Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Gunung, Taman

5 Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumber : Wikipedia

Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumber : Wikipedia

Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota – Berlibur ke Sumatera Barat, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berkunjung ke daerah Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini karena Kabupaten Lima Puluh Kota adalah garda terdepan bagi perkembangan potensi wisata di Provinsi Sumatera Barat.

Hampir semua jenis destinasi wisata ada di kawasan Kabupaten Lima Puluh kota termasuk salah satunya adalah di Nagari (desa) Sarilamak. Wisata alam seperti air terjun dan danau, ataupun wisata sejarah dan budaya dapat ditemui di daerah yang memiliki luas sekitar 416.80 km² ini.

Nah disini, Seringjalan akan memberikan rekomendasi 5 tempat wisata di daerah Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota yang menarik untuk dikunjungi :

1. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram – Sumber : Twitter.com/@minangsedunia

Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota yang pertama adalah Kapalo Banda Taram. Sekitar 13 km dari pusat daerah Sarilamak atau kira-kira 15 menit perjalanan terdapat wisata alam semacam danau yang memiliki pemandangan nan elok.

Baca juga ya :

Tempat ini sebenarnya adalah bendungan yang dulunya juga digunakan sebagai sarana irigasi oleh masyarakat sekitar. Namun karena keindahannya, Kapalo Banda Taram menjadi obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air yang jernih dengan dikelilingi perbukitan hijau yang menyejukkan mata, bisa dinikmati dengan cara berkeliling menggunakan rakit yang bisa disewa dengan tarif 10.000 rupiah saja.

Suasana yang masih asri dan alami,menjadikan tempat ini cocok digunakan untuk sarana refreshing dan sejenak melepaskan diri dari kepenatan.

2. Danau Koto Panjang, Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota yang indah

Danau Koto Panjang.

Danau Koto Panjang – Sumber : Flickr.com

Bergeser ke perbatasan antara Sarilamak dan Payakumbuh terdapat wisata danau yang juga menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, yaitu Danau Koto Panjang.

Danau Koto Panjang bukanlah danau alami, melainkan adalah danau buatan yang mulai dibangun pada tahun 1993 lewat kerjasama antara Indonesia Jepang dan digunakan sebagai PLTA.

Hamparan perbukitan hijau yang mengelilingi danau dan juga keramba yang berjajar rapi menjadi pemandangan yang khas di Danau Koto Panjang ini. Jika ingin lebih intens lagi menikmati pesona Danau Koto Panjang, berkeliling danau menggunakan perahu menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Bagi pemburu sunrise ataupun sunset, Danau Koto Panjang juga merupakan spot yang pas untuk menikmati kedua momen tersebut.

3. Pemandian Batang Tabik

Pemandian Batang Tabik

Pemandian Batang Tabik – Sumber : Kabardunia.com

Jika di jawa tengah, terdapat wisata pemandian dengan airnya yang alami bernama Umbul Ponggok yang namanya sudah sangat terkenal. Maka di wilayah Sarilamak pun terdapat juga tempat wisata sejenis yaitu Pemandian Batang Tabik. Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota ini sangat hits dikalangan Traveller loh guys.

Airnya yang jernih dan segar membuat pemandian ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu adanya banyak ikan-ikan yang berenang bebas, menambah keunikan pemandian ini. Berenang bebas dan berbaur dengan ikan-ikan penghuni asli perairan di Pemandian Batang Tabik menjadi sensasi wisata yang menyengkan sekaligus tak terlupakan.

Karena airnya yang begitu jernih, berfoto di dalam air menjadi hal lain yang juga menarik untuk dilakukan di Pemandian ini. Dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap seperti mushola serta ruang ganti dan kamar mandi, tempat ini menjadi pilihan wisata yang wajib masuk daftar list anda ketika sedang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota.

4. Wisata Lembah Harau

Wisata Lembah Harau

Wisata Lembah Harau – Sumber : Phinemo.com

Berada di kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, Lembah Harau menjadi salah Tempat Wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota yang terfavorit.  Letaknya yang hanya berjarak 2km dari pusat Kabupaten Lima Puluh Kota, menjadikan Lembah Harau selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Lembah Harau memiliki keistimewaan pemandangannya yang menawan, dan konon katanya mirip dengan Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada California.

Selain pemandangan hamparan perbukitan hijau, di kawasan Lembah Harau juga terdapat Air terjun yang sangat indah, yaitu Air Terjun Sarasah Bunta.

Bukan hanya untuk berwisata, bagi pecinta petualangan dan olahraga ekstrem, Lembah Harau juga cocok digunakan untuk olahraga panjat tebing. Tebingnya yang curam dengan kemiringan mencapai 90°, menmbuat Panjat Tebing di Lembah Harau  menjadi kegiatan petualangan yang menguji nyali sekaligus menantang.

5. Balirik Larangan Resort

Balirik Larangan Resort

Balirik Larangan Resort – Sumber : Kompasiana

Jika sedang bersama keluarga dan sedang ingin quality time, mungkin harus mencoba berkunjung ke Balirik Larangan Resort. Hanya berjarak sekitar 7km dari Sarilamak, Balirik Larangan Resort menyuguhkan fasilitas yang lengkap bagi anda yang ingin berkumpul bersama keluarga dan kolega terdekat ataupun sekedar ingin bersantai ria.

Bangunan kamar menginap yang berbentuk unik serta adanya kolam renang, menjadi salah satu hal menarik disini. Selain itu kawasan sekitarnya yang masih asri membuat pengunjung akan betah berlama-lama di Balirik Larangan Resort.

Selain itu disini juga terdapat tempat makan yang menyajikan menu-menu khas Sumatera Barat yang dijamin akan memuaskan lidah dan perut setiap pengunjung yang datang.

**

Itulah tadi lima tempat wisata di Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota yang direkomendasikan oleh Seringjalan. Semoga bermanfaat dan memberikan Informasi yang penting seputar wisata di Sarilama Kabupaten Lima Puluh Kota.

Leave a Reply