal ini adalah berkah bagi Sangatta karena dengan penduduk yang beragam maka potensi SDM yang dimiliki sungguh besar.

Seiring dengan pemekaran wilayah yang terjadi saat ini, Sangatta kini menjadi Ibukota Kabupaten Kutai Timur. Nama Sangatta sendiri sudah dikenal sejak jaman pendudukan Belanda dulu. Menurut beberapa sumber, nama Sangatta diambil dari nama kepala suku Kutai saat zaman kerajaan Kutai.

Posisi Sangatta yang berbatasan dengan Selat Makassar berpotensi untuk dikembangkan menjadi pelabuhan yang terintegrasi. Terbukti dengan rencana ke depan pemerintah untuk menjadikan pelabuhan di Sangatta sebagai salah satu titik tol laut.

Simbol kota Sangatta adalah Burung Enggang, dan patung Burung Enggang dibangun di kota ini sebagai tugu selamat datang bagi para pendatang ataupun penduduk disini.

Tempat Wisata di Kota Sangatta

Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur memiliki objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Pantai Kenyamukan

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur 2

Pantai Kenyamukan Kota Sangatta – Foto: youtube.com

Lokasi pantai ini sangat dekat dari Kota Sangatta. Hanya berjarak 15 menit dari Kota Sangatta tidak heran pantai ini menjadi destinasi wisata terfavorit bagi warga ataupun pendatang.

Akses menuju pantai pun sangat mudah. Disini pengunjung dapat sekedar bersantai di tepi pantai atau menyewa perahu yang disediakan. Ditambah lokasi Pantai Kenyamukan berada dekat dari Pelabuhan Sangatta yang sedang dibangun membuat daya tarik pantai ini semakin tinggi.

Baca juga ya :

Tarif untuk masuk ke pantai ini hanya dikenakan Rp.10.000 saja baik weekday atau weekend. Jam buka pantai sampai saat ini buka 24 jam. Sehingga bagi kalian yang ingin berkunjung kesini bisa bebas datang jam berapa saja sesuai keinginan.

2. Pantai Teluk Lombok

Pantai Teluk Lombok di Kota Sangatta Kutai timur

Pantai Teluk Lombok di Kota Sangatta Kutai timur – Foto: hariankutim.com

Masih bertemakan pantai, selain Pantai Kenyamukan ada juga pantai yang cukup terkenal yaitu Pantai Teluk Lombok. Pantai ini berjarak sekitar 29 km dari Kota Sangatta. Dari Kota Sangatta menuju Pantai Teluk Lombok memakan waktu sekitar 60 menit perjalanan.

Untuk masuk ke dalam pantai ini kalian tidak dipungut biaya atau uang tiket masuk. Dikarenakan pantai ini masih masuk di wilayah PT Pertamina maka kalian hanya perlu melapor pada petugas di pos jaga.

Kalian juga tidak perlu membawa tenda atau perlengkapan untuk berteduh karena disini sudah disediakan gazebo yang ada di tepi pantai. Tapi jangan lupa untuk membawa bekal karena disini jarang ditemui pedagang makanan atau minuman. Jangan lupa juga setelah kalian berkunjung jangan buang sampah sembarangan ya!

3. Taman Venus Kota Sangatta

Taman Venus Kawasan Bukit Pelangi Kota Sangatta

Taman Venus Kawasan Bukit Pelangi Kota Sangatta – Foto: instagram @masna_06010

Selain objek wisata pantai, bagi kalian yang berkunjung kesini bersama keluarga dan tidak ingin terlalu jauh mencari objek wisata kalian dapat berkunjung ke Taman Venus.

Lokasi Taman Venus hanya berjarak 15 menit dari Kota Sangatta. Tepatnya berada di kawasan perkantoran Bukit Pelangi dan berhadapan langsung dengan Masjid Agung Islamic Centre.

Area ini sengaja dibangun oleh Pemkab sebagai sarana wisata praktis dan murah meriah serta sebagai ruang terbuka hijau untuk berkumpulnya masyarakat dan pengunjung kota Sangatta.

Kuliner di Kota Sangatta Kutai Timur

Selain objek wisata yang ada di sekitar Kota Sangatta, kalian juga bisa menemui beragam kuliner khas yang ada di kota ini. Yuk kita simak beberapa diantaranya.

1. Cake Batubara

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur 3

Cake Batubara Oleh-Oleh Unik Sangatta – Foto: budayalokal.id

Kota Sangatta terkenal sebagai penghasil batubara terbaik di dunia dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat di kota ini. Ada hal unik mengenai batubara ini dengan munculnya cake batubara. Kue unik dapat ditemui di pusat jajanan Kutai Timur bernama  Olsbara.

Kue ini menggunakan nama khas jenis batubara seperti prima, pinang dan melawan. Kawasan pusat jajanan khas Kutai Timur ini sendiri diresmismikan oleh Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman.

2. Ayam Goreng Sangkurilang

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur 4

Ayam Goreng Sangkurilang – Foto: www.qupas.id

Untuk makanan khas yang resepnya diwariskan turun temurun di daerah Kutai Timur, kalian bisa mencoba ayam goreng sangkurilang. Ayam goreng ini dimasak dengan santan dan kecap manis hingga membuat cita rasa yang unik.

Harga per porsi sekitar Rp. 100.000 untuk 14  potong. Kalian bisa menemukan makanan khas ini di Rumah Makan Sangkulirangyang beralamat di  Tlk. Lingga, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

3. Sayur Asem Kutai

Sayur Asem Kutai, kuliner khas Kota Sangatta

Sayur Asem Kutai, kuliner khas Kota Sangatta – Foto: moms-daily.blogspot.com

“Sayur asem, yah itu sih sudah biasa dong!” Mungkin sebagian orang akan berpikir seperti ini saat mendengar nama menu yang satu ini. Eeeiiittsss jangan salah dulu yaa. Memang sajian ini mirip dengan sayur asem yang ada di pulau Jawa tapi ada bedanya lho!

Sayur Asem ini selain berisi sayuran yang melimpah berupa talas, kangkung, dan jantung pisang batu, ada satu komponen yang membuat masakan ini unik. Yaitu dengan memasukkan potongan ikan patin ke dalam sayur asem ini.

Dijamin begitu mencobanya kalian bakal ketagihan deh! Kapan lagi nyoba masakan yang mungkin sudah biasa kalian temui tetapi dengan kemasan dan isi yang berbeda? Masakan ini mudah ditemui di restoran atau warung makan di Kutai Timur.

 

Banyak yang menarik bukan yang dapat kalian temui di Kota Sangatta? Yang pasti di kota ini kalian akan menemukan kemajemukan masyarakatnya dengan ditemani suasana kota pelabuhan yang masih terus membangun dan mempercantik dirinya.

Selamat travelling!

Leave a Reply