Makna dan Sejarah Tari Klono Rojo - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Klono Rojo

Tari Klono Rojo, Tarian Yogya

Tari Klono Rojo - Foto: Budaya Jawa

Tari Klono Rojo rutin digelar pada tanggal 31 Desember pada acara Pagelaran Pariwisata di Pendopo Srimanganti. Tujuannya adalah menyediakan tontonan bagi wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi Kraton Yogyakarta.

Makna dan Sejarah Tari Klono Rojo

Selain itu, pagelaran ini sebagai tempat dan sarana ekspresi bagi para seniman Yogyakarta bisa mengekspresikan keseniannya di pagelaran ini. Selain untuk pariwisata, pagelaran juga berfungsi menghormati karya-karya pendahulu tarian klasik Yogyakarta.

Baca Juga ya :

Tari Klasik Yogyakarta / Tari Klono Rojo

Tari Klasik Yogyakarta / Tari Klono Rojo- Foto: BudayaKita

Pagelaran mempunyai tujuan melestarikan dengan pembinaan generasi muda serta mengembangkan tarian-tarian gaya Yogyakarta menjadi lebih  baik dan beragam sebagai bagian dari kekayaan seni dan budaya Indonesia. Khususnya tari klasik gaya Yogyakarta.

Tari klono rojo merupakan sebuah tarian klasik Yogyakarta yang diciptakan oleh KRT. Soenartomo Tjondroradono pada tahun 1972. Tarian ini menceritakan seorang raja yang sedang jatuh cinta kepada seorang putri yang cantik jelita. Raja tersebut kemudian berhias diri (klono) yang kemudian muryani busono.

Gerakan Tari Klasik Yogyakarta / Tari Klono Rojo

Tari Yogyakarta/ Tari Klono Rojo

Tari Yogyakarta / Tari Klono Rojo – Foto: myimage

Leave a Reply