Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tembilahan Indragiri Hilir

Makanan Khas Tembilahan

Makanan Khas Tembilahan - riaumagz.com

Makanan Khas Tembilahan – Indragiri Hilir adalah salah satu kabupaten di provinsi Riau dengan ibu kota bernama Tembilahan. Tanah melayu yang sarat akan budaya ini memang wajib dikunjungi. Para pengunjung atau wisatawan yang datang bisa menikmati berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya seperti memakai pakaian adat  melayu riau, wisata bahari, dan wisata kuliner yang lezat.

Sebagai informasi, makanan dan kue tradisional khas suku Banjar banyak terdapat di Indragiri Hilir karena banyak dari suku tersebut yang menghuni wilayah kabupaten ini. Konon menurut sejarah, sudah lebih dari 5 generasi Suku Banjar yang merantau, migrasi, dan terdampar di Tembilahan.

Bahkan uniknya, hampir 60% penduduk Tembilahan adalah Suku Banjar. Kali ini akan dibahas tentang kuliner khas Indragiri Hilir. Jangan lupa Simak 6 kuliner dan makanan khas Tembilahan Indragiri Hilir berikut ini.

1.  Kue Srikaya, Makanan Khas Tembilahan yang lezat

Kue Srikaya, Makanan Khas Tembilahan

Kue Srikaya, Makanan Khas Tembilahan – cookpad.com

Makanan Khas Tembilahan yang pertama yang harus kalian coba adalah Kue Srikaya Khas Tembilan. Ada dua jenis kue srikaya khas Tembilahan, yaitu srikaya pulut dan srikaya rendang. Perbedaan antara keduanya terletak pada bentuk dan jumlah telur yang digunakan dalam adonan kue tersebut.

Adapun kue srikaya pulut bentuknya persegi dan adonanya memakai 6 buah telur. Sedangkan srikaya rendang berbentuk bulat yang dilengkapi dengan wadah dan adonannya memakai 15 buah telur.

2.  Bolu Berendam

Bolu Berendam,Makanan Khas Tembilahan

Bolu Berendam,Makanan Khas Tembilahan – riaumagz.com

Bolu Berendam adalah salah satu kue atau Makanan Khas Tembilahan yang juga tak boleh kalian lewatkan untuk dicoba. Diberi nama Bolu Berendam karena bolu tersebut direbus terlebih dahulu, kemudian dihidangkan dalam keadaan basah. Bolu yang basah ini begitu berbeda dengan bolu pada umumnya. Bolu khas Indragiri Hilir ini menjadi makanan kerajaan pada zaman dahulu.

Menurut cerita, Bolu Berendam ini adalah makanan kesukaan para raja di Kerajaan Indragiri. Faktanya saat ini, Bolu Berendam begitu digemari oleh semua kalangan, dari anak hingga dewasa. Pada masa kini, bolu ini hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan dan hari raya, yaitu Idul Ftri dan Idul Adha.

3.  Ayam Merah, Makanan Khas Tembilahan

Ayam Merah, Makanan Khas Tembilahan

Ayam Merah, Makanan Khas Tembilahan – tembilahanpunyacerita.blogspot.com

Satu lagi kuliner atau Makanan Khas Tembilahan yang jug atak aklah enaknya untuk dicoba yakni Ayam Merah. Ayam merah adalah makanan khas suku banjar yang dimasak dengan cabai merah dan lebih banyak saus tomat.

Faktanya, ayam merah sekarang menjadi makanan khas yang menjadi favorit masyarakat Inhil (Indragiri Hilir). Masakan ini selalu dihidangkan dalam berbagai acara besar seperti pertemuan keluarga, hajatan, kenduri, dan sebagainya.

4.  Nasi Samin,Makanan Khas Tembilahan yang lezat

Nasi samin Makanan Khas Tembilahan

Nasi Samin Makanan Khas Tembilahan – tembilahanpunyacerita.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, nasi samin ditumis dengan minyak samin. Nasi yang telah dikukus ini ditumus bersama dengan rempah-rempah. Rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, buah pala, cengkih dan buah pala menjadikan warna dan aroma yang khas pada nasi ini.

Makanan Khas Tembilahan ini sebenarnya awalnya makanan khas suku banjar tetapi sekarang menjadi masakan khas Inhil (Indragiri Hilir) dan melalui banyak perubahan maupun campuran khas Tembilahan. Nasi Samin ini begitu unik karena warnanya agak kemerahan dan beraroma rempah-rempah yang khas Melayu.

Baca Juga ya :

5.  Laksa Khas Tembilan

6 Kuliner dan Makanan Khas Tembilahan Indragiri Hilir 3

riauberbagi.blogspot.com

Laksa adalah makanan yang berbentuk seperti mie, tetapi  laksa bentuknya lengket atau menyatu satu sama lain sehingga tentu saja berbeda dengan mie pada umumnya. Laksa juga termasuk kuliner khas tembilahan atau Makanan Khas Tembilahan yang sering diburu oleh wisatawan. Ciri khas dari masakan laksa adalah kuahnya yang sangat lezat. Laksa atau Lakse kuah adalah makanan khas Inhil yang berbahan dasar ikan laut yang masih segar.

Tampilan Lakse kuah cukup unik karena bentuk mie atau laksanya mirip dengan sanggul yang diletakkan pada daun kemangkuk. Selain itu, kuahnya enak karena terbuat dari bahan dasar santan dan rempah-rempah yang dicampur dengan ikan tongkol yang sudah dihaluskan.

6.  Tapai Hijau Khas Tembilahan

tapai hijau Makanan Khas Tembilahan

Tapai Hijau, Makanan Khas Tembilahan – tembilahanpunyacerita.blogspot.com

Dan kuliner atau Makanan Khas Tembilahan yang terkahir adalah Tapai Hijau. Tapai hijau terbuat dari beras ketan, sedangkan warna hijau didapatkan dari daun katuk. Jadi, tapai berwarna hijau ini hanya ada di Inhil.

Soal rasa Tapai Hijau tidak perlu ditanyakan lagi karena tapai ini difermentasi dan diolah dengan cara yang unik. Tapai hijau ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang di rumah.

Setiap daerah pasti memiliki kuliner atau makanan khas yang menjadi simbol atau lambang bagi daerah tersebut. Kekhasan suatu daerah bisa dicirikan dari cita rasa masakannya. Indonesia yang terdiri dari banyak daerah tentunya memiliki ragam kuliner yang mampu membuat rindu dan memanjakan lidah siapa saja.

***

Indragiri Hilir atau Inhil wajib menjadi destinasi wisata kuliner karena ada banyak kuliner khas seperti kuliner Bengkalis yang lezat. Bahkan, tidak hanya 6 kuliner dan makanan khas Tembilahan Indragiri Hilir yang sudah diceritakan sebelumnya, masih banyak kuliner khas lainnya yang harus dicicipi. Selamat berwisata kuliner di nusantara!

 

 

Leave a Reply