Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkalis Yang Lezat

Mie Sago,Makanan Khas Bengkalis

Mie Sago, Makanan Khas Bengkalis - riau.go.id

Makanan Khas Bengkalis – Bengkalis adalah salah satu kabupaten di provinsi Riau yang sebagian wilayahnya terpisah dari daratan pulau Sumatera. Lokasinya terpisahkan oleh Selat Panjang tepatnya di timur laut Pekanbaru. Penghasilan terbesar di kabupaten ini bukan dari sektor kelautan, walaupun letaknya berdekatan dengan laut, tepatnya Selat Malaka. Namun, penghasilan terbesar daerah ini justru dari sektor pertambangan minyak dan gas.

Kali ini akan dibahas tentang makanan khas Bengkalis yang identik dengan rumpun melayu seperti kuliner khas Pangkalan Kerinci. Tak usah heran jika cita rasa makanan khasnya begitu unik dan kaya akan bumbu yang khas.

Beriku ini adalah 6 kuliner dan makanan khas Kabupaten Bengkalis yang wajib kalian coba.

1.  Lempuk Durian Bengkalis

Lempuk/Lempok Durian adalah Makanan Khas Bengkalis yang bentuk dan rasanya seperti dodol. Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah durian. Mengapa harus durian? Karena buah ini tumbuh di hampir seluruh wilayah Bengkalis. Lempuk durian dari Bengkalis lebih unggul daripada lempuk atau dodol yang diproduksi dari daerah lainnya.

Makanan Khas Bengkalis

Lempok, Makanan Khas Bengkalis – santhiserad.com

Keunggulannya terletak pada cita rasa dan aroma yang khas, teksturnya lembut, serta tahan lama. Lempuk dibuat secara alami tanpa bahan pengawet sehingga para pecinta durian pasti ketagihan, kecuali orang-orang yang tidak suka durian. Bahkan, lempuk durian ini sangat unik karena dibungkus dengan memakai upih pohon pinang yang dililit.

2.  Mie Sago, Makanan Khas Kabupaten Bengkalis

Makanan Khas Bengkalis lainnya yang wajib kalian coba adalah Mie Sago. Mie sago atau Mie sagu ini sangat unik karena benar-benar terbuat dari sagu. Sebagian besar orang pasti mengira sagu adalah bahan makanan khas orang-orang Indonesia timur.

Makanan ini begitu digemari oleh masyarakat Bengkalis sejak dahulu kala hingga sekarang, terutama masyarakat Selat panjang, Tebing Tinggi, dan Kepulauan Meranti yang sempat menjadi bagian dari Bengkalis. Begitu bangganya dengan makanan ini, para tamu atau kenalan dari luar Riau pasti diajak untuk makan Mie Sago.

Makanan Khas Bengkalis

mie sagoe, Makanan Khas Bengkalis – riau.go.id

Salah satu Mie Sago yang paling terkenal dari Bengkalis adalah Mie Goreng Lempeng Sago. Mie goring ini begitu khas karena bumbu penyedapnya terbuat dari ikan teri, potongan daun kucai, dan tauge. Tekstur mie yang kenyal dan cita rasa yang khas membuat siapapun yang mencicipi masakan ini akan ketagihan.

3.  Sempolet, Makanan Khas Bengkalis yang Lezat

sampolet Makanan Khas Bengkalis

Sampolet, Makanan Khas Bengkalis yang lezat – cookpad.com

Sempolet atau kepuen adalah Makanan Khas Bengkalis berupa sup kental yang kuahnya dibuat dengan tepung sagu. Rasanya sangat enak dan unik sehingga siapapun yang pernah mencoba pasti akan ketagihan. Rasanya semakin khas jika dimasak dengan siput.

Keunikan yang khas dari Sempolet adalah pemakaian cabe kering, bawang putih, dan bawang merah yang digiling halus, merica, dan udang kering sebagai bumpu penyedap. Rasanya asam-asam pedas yang pasti menggugah selera, apalagi jika ditambah dengan sayur kangkung atau pakis yang ditumis.

Baca juga ya :

4.  Manisan Buah Khas Bengkalis

Manisan Buah Khas Bengkalis

Manisan Buah Khas Bengkalis – foto bukalapak.com

Salah satu Olahan makanan terbuat dari buah yang kini menjadi salah satu Makanan Khas Bengkalis adalah Manisan Buah. Manisan buah khas Bengkalis berbeda dari umumnya yakni seperti manisan buah pepaya, ceremai, dan pare. Buah-buah tersebut memang tidak umum dijadikan manisan. Hal inilah yang menjadi keunikan manisan khas Bengkalis ini.

Selain itu, keunikan lainya dari Manisan Buah Khas Bengkalis adalah proses pengolahan dari manisan ini yang menghasilkan cita rasa berbeda dari manisan daerah lain. Sudah penasaran ingin mencoba, jangan lupa coba cicipi saat kalian berkunjung ke Bengkalis.

5.  Ubi Sambal Teri, Makanan Khas Bengkalis Yang Enak dan Murah

Ubi sambal Teri, Makanan Khas Bengkalis yang murah

Ubi sambal Teri, Makanan Khas Bengkalis yang murah – brosispku.com

Ubi sambal teri adalah Makanan Khas Bengkalis selanjutny ayang bisa kalian coba. Ubi Sambal teri adalah sejenis kudapan atau cemilan, tetapi bisa juga disantap sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi. Ubinya digoreng hingga garing di bagian luar, tetapi tetap lembut di dalamnya.

Rasa sambalnya begitu lezat, perpaduan pedas dan asam yang membuat siapapun pasti ketagihan. Jangan sampai air liur menetes karena membayangkan kelezetannya ya apalgi harga sambal ubi ini cukup murah dan bisa dijumpai diwarung makanan pada umumnya di Bengkalis.

6.  Gulai Ikan Patin,Makanan Khas Bengkalis dari Ikan

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkalis Yang Lezat 3

merahputih.com

Kuliner atau Makanan Khas Bengkalis lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Gulai Ikan patin. Ikan Patin sendiri banyak terdapat di Riau karena banyaknya sungai di daerah ini. Gulai dengan kuah kuning yang beraroma bumbu-bumbu rempah ditambah bawang yang sedap ini sangat cocok untuk disantap bersama nasi.

Gulai Ikan patin sendiri memiliki Kuah yang kental dengan aroma yang menggoda besertai ikan patin yang telah dimasak dengan rempah-rempah pasti membuat siapapun ingin menambah nasi dan ikannya. Jangan lupa menyantapnya dengan nasi putih yang masih hangat dijamin pasti kalian akan nambah dan nambah lagi.

**

Itulah 6 kuliner dan masakan khas kabupaten Bengkalis patut dicoba ketika Cik dan Puan berkunjung ke Bengkalis. Kelezatan semua makanan tersebut pasti membuat siapapun tidak akan melupakan Bengkalis. Bahkan mungkin ingin datang lagi ke sana.

Jangan lupa untuk membawa pulang beberapa makanan khas Bengkalis sebagai buah tangan untuk keluarga dan saudara tercinta. Tidak akan lengkap kunjungan tanpa membawa oleh-oleh seperti kuliner khas Lampung Selatan. Selamat menjelajah Bengkalis!

 

 

Leave a Reply