5 Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu Riau

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu - instanbooking

Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – Rengat adalah Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Rengat sendiri terkenal akan histori tentang kerajaan sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Kota Sejarah.

Mendapat julukan sebagai kota sejarah tentu membuat Rengat memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang kemudian dikembangkan menjadi objek wisata. Kepiawaian pemerintah setempat yang didukung oleh masyarakat membuat peninggalan-peninggalan sejarah itu menjadi objek yang selalu diserbu oleh pengunjung, terutama pada hari libur.

Nama Rengat pun saat ini sudah mulai menjadi sorotan para traveler dari seluruh penjuru negeri karena banyaknya foto-foto wisata di sana yang seliweran di sosial media. Nah, penasaran dengan tempat wisata di Rengat Indragiri Hulu? Berikut diantaranya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan

1. Rumah Tinggi

Rumah Tinggi indragiri, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Rumah Tinggi indragiri, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto situsbudaya

Rumah Tinggi adalah salah satu Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu yang bersejarah. Rumah Tinggi Indragiri ini berlokasi di Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu.

Dari tampilannya, rumah ini sangat futuristik dengan bercorak Melayu yang melambangkan kebudayaan asli Rengat. Dijuluki sebagai rumah tinggi karena ukurannya memang tinggi dengan dua lantai yang ditopang oleh pilar kayu kulim.

Konon katanya rumah ini dibangun oleh seorang pejabat pada zaman Kerajaan Indragiri. Pejabat tersebut bernama Raja Haji Muhammad Saleh dengan gelar Raja Togok.

Di dalam Rumah Tinggi, kamu akan mendapati beberapa peninggalan sejarah seperti lukisan kerajaan, senapan, dan meriam. Lokasinya di Kampung Besar, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu yang tak begitu jauh dari pusat kota.

2. Tugu 5 Januari

tugu 5 januari, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

tugu 5 januari, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto riaukarya

Tugu 5 Januari juga merupakan salah satu Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu. Kenapa dinamakan Tugu 5 Januari? Karena tugu ini dibuat untuk mengenang peristiwa sejarah yang sangat tragis pada tanggal 5 Januari tahun 1949.

Di mana, saat itu terjadi agresi militer Belanda II yang merenggut banyak korban nyawa. Parahnya lagi, konon para korban-korban tersebut dibuang ke Sungai Indragiri sehingga menimbulkan luka yang mendalam.

Jadi, untuk mengenang tragedi silam, tugu ini dibuat dan dijadikan sebagai tempat wisata yang tujuannya agar generasi muda tidak lupa akan sejarah. Lokasi objek wisata ini berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Rengat.

Persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu. Tugu 5 Januari selalu ramai dikunjungi oleh pelancong lokal maupun luar kota. Jadi, buat kamu yang akan ke Rengat, jangan lupa datang ke tugu bersejarah ini, ya!

Baca juga:

3. Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

Danau Raja, Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu – foto backpackerjakarta

Leave a Reply