Makanan Khas Soppeng Sulawesi Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Kuliner, Pengetahuan

Makanan Khas Soppeng Sulawesi Selatan

Makanan khas soppeng

Makanan khas soppeng Sumber : dimanaja

Makanan khas soppeng – Indonesia memiliki keragaman budaya dan adat. Salah satu kebudayaan yang dimiliki adalah dalam bidang kuliner. Salah satunya adalah pada daerah soppeng, Sulawesi selatan. Daerah yang berjarak kurang lebih 160 kilometer dari Makassar ini memiliki keragaman budaya, termasuk didalam makanan.

Banyak sekali makanan-makanan dari daerah ini yang terkenal dan enak bahkan ada juga yang unik. Dan kita akan membahasnya dibawah ini. Berikut inilah 6 makanan khas soppeng.

1. Jalangkote

Makanan khas soppeng

Jalang Kote, Makanan khas soppeng – Sumber : zonaseru

Makanan khas soppeng yang pertama adalah Jalangkote. Makanan Jalangkonte ini adalah makanan ringan yang mirip sekali dengan pastel. Tetapi bedanya jalang kote dibaluti dengan kulit yang lebih tipis. Jalangkote biasa dimakan bersamaan dengan cabai dan cuka.

Jalangkote memiliki isian wortel, bihun yang dimasak terlebih dahulu, dan kentang yang diisi dadu juga terkadang dilengkapi dengan telur yang sudah direbus terlebih dahulu. Sekarang dengan kreasi baru yaitu dilengkapi dengan daging asap dan mayonnaise. Sedangkan kulit dari jalangkote terbuat dari tepung terigu, santan, mentega dan garam.

2. Nasu Palekko

Nasi plekko, Makanan khas soppeng

Nasi plekko, Makanan khas soppeng – Sumber : warung sipurenmu

Nasi plekko adalah Makanan khas soppeng selanjutnya yang bisa kalian coba. Nasi Palekko adalah kuliner yang berasal dari daging bebek. Daging tersebut dipotong-potong menjadi bagian yang kecil seperti dicincang. Dalam proses pembuatannya, daging bebek yang sudah disembelih dan dikuliti serta dicincang kemudian dicuci bersih.

Baca juga ya :

Setelah itu beri lah cuka dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Nasu Palekko biasanya memiliki rasa yang cukup pedas dan bisa membuat mata dan telinga kita memerah saat memakannya. Tidak hanya itu, aroma memiliki aroma yang tersendiri karena minyak goreng yang digunakan menggunakan lemak dari kulit bebek itu sendiri.

3. Pisang Epe

Makanan Khas Soppeng Sulawesi Selatan 3

Sumber : indonesiakaya

Pisang Epe merupakan cemilan yang dapat dijumpai didaerah Sulawesi Selatan ini termasuk menjadi salah satu Makanan khas soppeng. Dengan menggunakan bahan dasar pisang kapok yang belum matang atau yang masing mangkal, pisang ini disulap menjadi pisang yang nikmat jika disajikan. Pembuatannya yang pertama adalah pisang tadi dibakar terlebih dahulu. Namun jangan lupa untuk membuka kulit dari pisang tersebut.

Setelah proses pembakaran selesai, pisang tersebut ditekan atau digencet dengan menggunakan alat khusus yang terbuat dari kayu. Akibatnya pisang ini pun menjadi gepeng atau pipih. Dahulu pisang ini biasa disajikan dengan gula merah cair. Namun kini sudah banyak kombinasi dan disajikan dengan coklat, keju, durian bahkan matcha.

4. Kapurung, Makanan khas soppeng

Kapurung, Makanan khas soppeng

Kapurung, Makanan khas soppeng – Sumber : nawanawa

Kapurung merupakan masakan tradisional yang terbuat dari tepung sagu. Di daerah maluku dikenal dengan nama papeda atau di Kendari Sulawesi Tenggara memiliki nama lain yaitu sinonggi.

Kapurung adalah masakan yang dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam serta dengan campuran aneka ragam sayur yang biasanya juga air sayur digunakan sebagai kuah terkadang pula dengan air ikannya. Sayuran yang biasa digunakan untuk memasak kapurung adalah kangkong, jagung manis muda, bunga pisang, tomat dan cabai.

Selain itu kapurung juga dicampur dengan udang. Kuliner ini memang cocok sebagai lauk dan cocok dimakan dalam situasi apapun. Tak jarang pula kalau kapurung sering dijadikan makanan di acara pernikahan ataupun khitanan.

5. Gogoso

Gogongso, Makanan khas soppeng

Gogoso, Makanan khas soppeng – Sumber : hinet

Gogoso adalah Makanan khas soppeng lainnya yang bisa kamu cicipi saat kekota kelalawar ini. Gogoso juga merupakan makanan yang sangat digemari terutama saat perayaan hari raya. Gogos atau gogoso adalah makanan yang mirip dengan lemper yang berasal dari Jawa atau Lalampa dari Manado. Namun Gogoso ini memiliki bentuk yang lebih Panjang dan juga dilengkapi dengan isi.

Panjang Gogoso biasanya 15 cm dan Gogos yang dilengkapi isi bernama Gogos Kambu. Gogos kambu biasa diisi dengan ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Proses pembuatannya yaitu dengan cara dibakar dan bahan dasarnya adalah beras ketan hitam ataupun putih.

6. Songkolo Bagadang

Makanan khas soppeng

Songkolo Bagadang, Makanan khas soppeng – Sumber : paduanwisata

Songkolo Bagadang merupakan makanan yang dapat menemani saat malam hari. Makanan khas soppeng ini sangat enak dan merupakan cemilan yang wajib kalian coba saat kalian berada di kota Soppeng Slawesi Selatan. Sebagian orang menyebutnya dengan nama sokko. Dengan dibuat dari beras ketan yang sudah lama dikenal di wilayah Sulawesi Selatan.

Beras ketan yang dipilih bisa dari ketan hitam ataupun putih dan dimasak dengan cara dikukus. Sokko biasa dihidangkan bersamaan dengan kelapa parut yang sudah digoreng dan juga dengan lauk pendamping seperti ikan asin atau telur asin. Seporsi Sokko biasa dibungkus dengan daun pisang dan diikat dengan karet.

**

Itulah beberapa jenis Makanan khas soppeng Sulawesi Selatan yang bisa kalian coba.

Leave a Reply