6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkalis Yang Lezat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkalis Yang Lezat

Mie Sago,Makanan Khas Bengkalis

Mie Sago, Makanan Khas Bengkalis - riau.go.id

Makanan Khas Bengkalis – Bengkalis adalah salah satu kabupaten di provinsi Riau yang sebagian wilayahnya terpisah dari daratan pulau Sumatera. Lokasinya terpisahkan oleh Selat Panjang tepatnya di timur laut Pekanbaru. Penghasilan terbesar di kabupaten ini bukan dari sektor kelautan, walaupun letaknya berdekatan dengan laut, tepatnya Selat Malaka. Namun, penghasilan terbesar daerah ini justru dari sektor pertambangan minyak dan gas.

Kali ini akan dibahas tentang makanan khas Bengkalis yang identik dengan rumpun melayu seperti kuliner khas Pangkalan Kerinci. Tak usah heran jika cita rasa makanan khasnya begitu unik dan kaya akan bumbu yang khas.

Beriku ini adalah 6 kuliner dan makanan khas Kabupaten Bengkalis yang wajib kalian coba.

1.  Lempuk Durian Bengkalis

Lempuk/Lempok Durian adalah Makanan Khas Bengkalis yang bentuk dan rasanya seperti dodol. Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah durian. Mengapa harus durian? Karena buah ini tumbuh di hampir seluruh wilayah Bengkalis. Lempuk durian dari Bengkalis lebih unggul daripada lempuk atau dodol yang diproduksi dari daerah lainnya.

Makanan Khas Bengkalis

Lempok, Makanan Khas Bengkalis – santhiserad.com

Keunggulannya terletak pada cita rasa dan aroma yang khas, teksturnya lembut, serta tahan lama. Lempuk dibuat secara alami tanpa bahan pengawet sehingga para pecinta durian pasti ketagihan, kecuali orang-orang yang tidak suka durian. Bahkan, lempuk durian ini sangat unik karena dibungkus dengan memakai upih pohon pinang yang dililit.

2.  Mie Sago, Makanan Khas Kabupaten Bengkalis

Makanan Khas Bengkalis lainnya yang wajib kalian coba adalah Mie Sago. Mie sago atau Mie sagu ini sangat unik karena benar-benar terbuat dari sagu. Sebagian besar orang pasti mengira sagu adalah bahan makanan khas orang-orang Indonesia timur.

Makanan ini begitu digemari oleh masyarakat Bengkalis sejak dahulu kala hingga sekarang, terutama masyarakat Selat panjang, Tebing Tinggi, dan Kepulauan Meranti yang sempat menjadi bagian dari Bengkalis. Begitu bangganya dengan makanan ini, para tamu atau kenalan dari luar Riau pasti diajak untuk makan Mie Sago.

Makanan Khas Bengkalis

mie sagoe, Makanan Khas Bengkalis – riau.go.id

Salah satu Mie Sago yang paling terkenal dari Bengkalis adalah Mie Goreng Lempeng Sago. Mie goring ini begitu khas karena bumbu penyedapnya terbuat dari ikan teri, potongan daun kucai, dan tauge. Tekstur mie yang kenyal dan cita rasa yang khas membuat siapapun yang mencicipi masakan ini akan ketagihan.

3.  Sempolet, Makanan Khas Bengkalis yang Lezat

sampolet Makanan Khas Bengkalis

Sampolet, Makanan Khas Bengkalis yang lezat – cookpad.com

Sempolet atau kepuen adalah Makanan Khas Bengkalis berupa sup kental yang kuahnya dibuat dengan tepung sagu. Rasanya sangat enak dan unik sehingga siapapun yang pernah mencoba pasti akan ketagihan. Rasanya semakin khas jika dimasak dengan siput.

Keunikan yang khas dari Sempolet adalah pemakaian cabe kering, bawang putih, dan bawang merah yang digiling halus, merica, dan udang kering sebagai bumpu penyedap. Rasanya asam-asam pedas yang pasti menggugah selera, apalagi jika ditambah dengan sayur kangkung atau pakis yang ditumis.

Baca juga ya :

4.  Manisan Buah Khas Bengkalis

Manisan Buah Khas Bengkalis

Manisan Buah Khas Bengkalis – foto bukalapak.com

Leave a Reply