Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Lehedalo Nifange, Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias - https://phinemo.com/

Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – Salah satu pesona alam Indonesia yang sangat indah adalah di Kota Gunung Sitoli yang berada di Pulau Nias, Sumatera Utara. Kalian wajib menjadikan Kota Gunung Sitoli Nias sebagai pertimbangan tujuan liburan kalian. Kalian bisa baca artikel kami sebelumnya yaitu 6 Tempat Wisata di Gunung Sitoli Nias untuk rekomendasi kalian berlibur ke Kota Gunung Sitoli Nias.

Di artikel kali ini kami akan melengkapi pengetahuan kalian untuk berlibur di Kota Gunung Sitoli Nias. Kami akan membahas kuliner dan makanan khas Kota Gunung Sitoli Nias. Kuliner di Kota Gunung Sitoli Nias sangat lezat dan bercirikan khas Nusantara. Berikut 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Gunung Sitoli Nias, yaitu :

1. Lehedalo Nifange

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Lehedalo Nifange, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – foto phinemo.com

Lehedalo Nifange terbuat dari talas yang diolah dengan bumbu rendang. Makanan ini sangat terkenal di Kota Gunung Sitoli Nias. Rasanya sangat enak tidak kalah dengan rendang masakan khas Padang. Lehedalo Nifange biasanya menjadi lauk yang dinikmati dengan sagu oleh masyarakat Kota Gunung Sitoli Nias.

2. Ni’owuru

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Ni’owuru, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – foto https://www.jejakpiknik.com

Bahan utama dari Ni’owuru adalah daging, pada umumnya daging babi namun kini banyak juga penjual yang menggunakan daging sapi, ayam, dan kerbau. Sehingga kalian bisa menanyakan terlebih dahulu daging apa yang dijual atau kalian juga bisa pilih daging yang diinginkan sesuai selera.

Proses pengolahan daging tersebut diasinkan dengan garam sehingga bisa tahan lama dan bisa disantap kapanpun. Sama seperti pengolahan ikan di daerah Indonesia lainnya agar tahan lama dan awet, ikan diaduk dengan garam. Untuk mencicipinya kalian bisa datang ke Toko Waristo di Jalan Sirao No. 37, Saombo, Kota Gunung Sitoli Nias.

3. Harinake, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Harinake, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – www.jejakpiknik.com

Satu lagi Makanan Khas Gunung Sitoli Nias yang wajib kalian coba adalah Harinake. Makanan ini adalah olahan daging babi cincang yang potongan dengan ukuran kecil. Harinake merupakan salah satu makanan favorit di Pulau Nias karena rasanya yang enak sekali. Namun Harinake biasanya disajikan oleh warga Nias ketika kedatangan tamu atau mertua sedang berkunjung.

4. Biga, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias yang menggugah selera

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Biga, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias yang menggugah selera – https://www.jejakpiknik.com/

Biga merupakan cemilan khas Pulau Nias dan biasanya lebih dikenal dengan sebutan Bika, sama seperti Bika Ambon. Cemilan kue ini terbuat dari campuran madu sehingga rasanya manis.

Biga bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dan teman-teman. Kalian bisa mendapatkan cemilan ini di Eks Pasar Gomo dengan harganya Rp.30.000,-.

Baca Juga ya :

5. Hambae Nititi

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Hambae Nititi,Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – foto phinemo.com/

Makanan ini pasti kalian sukai dan pasti kalian penasaran karena makanan ini berbahan utama daging kepiting yang dicampur dengan santan kelapa kemudian dimasak hingga kering, mirip seperti serundeng dan abon.

Rasa juga sangat gurih dan enak apalagi diaduk dengan nasi hangat. Namun, Hambae Nititi biasanya oleh warga Nias disajikan ketika bulan-bulan tertentu, yaitu bulan Mei, Juni, dan Juli di Hanako Kecamatan Siromba.

6. Silio Suro

6 Kuliner dan Makanan Khas Gunung Sitoli Nias

Silio Suro, Makanan Khas Gunung Sitoli Nias – https://phinemo.com

Silio Suro adalah Makanan Khas Gunung Sitoli Nias lainnya yang harus kalian coba. Silio Suro sangat mirip dengan pepes bakar karena disajikan dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian dibakar. Namun, daging yang digunakan Silio Suro adalah daging udang yang digiling halus dan kemudian dicampur dengan kelapa yang telah dibumbui setelah itu baru dibakar.

Enak bukan kuliner khas Nias ? Pasti kalian penasaran ingin mencicipinya ya ?

Makanan Kota Gunung Sitoli Nias memang seperti mirip-mirip makan pada Nusantara lainnya hanya saja bahan utamanya yang berbeda. Pasti rasanya akan cocok dengan lidah kalian. Kalian wajib coba makanan-makanan tersebut.

Dan selain 6 makanan tersebut kalian bisa coba makanan lainnya, seperti Tamboyo. Tamboyo adalah ketupat berbahan dasar beras ketan dan pelengkapnya santan kelapa. Kalian bisa coba Tamboyo di Eks Pasar Gomo atau pusat kuliner Kota Gunung Sitoli Nias.

Atau untuk tambahan rekomendasi oleh-oleh untuk sanak keluarga tercinta dan teman-teman, di Kota Gunung Sitoli Nias juga ada Dodol Durian. Dan untuk bahan pembuatan, rasa, tekstur, dan aroma sama seperti Dodol Durian pada umumnya. Jika kalian ingin dapatkan Dodol Durian di Kota Gunung Sitoli Nias kalian bisa datang langsung ke UD. Tanda Setya Jalan Pattimura No. 69, Gunung Sitoli Nias. Di toko UD. Tanda Setya harga Dodol Durian sekitar Rp.100.000,-/kg.

Leave a Reply