6 Kuliner dan Makanan Khas Sinjai Sulawesi Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sinjai Sulawesi Selatan

6 Kuliner dan Makanan Khas Sinjai, Sulawesi Selatan

jalangkote | jalangkoterasaayam.blospot.com

Kuliner dan Makanan Khas Sinjai – Sinjai adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yang ibu kotanya berada di Balangnipa atau kota Sinjai. Sinjai ini memiliki luas 819,96 km dengan populasi kurang lebih 236.497 jiwa.

Dalam sektor ekonomi, Sinjai mengandalkan Pertanian seperti yang paling menonjol adalah Lada dan Cokelat. Lada hampir tumbuh di semua daerah di Sinjai kecuali di daerah Pulau Sembilan. Sedangkan Cokelat hampir tumbuh disemua daerah. Bahkan Sinjai mengeskpor cokelat ke  luar negeri.

Sekor pariwisata di Sinjai juga cukup memberikan perekonomian. Destinasi wisata berupa pantai-pantai serta air terjun yang ada di Sinjai, cukup membuat para wisatawan singgah dan menikmati panorama dan pemandangan di Sinjai.

Selain destinasi wisatanya, tentunya terdapat kuliner dan makanan khas Sinjai yang menarik perhatian ketika wisatawan melancong ke Sinjai.

Berikut 6 Kuliner dan Makanan khas Sinjai.

1. Sikaporo

6 kuliner dan makanan khas sinjai

sikaporo | food.detik.com

Camilan yang menjadi kuliner dan makanan khas Sinjai ini bernama Sikaporo. Sikaporo adalah camilan kue yang terbuat dari tepung beras, santan kental, telur, gula, dan pandan. Bentuk dari Sikaporo ini berbentuk seperti kelopak bunga yang simetris. Untuk satu loyang dari Sikaporo, bisanya dibandrol dengan harga Rp 35.000.

Untuk rasa dari Sikaporo ini manis dan legit, lembut dan kenyal di lidah. Paling pas sambil mencicipi Sikaporo ini ditemani kopi maupun teh hangat biar lebih nikmat.

2. Lawa

6 kuliner dan makanan khas sinjai

lawa | akbarpost.com

Kalau makanan khas yang satu ini bernama Lawa. Lawa adalah kuliner yang terbuat dari campuran ikan dan kelapa. Sebutan dari kuliner ini juga disebut dengan Laha’ Bete. Laha’ berarti makanan yang bercampur kelapa, sedangkan Bete adalah nama salah satu jenis ikan.

Ikan yang digunakan dalam pembuatan Lawa ini adalah ikan khusus yaitu ikan mairo. Karena ikan ini memiliki kelebihan yaitu kenyal, posturnya yang kecil dan tekstur daging yang lembut serta tulangnya mudah dihilangkan atau dicabut. Rasa dari Laha’ Bete ini nikmat dan lezat serta kaya kandungan gizi dan protein dari ikan.

3. Bikang Doang

6 kuliner dan makanan khas sinjai

bikang doang | tagar.id

Salah satu kuliner dan makanan khas Sinjai yang satu ini, bisa didapatkan di pasar-pasar tradisonal. Harganya pun terjangkau, yaitu cukup dengan Rp 1.000 saja sudah bisa untuk menikmati Bikang Doang.

Leave a Reply