Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sinjai Sulawesi Selatan

6 Kuliner dan Makanan Khas Sinjai, Sulawesi Selatan

jalangkote | jalangkoterasaayam.blospot.com

Kuliner dan Makanan Khas Sinjai – Sinjai adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yang ibu kotanya berada di Balangnipa atau kota Sinjai. Sinjai ini memiliki luas 819,96 km dengan populasi kurang lebih 236.497 jiwa.

Dalam sektor ekonomi, Sinjai mengandalkan Pertanian seperti yang paling menonjol adalah Lada dan Cokelat. Lada hampir tumbuh di semua daerah di Sinjai kecuali di daerah Pulau Sembilan. Sedangkan Cokelat hampir tumbuh disemua daerah. Bahkan Sinjai mengeskpor cokelat ke  luar negeri.

Sekor pariwisata di Sinjai juga cukup memberikan perekonomian. Destinasi wisata berupa pantai-pantai serta air terjun yang ada di Sinjai, cukup membuat para wisatawan singgah dan menikmati panorama dan pemandangan di Sinjai.

Selain destinasi wisatanya, tentunya terdapat kuliner dan makanan khas Sinjai yang menarik perhatian ketika wisatawan melancong ke Sinjai.

Berikut 6 Kuliner dan Makanan khas Sinjai.

1. Sikaporo

6 kuliner dan makanan khas sinjai

sikaporo | food.detik.com

Camilan yang menjadi kuliner dan makanan khas Sinjai ini bernama Sikaporo. Sikaporo adalah camilan kue yang terbuat dari tepung beras, santan kental, telur, gula, dan pandan. Bentuk dari Sikaporo ini berbentuk seperti kelopak bunga yang simetris. Untuk satu loyang dari Sikaporo, bisanya dibandrol dengan harga Rp 35.000.

Untuk rasa dari Sikaporo ini manis dan legit, lembut dan kenyal di lidah. Paling pas sambil mencicipi Sikaporo ini ditemani kopi maupun teh hangat biar lebih nikmat.

2. Lawa

6 kuliner dan makanan khas sinjai

lawa | akbarpost.com

Kalau makanan khas yang satu ini bernama Lawa. Lawa adalah kuliner yang terbuat dari campuran ikan dan kelapa. Sebutan dari kuliner ini juga disebut dengan Laha’ Bete. Laha’ berarti makanan yang bercampur kelapa, sedangkan Bete adalah nama salah satu jenis ikan.

Ikan yang digunakan dalam pembuatan Lawa ini adalah ikan khusus yaitu ikan mairo. Karena ikan ini memiliki kelebihan yaitu kenyal, posturnya yang kecil dan tekstur daging yang lembut serta tulangnya mudah dihilangkan atau dicabut. Rasa dari Laha’ Bete ini nikmat dan lezat serta kaya kandungan gizi dan protein dari ikan.

3. Bikang Doang

6 kuliner dan makanan khas sinjai

bikang doang | tagar.id

Salah satu kuliner dan makanan khas Sinjai yang satu ini, bisa didapatkan di pasar-pasar tradisonal. Harganya pun terjangkau, yaitu cukup dengan Rp 1.000 saja sudah bisa untuk menikmati Bikang Doang.

Kalau melihat dari bentuknya, Bikang Doang sangat familiar. Karena Bikang Doang kalau diterjemahkan memiliki arti dari Bakwan Udang. Cara membuatnya pun sama halnya dengan membuat bakwan pada umumnya.

Kalau soal rasa sudah pasti Bikang Doang nikmat. Apalagi kalau dinikmati sambil minum teh dan kopi. Dan tentu saja untuk mendapatkan Bikang Doang tidak cukup satu, bisa beli lebih dari satu untuk menemani perjalanan selama di Sinjai.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

4. Jalangkote

6 kuliner dan makanan khas sinjai

jalangkote | merahputih.com

Kalau kuliner yang satu ini, dari bentuknya memang mirip dan mengingatkan dengan camilan pastel. Tapi, kalau Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan pastel-pastel pada umumnya.

Yang membuat berbedanya lagi, Jalangkote dinikmati dengan sambal cair yaitu campuran suka dan cabe, berbeda dengan pastel yang dinikmati langsung dengan cabai. Untuk mendapatkan Jalangkote tidak sulit, karena tersedia di pasar-pasar tradisional. Dan harganya pun cukup murah, bisa didapatkan dengan harga Rp 1.000 saja.

5. Gogos

6 kuliner dan makanan khas sinjai

gogos | makassar.terkini.id

Kuliner dan makanan khas Sinjai yang satu ini bernama Gogos, namun ada yang menyebutnya dengan sebutan Gigoso. Gogos adalah makan yang terbuat dari nasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang.

Untuk bisa menikmati Gogos cukup dengan biaya Rp 3.500 sampai denga Rp 5.000 yang tersedia di pasar-pasar tradisional atau di pinggir-pinggir jalan. Ciri khas dari Gogos terletak pada bagian luarnya, yaitu daun pisang yang dibakar sampai setengah hangus.

Biasanya Gogos diisi dengan berbagai isian mulai dari yang original, Gogos isi tuna pedas sampai dengan Gogos isian ayam.

6. Minas

6 kuliner dan makanan khas sinjai

minas | jadiberita.com

Kalau yang satu ini adalah minuman khas Sinjai yang terbuat dari campuran tape, madu, susu, telur, air kelapa, dan buah-buahan. Minuman minas ini konon dibuat untuk menggantikan minuman keras di Sinjai, karena miras di Sinjai sangat dilarang.

Untuk mendapatkan Minas cukup dengan Rp 20.000 saja untuk satu botol. Disarankan untuk menyimpan Minas dalam kondisi suhu yang dingin dan sejuk atau bisa dipindahkan ke wadah pendingin. Karena minuman ini tidak tahan jika dibiarkan terbuka dengan suhu yang panas.

Itu dia kuliner dan makanan khas Sinjai yang bisa dicicipi ketika mengunjungi Sinjai. Jangan lupa untuk berburu kuliner dan makanan khas Sinjai di atas, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

Leave a Reply