Alam, Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu Riau

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu - instanbooking

Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – Rengat adalah Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Rengat sendiri terkenal akan histori tentang kerajaan sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Kota Sejarah.

Mendapat julukan sebagai kota sejarah tentu membuat Rengat memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang kemudian dikembangkan menjadi objek wisata. Kepiawaian pemerintah setempat yang didukung oleh masyarakat membuat peninggalan-peninggalan sejarah itu menjadi objek yang selalu diserbu oleh pengunjung, terutama pada hari libur.

Nama Rengat pun saat ini sudah mulai menjadi sorotan para traveler dari seluruh penjuru negeri karena banyaknya foto-foto wisata di sana yang seliweran di sosial media. Nah, penasaran dengan tempat wisata di Rengat Indragiri Hulu? Berikut diantaranya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan

1. Rumah Tinggi

Rumah Tinggi indragiri, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Rumah Tinggi indragiri, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto situsbudaya

Rumah Tinggi adalah salah satu Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu yang bersejarah. Rumah Tinggi Indragiri ini berlokasi di Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu.

Dari tampilannya, rumah ini sangat futuristik dengan bercorak Melayu yang melambangkan kebudayaan asli Rengat. Dijuluki sebagai rumah tinggi karena ukurannya memang tinggi dengan dua lantai yang ditopang oleh pilar kayu kulim.

Konon katanya rumah ini dibangun oleh seorang pejabat pada zaman Kerajaan Indragiri. Pejabat tersebut bernama Raja Haji Muhammad Saleh dengan gelar Raja Togok.

Di dalam Rumah Tinggi, kamu akan mendapati beberapa peninggalan sejarah seperti lukisan kerajaan, senapan, dan meriam. Lokasinya di Kampung Besar, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu yang tak begitu jauh dari pusat kota.

2. Tugu 5 Januari

tugu 5 januari, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

tugu 5 januari, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto riaukarya

Tugu 5 Januari juga merupakan salah satu Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu. Kenapa dinamakan Tugu 5 Januari? Karena tugu ini dibuat untuk mengenang peristiwa sejarah yang sangat tragis pada tanggal 5 Januari tahun 1949.

Di mana, saat itu terjadi agresi militer Belanda II yang merenggut banyak korban nyawa. Parahnya lagi, konon para korban-korban tersebut dibuang ke Sungai Indragiri sehingga menimbulkan luka yang mendalam.

Jadi, untuk mengenang tragedi silam, tugu ini dibuat dan dijadikan sebagai tempat wisata yang tujuannya agar generasi muda tidak lupa akan sejarah. Lokasi objek wisata ini berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Rengat.

Persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu. Tugu 5 Januari selalu ramai dikunjungi oleh pelancong lokal maupun luar kota. Jadi, buat kamu yang akan ke Rengat, jangan lupa datang ke tugu bersejarah ini, ya!

Baca juga:

3. Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto backpackerjakarta

Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu selanjutnya adalah Danau Raja yang mana tempat wisata ini masih tergolong sebagai tempat wisata sejarah. Di danau ini kamu tidak hanya memandangi danau saja, tapi juga bisa bermain karena ada banyak wahana.

Seperti salah satunya kereta dayung dan perahu angsa yang akan membawamu keliling menyusuri danau. Selain menyusuri danau, tempat ini juga menyediakan spot mancing untuk kamu yang hobi mancing.

Jika beruntung, kamu akan melihat pagelaran festival kesenian dan kebudayaan di tempat ini. Lokasinya cukup strategis, Danau Raja terletak di pinggir Kecamatan Rengat yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hulu.

Tak jauh, sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Untuk dapat masuk, kamu akan dikenakan tiket seharga Rp15.000 saja. Tapi untuk bermain wahananya, tentu saja ada biaya khusus, ya!

4. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto instanbooking

Buat kamu yang suka dengan wisata alam menantang, berkunjung ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh cocok untuk mengisi hari liburmu. Tempat wisata ini berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota.

Dengan mengendarai mobil, kamu bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Tapi tenang saja, lelahmu akan terbayar seketika saat sampai di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu ini kamu akan disuguhkan dengan pesona alam yang sangat indah. Ditambah lagi dengan fauna langka seperti Cendawan Muka Rimau Salo, Mapau, Gajah Sumatra, Harimau, Beruang Madu, Tapir, Siamang, Kancil, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Payakumbuh yang Paling Populer

5. Danau Meduyan

Danau Meduyan, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Danau Meduyan, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto riausky

Danau Meduyan adalah wisata yang menjadi andalan Kota Rengat. Di Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai pesona alam yang luar biasa.

Di sekitaran danau terdapat pepohonan rindang yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat, menikmati sejuknya udara dan memandangi danau yang jernih dan tenang.

Lokasinya berada di Kota lama  Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu. Dari pusat kota, berjarak 17 kilometer dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

***

Itulah beberapa tempat wisata di Rengat Indragiri Hulu. Menarik untuk dikunjungi, kan? Jangan lupa ajak teman dan saudara atau orang tersayangmu untuk liburan ke Indragiri Hulu.

Leave a Reply